banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan sambutan pada saat peresmian Sekolah Lansia Berkah Bahagia (SLBB) di Teluk Bakau, Gunung Kijang, Kamis (5/10/2023). F- diskominfo bintan

Di Bintan, Kini Para Lansia Bisa Bersekolah di SLBB

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Di Kabupaten Bintan, para lanjut usia (lansia) bisa bersekolah dan belajar. Namanya, Sekolah Lansia Berkah Bahagia (SLBB). Tempatnya, di Desa Teluk Bakau, Kecamatan Gunung Kijang.

Saat ini, Bintan menggagas program baru, berupa sekolah bagi lansia. Sekolah Lansia ini tempatnya nyaman. Sekarang, peserta didiknya para pra lansia (usia 45-59 tahun) dan lansia (usia di atas 60 tahun).

Sekolah Lansia beserta pengurusnya dikukuhkan langsung oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Ketua TP PKK Bintan Hafizha Rahmadhani, Kamis (5/10/2023) di Aula Kantor Desa Teluk Bakau. Sekolah Lansia yang dikukuhkan ini diberi nama Sekolah Lansia Berkah Bahagia (SLBB).

Baca Juga :  Final Liga 2 2023-2024: Semen Padang Sansai di Kandang PSBS Biak

Konsep yang dikembangkan dalam Sekolah Lansia adalah pendidikan sepanjang hayat (long life education). Secara sederhana artinya pendidikan tidak harus bersifat formal, bisa dalam wujud non formal seperti keluarga, masyarakat dan sebagainya.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan, kebahagiaan sekaligus harapannya terhadap Sekolah Lansia Berkah Bahagia ini. Dikatakan Roby bahwa kesejahteraan, kebahagiaan dan kenyamanan para lansia merupakan tanggung jawab Pemerintah.

“Bapak Ibu semua, Atok dan Nenek, kami mohon doanya agar Bintan ini bisa semakin baik setiap harinya. Kesejateraanansia dimana pun berada adalah tanggung jawab negara, dalam hal ini adalah Pemerintah,” kata Roby Kurniawan.

Baca Juga :  OPD Bintan Diberi Pemahaman Soal Kepedulian HAM Melalui Aksi Nyata

Tanggung jawab yang disampaikan Roby Kurniawan, sesuai dengan amanat yang tertuang dalam UU Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejateraan Lanjut Usia. Hal ini pula yang kemudian melahirka berbagai program maupun inovasi bagi lansia.

Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadhani Putri mengapresiasi kepada para pengurus Sekolah Lansia Berkah Bahagia. Karena di dalam SLBB ini terdapat beberapa anak muda. Bagi Hafizha wujud pengabdian dan kasih sayang kepada orang tua ini masih jarang dimiliki generasi muda.

“Pengurusnya juga beberapa anak muda, bagus sekali pastinya. Jarang anak muda bisa lemah lembut dan penuh kasih sayang dalam menjaga dan merawat orang tua. InsyaAllah kehadiran Sekolah Lansia ini bisa lebih memberi warna untuk hari-hari tua para lansia kita,” tutupnya. (yen)

Baca Juga :  Toapaya Juara Umum STQH Ke-XII Kabupaten Bintan, Simak Tausiyah UAS Berikut Ini

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *