banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bantuan pertanian kepada kelompok tani di Kota Batam, Rabu (20/9/2023). F- diskominfo kepri

Ansar Ahmad Menyerahkan Bantuan Pertanian buat Petani Batam

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menyerahkan bantuan pertanian buat petani di Kota Batam, Rabu (20/9/2023). Bantuan pertanian yang diserahkan Ansar Ahmad di Gedung Serbaguna Pasar GMP Batam ini untuk meningkatkan produksi pertanian dan ketahanan pangan, guna mencapai program swasembada pangan.

Pada saat penyerahan bantuan pertanian tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengungkapkan, bantuan pertanian ini telah didistribusikan ke berbagai kabupaten dan kota di Kepulauan Riau, seperti Natuna, Karimun, dan Bintan. Di antara wilayah-wilayah tersebut, Batam menjadi salah satu yang menerima jumlah bantuan terbesar. Bantuan tersebut meliputi traktor, multivator, dan beberapa kebutuhan penting lainnya yang akan sangat bermanfaat bagi para petani di daerah ini.

Baca Juga :  Segera Ikuti Sayembara Desain Logo Hari Jadi Ke-21 Provinsi Kepri Berhadiah Rp10 Juta

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan, isu ketahanan pangan telah menjadi perhatian utama, terutama setelah perang Rusia dan Ukraina yang memberikan dampak luar biasa terhadap pasar global. Dalam konteks ini, pemerintah terus mendorong produksi pertanian terbaik, diversifikasi pangan, dan penghematan pemanfaatan pangan.

“Kita juga didorong untuk pemanfaatan pangan secara efisien, maka nanti di hari ulang tahun Kepri saya akan mulai mencanangkan kegiatan pangan berhemat supaya kita bisa menjamin kemampuan pangan kita untuk kelangsungan kehidupan masyarakat kita,” kata Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Bupati Bintan: Berpuasa Bukan Alasan untuk Tidak Melayani Masyarakat

Gubernur Kepri Ansar Ahmad berkomitmen untuk meningkatkan produksi cabe di Kepri. Cabe telah diidentifikasi sebagai salah satu penyebab inflasi terbesar di wilayah Kepri. Meskipun kebutuhan bulanan untuk cabe mencapai sekitar 700 ton, produksi lokal saat ini hanya mencapai 350 ton. Untuk mengatasi hal ini, cabe harus diperkuat sebagai salah satu komoditi unggulan. Dalam hal ini, pemerintah telah bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk mengembangkan produksi cabe di wilayah ini.

Dalam acara penyerahan bantuan pertanian ini, beberapa jenis bantuan yang disalurkan termasuk benih cabai, pupuk NPK, pupuk organik, mulsa, serta bantuan untuk sarana pemasaran pasar tani. Semua ini bertujuan untuk memberikan dukungan yang komprehensif kepada petani di Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Atlet Kepri dari Bintan Berjaya di Kejurnas Indonesia Woodball Premier Championship 2021

Hadir dalam acara ini adalah anggota Tim Percepatan Pembangunan Kepri, Dr Rika Azmi Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau, Dody Sepka Noviandy Kabiro ADPIM Provinsi Kepri, dan para anggota kelompok tani di Kota Batam penerima bantuan.(Advertorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *