banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan dan pegawai Pemkab Bintan mendoakan para pahlawan revolusi pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Senin (2/10/2023). F- diskominfo bintan

Hari Kesaktian Pancasila, Roby Kurniawan: Membangkitkan Semangat Nasionalisme dan Patriotisme

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan menyatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila mesti menjadi momentum, untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme. Hal itu disampaikan Roby Kurniawan kepada para pegawai dan pejabat di lingkungan Pemkab Bintan, pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasilan tahun 2023, Senin (2/10/2023).

Pemerintah Kabupaten Bintan melaksanakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Bintan, Senin (2/10/2023). Hadir seluruh ASN baik PNS maupun Non PNS, yang berkantor di pusat pemerintahan Bandar Seri Bintan, Bintan Buyu.

Baca Juga :  Kampung Wisata di Bintan Ramai Dikunjungi Turis, Pengelola Dilatih Berbisnis

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan beberapa poin penting sempena momentum sakral ini. Menurut Roby Kurniawan, momen seperti ini adalah cambuk bagi siapa pun yang merasa mengenal Pancasila namun belum dapat sepenuhnya menunjukkan perilaku Pancasila.

“Kesaktian dari Pancasila kan harusnya kita maknai dengan mampunya kita menerapkan nilai-nilai Pancasila. Terlebih lagi dalam hal pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Roby Kurniawan.

Hari Kesaktian Pancasila merupakan peringatan sejarah kekuatan Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Hal ini berawal dari peristiwa pengorbanan Pahlawan Revolusi pada G30S/PKI. Kemudian melalui Kepres Nomor 153 Tahun 1967 ditetapkan tanggal 1 Oktober adalah Hari Kesaktian Pancasila.

Baca Juga :  Masa Jabatan Pj Sekda Bintan Diperpanjang, Roby Kurniawan: Ada 17 Perbup yang Harus Diselesaikan

Roby Kurniawan menambahkan, Hari Kesaktian Pancasila ini salah satunya dimaksudkan sebagai penghormatan kepada seluruh pahlawan yang gugur mengorbankan hidupnya demi mempertahankan Pancasila.

“Di samping itu, ya Pancasila ini harusnya membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme kita. Terutama untuk kalangan pegawai di lingkungan Pemkab Bintan dan masyarakat Bintan,” tutup Roby Kurniawan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *