banner 728x90
Warga Desa Mensanak, Kabupaten Lingga tersenyum bahagia karena rumahnya bedelau (cantik) setelah mendapat bantuan program BSPS dari dana aspirasi Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri. F- dok/suaraserumpun.com

Warga Mensanak Bahagia Rumahnya Bedelau Setelah Menerima BSPS dari Aspirasi Cen Sui Lan

Komentar
X
Bagikan

Lingga, suaraserumpun.com – Warga Desa Mensanak, Kabupaten Lingga bahagia rumahnya bedelau (cantik) setelah menerima program BSPS dari aspirasi Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, Rabu (27/9/2023). Menurut warga, yang namanya bantuan stimulan (pendorong/rangsangan), rehabilitasi rumah tidak mungkin dilakukan secara total.

Para warga penerima manfaat program BSPS di Desa Mensanak, Kabupaten Lingga berkumpul, bahkan ada yang menangis karena haru bahagia, karena rumahnya sudah mendapat bantuan. Mereka mengucapkan terima kasih kepada Cen Sui Lan.

“Sebelumnya, mereka secara bersama sama berkumpul saling untuk testimoni tentang program bedah rumah (BSPS) dari aspirasi Bu Cen Sui Lan,” ungkapkan Ahmad Zakky Penasehat Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Kabupaten Lingga.

Baca Juga :  Pos Belanja APBD Kepri Diprioritaskan untuk Produk Dalam Negeri, Berikut Realisasi Sementara

Zakky menjelaskan, pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Satker BP2P Kepri, Riau, Sumbar Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengesa pembangunan rumah tidak layak huni melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Program BSPS merupakan bantuan Negara bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang dilaksanakan dengan skema Padat Karya Tunai (PKT) guna mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya beserta prasarana, sarana dan utilitas umumnya

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri melalui dana aspirasinya mengalokasikan program unggulan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang lebih dikenal sebutan Bedah Rumah yang tersebar di tujuh kabupaten/kota se-Kepri.

Baca Juga :  Talkshow di JPM TV, Ansar Memaparkan Kesiapan GTRA Summit 2023

Pada Kunjungan Kerja (Kunker) ke Lingga bulan Mei tahun 2023 lalu Cen Sui Lan meninjau langsung pengerjaan bedah rumah di Desa Mensanak, jalan lingkungan hingga proyek Pamsimas. Seluruh proyek tersebut terealisasi dari dana aspirasinya. Setiap masyarakat penerima program mendapatkan Dana BSPS senilai Rp20 juta dengan rincian Rp17,5 juta untuk pembelian bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang.

Sebelumnya, PPK Rumah Swadaya Evi Linawaty Purba ST menjelaskan, salah satu lokasi program BSPS yaitu di Kabupaten Lingga mendapatkan bantuan sejumlah 323 unit.

Baca Juga :  Wagub Kepri Tinjau Operasi Pasar Minyak Goreng di Batam, Disediakan 6 Ribu Paket

“Berdasarkan data yang ada pada kami, hingga saat ini progres fisik yang telah rampung mencapai 174 unit, sedangkan 147 unit lainnya progresnya sudah mendekati 100 persen,” jelas Evi.

Di lapangan memang masih tersisa dua unit rumah yang progresnya masih 30 persen namun sebetulnya pengiriman material dari toko bangunan ke penerima bantuan sudah tersalurkan 100 persen. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *