banner 728x90
Pangkoarmada 1 Tanjungpinang Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono menyerahkan secara simbolis bantuan sembako kepada warga pada Baksos Kesehatan HUT ke-78 TNI di Mako Fasharkan Mentigi Tanjung Uban, Minggu (24/9/2023). F- yen/suaraserumpun.com

HUT Ke-78 TNI, Koarmada 1 Tanjungpinang Gelar Khitanan Massal dan Berbagi Sembako di Fasharkan Mentigi

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Komando Armada 1 (Koarmada 1) Tanjungpinang membikin aksi bakti sosial (Baksos) kesehatan di Mako Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal (Fasharkan) Mentigi, Tanjung Uban, Bintan, Kepri, Minggu (24/9/2023). Kegiatan awal Baksos kesehatan tersebut berupa donor darah dan khitanan massal, serta berbagi sembako ini merupakan rangkaian peringatan HUT ke-78 TNI tahun 2023.

Kegiatan Baksos kesehatan dan penyerahan bantuan sembako untuk masyarakat tersebut, merupakan rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2023 mendatang. Bakti sosial kesehatan yang dipusatkan di Fasharkan Mentigi Tanjung Uban tersebut antara lain donor darah dan khitanan massal. Kegiatan Baksos Kesehatan tersebut ditinjau langsung oleh Panglima Komando Armada 1 Tanjungpinang Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono.

Di sela kegiatan Baksos Kesehatan tersebut, Panglima Komando Armada 1 Tanjungpinang Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono mengikuti telekonferensi (vicon) dengan Panglima TNI Laksamana TNI H Yudo Margono.

Usai meninjau donor darah dan khitanan massal serta penyerahan paket sembako, Pangkoarmada 1 Tanjungpinang Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono SE CHMRP menerangkan, Armada 1 Tanjungpinang dan seluruh jajaran TNI (TNi AL, TNI AU dan TNI AD) melaksanakan bakti sosial kesehatan, yang dipusatkan di Fasharkan Mentigi Tanjung Uban. Kegiatan baksos kesehatan ini dijalankan serentak di seluruh Indonesia bersama Panglima TNI melalui vicon.

Baca Juga :  Sah, APBD Kepri 2023 Ditetapkan Sebesar Rp 4,111 Triliun

Bakti sosial kesehatan di Pulau Bintan ini, dilaksanakan seluruh Matra TNI (TNI AL, TNI AU dan TNI AD). Dengan rincian rinciannya, TNI AD berjumlah 7 orang (dokter umum, 1 orang, dokter gigi 1 orang, dan 5 orang perawat. TNI AL sebanyak 25 Orang (dokter umum 5 orang, dokter gigi 5 orang, dan 18 perawat). Serta TNI AU sebanyak 7 orang (dokter gigi 1 orang, dokter gigi 1 orang dan perawatan 5 orang).

Sehingga, total tenaga kesehatan yang terlibat langsung sebanyak 64 orang. Serta petugas Palang Merah Indonesia (PMI), Unit Transfusi Darah RSUD Kepri, dan Faskes Pemerintah dengan total 25 orang.

Baca Juga :  PTOI Kepri Tempatnya Sport Recovery Center, Terbukti bagi Atlet Peraih Medali

“Kami juga dibantu oleh PMI Tanjungpinang, pihak RSUD Provinsi Kepri Raja Ahmad Thabib, serta petugas kesehatan pemerintah,” sebut Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono Pangkoarmada 1 Tanjungpinang.

Pangkoarmada 1 Tanjungpinang Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono dan Matra TNI serta pemerintah berfoto bersama dengan penerima bantuan sembako. F- yen/suaraserumpun.com

Dalam kegiatan Baksos Kesehatan Minggu (24/9/2023) ini, lanjut Pangkoarmada 1 Tanjungpinang, TNI menargetkan, pemberian paket sembako 200 orang. Khitanan gratis diberikan kepada 30 orang anak. Kemudian, untuk operasi katarak diberikan kepada 20 orang, dan operasi bibir sumbing sebanyak 9 orang.

“Dan donor darah 300 orang. Khusus operasi katarak dan bibir sumbing, tidak dilakukan pada hari ini. Namun akan dilakukan pada Kamis 29 September 2023 mendatang, di RSAL dr Midiyato Tanjungpinang,” jelas Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono.

Pangkoarmada 1 Tanjungpinang menyampaikan, Koarmada 1 Tanjungpinang bersama jajarannya hingga Lantamal dan Lanal se-Kepri menargetkan, kegiatan pengobatan umum serta pemberian sembako itu kepada 1.226 orang. Sedangkan donor darah ditujukan kepada 1.015 orang.

Selain Baksos Kesehatan dan pemberian sembako, pada rangkaian HUT TNI ke-78 dengan tema Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju ini, Matra TNI di Tanjungpinang-Bintan melaksanakan kegiatan senam bersama dipusatkan di Korem 033/WP. Selain itu ada kegiatan bazar murah. Sedangkan di pusat Jakarta, ada lari maraton, fun run. Terakhir, nanti akan dilaksanakan pameran alutsista oleh TNI di Jakarta.

Baca Juga :  Destinasi Wisata Baru, Cen Sui Lan Akan Memberikan Anggaran Keandalan untuk Pagoda Sata-Sahasra Buddha

“Kegiatan puncaknya pada upacara peringatan HUT ke-78 TNI, tanggal 5 Oktober, di Jakarta. Untuk di Tanjungpinang, akan kita pusatkan upacara HUT ke-78 TNI tahun 2023, di Tugu Sirih tepi laut Tanjungpinang,” ujar Pangkoarmada 1 Tanjungpinang.

“Pada HUT ke-78 TNI ini, kita berharap sinergitas TNI-Polri serta semua pihak, agar saling mendukung untuk mencapai Indonesia maju,” tutupnya.

Pangkoarmada 1 Tanjungpinang Laksamana Muda TNI Achmad Wibisono meninjau khitanan massal bagi anak kurang mampu. F- yen/suaraserumpun.com

Kegiatan bakti sosial kesehatan TNI di Mako Fasharkan Mentigi Tanjung Uban ini dihadiri Sardison mewakili Gubernur Kepri, M Lukman mewakili Bupati Bintan, perwira di jajaran TNI AL, perwakilan TNI AU dan TNI AD serta Kompol Suwitnyo Kapolsek Bintan Utara mewakili Kapolres Bintan, serta pemerintah setempat. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *