banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama istrinya Hj Dewi Kumalasari memamerkan batik Kepri di depan Presiden RI Jokowi pada acara Istana Berbatik, di Istana Negara, Jakarta Minggu (1/10/2023) malam. F- ist

Ansar Ahmad dan Dewi Kumalasari Memamerkan Batik Kepri di Depan Presiden RI Jokowi

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad bersama istrinya Hj Dewi Kumalasari yang juga menjabat Ketua Dekranasda Provinsi Kepri turut memeriahkan acara Istana Berbatik yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Minggu (1/10/2023) malam. Berjalan di catwalk sepanjang 150 meter, Ansar Ahmad dan Dewi Kumalasari memamerkan batik asal Kepri di depan Presiden RI Jokowi.

Kegiatan Istana Berbatik ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional tahun 2023, yang selalu diperingati pada tanggal 2 Oktober. Tampak para gubernur dari seluruh Indonesia berjalan di depan para hadirin mengenakan busana batik kebesarannya masing-masing.

Baca Juga :  Gubernur Kepri: Jelang Lebaran, Jaga Daya Beli dan Stabilitas Harga

Begitu juga dengan Gubernur Kepri H Ansar Ahmad, tampak memakai jaket berwarna gelap bermotif batik dipadu dengan kaos kuning sambil menggandeng sang istri, yang juga memakai batik dengan corak sama, tampak serasi.

Gubernur Kepri dan istri tampak santai berjalan, melambaikan tangan, tersenyum dan memegang jaket batik yang dipakai. Menunjukkan kepada hadirin, bahwa yang dipakainya ini adalah batik Kepri.

Kegiatan Istana Berbatik tahun ini dihadiri sedikitnya oleh sekitar 4.830 undangan dari berbagai kalangan. Dan diisi dengan berbagai pertunjukan. Seperti tarian tradisional dan lagu tradisional yang dibawakan oleh artis-artis terkenal. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Tampak hadir juga Wakil Presiden KH Maruf Amin dan jajaran para Menteri.

Baca Juga :  Safari Ramadan 1443 Hijriah di Tanjunguban, Begini Pesan Ansar Ahmad buat Aparatur Pemerintah

Dalam sambutannya, Presiden RI Jokowi mengatakan, Indonesia patut bangga karena memiliki batik. Batik tak hanya soal karya seni tapi cermin budaya Indonesia.

“Batik yang bukan hanya karya seni tapi warisan budaya tak benda dunia, dengan simbolisme, teknik, dan budaya yang sangat melekat dengan Indonesia,” kata Jokowi yang saat itu mengenakan batik parang.

Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia menumbuhkan kebanggaan pada kekayaan seni dan aktif melestarikan dan mengembangkan batik.

Pagelaran dan peragaan batik dilaksanakan di atas catwalk sepanjang 150 meter. Ada 503 orang peraga istimewa termasuk para perwakilan kerajaan, pimpinan lembaga, menteri, hingga perwakilan negera sahabat.

Baca Juga :  Pesan Sekdaprov Kepri, PTT dan THL Tak Perlu Khawatir Soal Status

Gubernur Kepri Ansar bersama Ketua TP-PKK Dewi Kumalasari Ansar turut memeriahkan dan menampilkan peragaan batik di atas Catwalk Istana Berbatik, yang langsung disaksikan Presiden Jokowi beserta ibu negara Iriana Jokowi dan para tamu undangan lainnya.

Istana Berbatik menampilkan berbagai koleksi batik dari kerajaan, UMKM, karya perancang busana Indonesia. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *