banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan membicarakan tentang inovasi dalam aplikasi layanan publik dengan Camat Tambelan Baharuddin Ngabalin di sela penyerahan penghargaan Galanoca Award 2023 di lingkungan Pemkab Bintan, Jumat (6/10/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Kecamatan Tambelan dan Kesbangpol Tak Punya Inovasi, Bupati Bintan Senyum Tak Sedap di Galanova Award 2023

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Dari 40-an OPD hingga tingkat kecamatan di lingkungan Pemkab Bintan, hanya Kecamatan Tambelan dan Badan Kesbangpol yang tak punya inovasi, pada Galanova Award 2023. Bupati Bintan Roby Kurniawan pun senyum tak sedap pada pengumuman pemenang Galanova Award 2023, di aula Kantor Bupati Bintan, pusat pemerintah Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu, Jumat (6/10/2023).

Pemerintah Kabupaten Bintan memberikan penghargaan lagi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menciptakan atau memiliki inovasi dan gagasan program, yang punya manfaat nyata bagi layanan masyarakat. Serta berguna untuk pembangunan daerah. Penghargaan itu diwujudkan dalam penganugerahan Galanova Award 2023 Kabupaten Bintan.

Penilaian untuk penerima Galanova Award 2023 ini dilakukan oleh Bapelitbang Kabupaten Bintan, dengan melibatkan unsur akademika kampus sebagai dewan juri. Justru itu, Bapelitbang tidak mengikutsertakan aplikasi inovasinya dalam lomba ini.

Kepala Bapelitbang Bintan Supriyono selaku Ketua Penyelenggara Galanova Award 2023 menyampaikan, Galanova Award merupakan pemberian penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah, unit kerja serta kecamatan terinovatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat selama tahun 2022 dan 2023.

Inovasi merupakan kebutuhan dasar bagi pembangunan, inovasi secara kongkret meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menguatkan kemandirian daerah. Dengan memanfaatkan kemampuan daerah dalam menggunakan teknologi yang menjadi kunci keberhasilan pembangunan.

Baca Juga :  Cen Sui Lan: 2024, Rp10 Miliar untuk Rehabilitasi MA USB Filial MAN Batam

“Oleh karena itu, inovasi menjadi sangat penting dan sebagai penentu keberhasilan menuju era ekonomi modern berdaya saing,” jelas Supriyono.

Para pemenang Galanova Award 2023 ini terbagi dalam beberapa kategori. Kategori Tata Kelola Pemerintah Daerah Terinovatif diraih Dinas Kelautan dan Perikanan pada posisi pertama. Dalam hal ini, Dinas Perikanan Kabupaten Bintan memiliki aplikasi Si Ikan.

Dinas Perikanan Kabupaten Bintan tidak menyertakan aplikasi terbarunya dalam penilaian Galanova Award 2023, yaitu aplikasi SICANTIK. Yaitu, Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk publik. Aplisi ini berupa sistem cloud yang dapat digunakan oleh instansi pemerintah secara gratis.

Kemudian, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah pada posisi kedua dan urutan ketiga ditempati Dinas Lingkungan Hidup. Kategori Pelayanan Publik Terinovatif, peringkat pertama diraih Dinas Ketenagakerjaan, posisi kedua diisi Dinas Sosial dan peringkat ketiga diraih Dinas Dinas Pendidikan. Sementara kategori Inovasi Bentuk Lainnya Terinovatif, pada posisi pertama diraih Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, urutan kedua Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta urutan ketiga Dinas Pemuda dan Olahraga.

Baca Juga :  Volume Bongkar Muat Peti Kemas di Pelabuhan BP Batam Malah Naik Selama Masa Pandemi

Untuk kategori Puskesmas Terinovatif, juara pertama UPTD Puskesmas Tambelan, juara kedua UPTD Puskesmas Kelong dan posisi ketiga UPTD Puskesmas Teluk Bintan. Kategori Unit Kerja Desa/Kelurahan Terinovatif, posisi pertama diraih Kelurahan Tanjung Uban Selatan, peringkat kedua Desa Mantang Lama dan posiai ketiga diraih Desa Tembeling.

Inovasi Tervaforit diraih Bank Sampah Pemsosmas Tanjung Uban Selatan. Selanjutnya untuk kategori Organisasi Perangkat Daerah Terinovatif peringkat pertama Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, peringkat kedua Badan Pendapatan Daerah, peringkat ketiga Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP), peringkat keempat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan peringkat kelima Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD).

Bupati Bintan Roby Kurniawan memberikan apresiasi kepada seluruh OPD khususnya yang menerima penghargaan Galanova Award 2023. Bupati Bintan berharap, agar seluruh OPD bisa terus eksis dalam melahirkan terobosan-terobosan maupun gagasan sebagai wujud dari sebuah inovasi.

“Inovasi bukan hanya tentang aplikasi, namun dapat berupa pelayanan khususnya kepada masyarakat. Diharapkan seluruh OPD di Bintan dapat terus melakukan inovasi terbaru demi pelayanan dan pembangunan Bintan lebih baik,” kata Bupati Bintan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Sekda Bintan Ronny Kartika bersama peraih penghargaan Galanova Award 2023, Jumat (6/10/2023). F- diskominfo bintan

Namun, Bupati Bintan Roby Kurniawan sambil tersenyum menyoroti Pemerintah Kecamatan Tambelan dan Badan Kesbangpol Bintan. Dengan senyum tak sedap, Bupati Bintan menyatakan, dirinya merasa prihatin, dua instansi ini belum punya inovasi yang dibuat dalam aplikasi. Padahal, Kabupaten Bintan sudah tiga kali berturut meraih penghargaan untuk inovasi di tingkat nasional. Bahkan, tahun 2023 ini, Pemkab Bintan masuk nominator untuk meraih penghargaan tingkat nasional.

Baca Juga :  Sekdaprov Mengingatkan Lagi Soal Perencanaan dan Manajemen Risiko ke OPD Kepri

“Nanti, kita dorong Kecamatan Tambelan dan Kesbangpol untuk punya inovasi dalam satu aplikasi. Kemudian, untuk OPD dan yang lainnya, kita dorong juga punya inovasi eksternal dan internal. Eksternal itu untuk layanan masyarakat (keluar). Sedangkan inovasi internal, itu untuk di dalam instansi terkait,” harap Roby Kurniawan Bupati Bintan.

“Dari penilaian Galanova Award 2023 ini, hampir 60 persen, itu aplikasi atau inovasi terbaru. Yang 40 persennya, itu sudah dijalankan pada tahun 2023 lalu,” sambung bupati. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *