banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Bunda Genre Bintan Hafizha Rahmadhani menyerahkan hadiah kepada Duta Genre 2023 Kabupaten Bintan. F- yen/suaraserumpun.com

Masih Ada Kasus Pernikahan Dini di Bintan, Roby Kurniawan: Duta Genre Tempat Curhat Teman Sebaya

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan menyadari, masih ada kasus pernikahan dini di Kabupaten Bintan. Justru itu, Roby Kurniawan mendorong para Duta Genre (generasi berencana) sebagai tempat teman sebaya bagi pelajar atau remaja.

“Ya, masih ada kasus pernikahan dini di Bintan. Justru itu, kita terus mendorong dan menciptakan para Duta Genre di lingkungan sekolah-sekolah. Sehingga, mereka bisa tempat curhat bagi teman sebayanya,” tegas Roby Kurniawan usai kegiatan apresiasi Duta Genre 2023 Kabupaten Bintan yang diselenggarakan DP3KB Bintan, Rabu (4/10/2023).

Dalam kegiatan apresiasi Duta Genre 2023 tersebut, sebanyak 12 Grand Finalis Duta Genre Bintan, berasal dari perwakilan SLTA se-Bintan, setelah menjalani babak kualifikasi. Masing-masing finalis Duta Genre 2023 Kabupaten Bintan ini memaparkan programnya. Kemudian pada sesi terakhir 6 orang finalis terdiri 3 putra dan putri, penilaian berdasarkan wawancara atau tanya jawab.

Baca Juga :  Disambut Ansar, Jaksa Agung Kunjungi Kejari Bintan hingga Kejati Kepri

Apresiasi Duta Genre tahun 2023 Kabupaten Bintan dihadiri Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith. Serta Bunda Genre Kabupaten Bintan Hafizha Rahmadhani Putri, dan Sabine Rohden istri Wakil Bupati Bintan.

Dari hasil penilaian dewan juri, Albert G dinobatkan sebagai Duta Genre 2023 Kabupaten (juara I) untuk putra. Juara kedua yaitu M Fajar, dan juara ketiga Dzaki. Sedangkan untuk putri, Airo dinobatkan sebagai juara atau Duta Genre tahun 2023 Kabupaten Bintan. Juara kedua diraih oleh Tasya, dan juara ketiga diraih oleh Ladys. Selain itu, juara favorit diraih oleh Musa Al Hadi (putra) dan Aulia Sayyidina. Masing-masing menerima hadiah trofi dan uang pembinaan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan berharap kepada para Duta Genre Kabupaten Bintan ini bisa menjadi pedoman bagi teman-teman sebayanya, untuk memberikan edukasi tentang semua hal. Terutama untuk menghindari pernikahan dini, serta mewujudkan anak remaja yang sehat.

Baca Juga :  Bupati Bintan Paparkan Inovasi Daerah di Webinar Best Practice Nasional

“Karena, kalian lah nanti yang akan duduk di depan sini, berdiri di sini, memikul kewajiban membangun daerah,” tutur Roby Kurniawan.

Bunda Genre Kabupaten Bintan Hafizha Rahmadhani menyampaikan beberapa pesan kepada para Duta Genre baik yang masuk sebagai finalis maupun yang lainnya. Bagi Hafizha, para remaja harus siap menjadi centre education di tengah kalangan seusianya maupun di tengah masyarakat.

“Ingat, kalian semua adalah bagian dari putra putri terbaik Bintan. Kalian lah remaja yang nantinya akan memberi edukasi kepada teman dan lingkungan terkait bagaimana seharusnya remaja mampu memberi kontribusi dan mengukir prestasi,” harap Hafizha.

Baca Juga :  Sering Demo, Plt Bupati Bintan dan Perwakilan UNHCR Bahas Persoalan Imigran Pencari Suaka

Duta Genre Bintan nantinya akan dititipi beberapa isu terkini yang harus ditanggapi dengan program bahkan aksi. Seperti persoalan stunting, pernikahan usia dini, kenakalan remaja, bahaya narkotika dan sebagainya.

“Kalian harus punya andil, minimal di lingkungan sekitar, keluarga dan teman sebaya. Satu pesan lagi, jangan pernah sungkan apalagi ragu jika ingin menyampaikan pesan, gagasan maupun kritikan yang tujuan akhirnya tentu untuk membangun Kabupaten Bintan,” tambahnya.

“Duta Genre 2023 Kabupaten Bintan ini, akan mewakili Bintan ke tingkat provinsi nantinya,” sambung Hafizha Rahmadhani.

Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith dan istrinya Sabine Rohden menyerahkan hadiah kepada pemenang Duta Genre 2023. F- yen/suaraserumpun.com

Pada kegiatan ini turut digelar fashion show yang memamerkan beberapa koleksi batik dengan motif khas Bintan. Selain itu, seluruh finalis juga mendapatkan buku tabungan senilai Rp200 ribu dari Perumda Bank Prekreditan Rakyat (BPR) Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *