banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengajak masyarakat agar meramaikan Pekan Kebudayaan Daerah Kepulauan Riau di Tugu Sirih Tanjungpinang, Kamis (21/9/2023) hingga Sabtu (23/9/2023). F- dok/suaraserumpun.com

Pekan Kebudayaan Daerah Kepri Diramaikan Budayawan dan Seniman Negara Tetangga

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengajak masyarakat Kepulauan Riau untuk memeriahkan pekan kebudayaan daerah. Pekan Kebudayaan Daerah Kepulauan Riau di Kota Tanjungpinang ini diselenggarakan sempena Hari Jadi ke-21 Provinsi Kepulauan Riau. Budayawan dan seniman dari Singapura dan Malaysia bakal turut meramaikan.

Pekan Kebudayaan tersebut digelar Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri sejak, Kamis (21/9/2023) hingga Sabtu (23/9/2023), di pelataran Tugu Sirih. Pekan Kebudayaan ini direncanakan dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy.

Baca Juga :  Ansar Ahmad dan Hj Dewi Kumalasari Menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2023

Selama tiga hari pergelaran Pekan Kebudayaan, ada empat acara utama yang bisa dinikmati masyarakat. Keempat acara tersebut adalah pagelaran seni pertunjukan, pameran budaya, workshop dan lomba melukis, dan kompetisi permainan dan olahraga tradisional.

Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad mengatakan, Pekan Kebudayaan seperti ini adalah ajang yang sangat bagus untuk memperkenalkan secara luas kekayaan budaya yang dimiliki Provinsi Kepulauan Riau.

“Kita ingin masyarakat semua bisa hadir di Pekan Kebudayaan karena kita bisa lebih banyak mengetahui keanekaragaman budaya yang Kepri miliki, sekaligus ajang promosi budaya kita,” kata Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Muhammad Rudi dan PWI Kepri Bahas Investasi dan Rempang Eco-City di Kota Batam

Beberapa seni pertunjukan yang akan ditampilkan dalam Pekan Kebudayaan adalah Teater Mendu, Teater Bangsawan, Silat Tradisi, Zapin Laba-laba Natuna, dan Gazal.

Selain seni pertunjukan, Pekan Kebudayaan melibatkan tiga museum di Provinsi Kepulauan Riau untuk pameran budaya. Ketiga mesum tersebut adalah Museum Sultan Sulaiman Baddrul Alamsyah, Museum Linggam Cahaya, dan Museum Bahari Bintan.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga mengungkapkan adanya perwakilan negara sahabat yang ikut memeriahkan Pekan Kebudayaan. Di antaranya adalah Sri Wana Singapura, Era Dance Singapura, dan seniman dari Selangor Malaysia.

Baca Juga :  Tim Manggala Agni Sumatera VIII/Batam Gelar Patroli Karhutla di Bintan

“Dengan hadirnya saudara-saudara kita dari negara sahabat, harapannya Pekan Kebudayaan ini bisa terus melestarikan kebudayaan rumpun Melayu,” kata Ansar Ahmad Gubernur Kepri menambahkan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *