banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan memperkenalkan kebijakan layanan kesehatan gratis di Kabupaten Bintan kepada kepala pemerintah kota dunia yang hadir dalam diskusi WCS Mayors Forum 2023 di Seoul, Korea Selatan (Korsel). F- di2k

Diskusi di WCS Mayors Forum 2023 Seoul-Korsel (Bagian I), Roby Kurniawan Memperkenalkan Kesehatan Gratis di Bintan

Komentar
X
Bagikan

Seoul, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan baru saja mengikuti World Cities Summit (WCS) Mayors Forum 2023, bersama pemerintah kota dari puluhan negara dunia, di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Berikut paparan Roby Kurniawan pada diskusi di WCS Mayors Forum 2023 Seoul-Korsel (Bagian I).

Bupati Bintan Roby Kurniawan diundang dan menjadi seorang pembicara sekaligus peserta World Cities Summit (WCS) Mayors Forum 2023 di Seoul, Korea Selatan. WCS Mayor 2023 diadakan di kota pemenang Hadiah Kota Dunia Lee Kuan Yew, Seoul, Korsel, Minggu (24/9/2023) hingga Selasa (26/9/2023).

Selain Bupati Bintan Roby Kurniawan, peserta yang hadir pada World Cities Summit (WCS) Mayors Forum 2023 yaitu para pemimpin pemerintahan daerah dan para pakar, serta praktisi untuk mengatasi tantangan di masa depan.

Pada bagian pertama (Bagian I) saat diskusi di WCS Mayors Forum 2023 Seoul-Korsel, Bupati Bintan Roby Kurniawan berbicara mengenai apa yang harus dilakukan oleh pemimpin daerah, dalam menciptakan inklusivitas masyarakat dan pemberdayaan komunitas.

Baca Juga :  Kisah Kejam Seorang Residivis Memperkosa Istri Tetangga Meski Sudah Pingsan

Pada segmen ini, Bupati Bintan Roby Kurniawan mengingatkan bahwa untuk dapat menciptakan masyarakat yang inklusif dan memberdayakan komunitas, maka para pemimpin daerah harus menciptakan pelayanan yang inklusif, yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat tanpa ada pembedaan sedikitpun.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mencontohkan program pelayanan kesehatan gratis di Kabupaten Bintan (Indonesia). Layanan kesehatan ini dijalankan secara integratif di Bintan. Bahkan dengan pola door to door juga diberikan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan lansia. Bupati Bintan menyarankan model pelayanan hybrid. Sehingga masyarakat dapat dilayani baik secara digital maupun manual. Mengingat keterbatasan dalam penggunaan teknologi komunikasi di sejumlah wilayah Kabupaten Bintan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan juga mengingatkan kepada para pemimpin daerah atau wali kota yang hadir dalam diskusi di WCS Mayors Forum 2023 Seoul-Korsel, bahwa untuk dapat memberdayakan komunitas salah satu fondasinya adalah, pemimpin harusnya tidak hanya memiliki IQ, EQ, dan SQ. Namun harus memiliki kecerdasan budaya atau Cultural Quotient (CQ). Sehingga mampu sensitif terhadap isu-isu yang dihadapi oleh komunitas, dan bisa dengan baik merencanakan serta mengimplementasikan pengembangan komunitas.

Baca Juga :  Babak 16 Besar Liga Champions, Kylian Mbappe Membikin Barcelona Babak Belur

Dalam sesi peran pemimpin daerah dalam meningkatkan inovasi ini, Bupati Bintan Roby Kurniawan berbicara tentang pentingnya berkolaborasi dalam menciptakan inovasi. Baik dengan perguruan tinggi, masyarakat, swasta, komunitas dan pers.
Selanjutnya, bahwa setiap pemimpin daerah harus memiliki satu unit kerja yang khusus mengatur kebijakan dan mengembangkan budaya inovasi.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mencontohkan, untuk memacu budaya inovasi, Bintan yang memiliki kebijakan 1 agency 1 innovation setiap tahun, dan diberikan reward bagi yang unggul. Hal itu ditujukan kepada OPD selaku lembaga pemerintahan sesuai bidangnya.

Namun, Roby Kurniawan juga mengingatkan kepada pemimpin daerah se-dunia yang hadir, bahwa kepala pemerintah tidak boleh hanya fokus kepada penemuan inovasi baru saja. Namun juga harus menjaga inovasi yang ada, agar tidak gagal atau mati. Perencanaan inovasi harus benar-benar matang dan tepat.

Baca Juga :  Kadisdukcapil Tanjungpinang: Berkas Lengkap, Pelayanan Adminduk Selesai Diproses Selama 1x24 Jam

Pada sesi diskusi di WCS Mayors Forum 2023 Seoul-Korsel ini, Bupati Bintan Roby Kurniawan menyarankan kepada Sekretariat WCS Mayor Forum untuk menginisiasi platform berbagi pengetahuan tentang pelaksanaan inovasi di setiap kota di dunia. Termasuk di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Sehingga kota yang mengalami isu yang sama dan perlu solusi yang telah terbukti berhasil, bisa cepat mereplikasinya.

Ide Bupati Bintan Roby Kurniawan ini mendapat aplaus dan disambut baik sebagai gagasan cemerlang oleh Sekretariat WCS Mayor forum, untuk dibahas lebih lanjut.

Bupati Bintan Roby Kurniawan dan kepala pemerintah dunia yang hadir dalam World Cities Summit (WCS) Mayors Forum 2023 di Seoul, Korea Selatan (Korsel). F- di2k

“Alhamdulillah, kita dari Bintan bisa mendapat perhatian dari pemerintah kota di pelbagai dunia yang hadir di WCS Mayors Forum 2023 Seoul-Korsel, mulai Minggu tanggal 24 September hingga Selasa (26/9/2023) kemarin,” kata Roby Kurniawan saat memberikan keterangan kepada suaraserumpun.com, Kamis (28/9/2023).

“Kita melaksanakan diskusi pada WCS Mayors Forum 2023 Seoul-Korsel ini, di Dongdaemun Design Plaza Lantai 1, Seoul, Korea Selatan,” ucap Roby Kurniawan menambahkan. (yen/bersambung)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *