banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan program pembangunan pada kegiatan temu wicara Bupati Bintan menyapa warga Desa Mapur, Selasa (19/9/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Bupati Bintan: 2023 hingga 2024, Desa Mapur Jadi Prioritas dan Semakin Benderang

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Roby Kurniawan Bupati Bintan memberikan harapan baru untuk kemajuan masyarakat Desa Mapur, Kecamatan Bintan Pesisir untuk masa mendatang. Roby Kurniawan menyatakan, tahun anggaran 2023 hingga 2024, Desa Mapur menjadi prioritas. Bahkan, Mapur akan semakin benderang nantinya.

Hal itu dikatakan Roby Kurniawan pada kegiatan temu wicara yang dikemas dalam Bupati Bintan menyapa masyarakat Desa Mapur, Selasa (19/9/2023). Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Bintan Ahdi Muqsith, Kapolres Bintan, Dandim 0315/Tanjungpinang, Dansatrad, perwakilan Danlanal, Sekda Bintan Ronny Kartika, Anggota DPRD Bintan Arwan alias Akim, Kapolsek Bintan Timur, Camat Bintan Pesisir, Kepala Desa Mapur, serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Bintan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan, kegiatan ini momen silaturahmi Pemkab Bintan da Forkopimda dengan warga Desa Mapur, sebagai daerah terdepan NKRI. Momen ini pun menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, selain melalui Musrenbang maupun reses anggota dewan.

Baca Juga :  Mendagri Menegur Soal Insentif Daerah untuk Tenaga Kesehatan, Begini Penjelasan Pemprov Kepri

Tahun anggaran 2023 ini, sebut Roby Kurniawan, ada kegiatan pengadaan sajadah dan sound system untuk tempat ibadah di Desa Mapur. Sekaligus rehab dan bantuan untuk masjid. Anggarannya ada dari APBD Bintan dan dana aspirasi anggota DPRD Bintan. Serta bantuan dari APBD Provinsi Kepri. Seperti bantuan untuk Masjid Nurul Hadis, Masjid Nurul Mubin, yang mencapai puluhan juta rupiah.

Kemudian, Desa Mapur juga dianggarkan untuk semenisasi, pembangunan jalan penghubung lebih kurang 1 km, penataan kawasan mencapai Rp900 juta, hingga pembangunan kelas jauh untuk SMA di Mapur.

Baca Juga :  Tiga Nama Calon Sekda Bintan Disetujui KASN, dr Gama: Kemungkinan Pak Ronny

“2023 hingga 2024, Desa Mapur jadi prioritas. Tahun 2023 ini juga, ada kegiatan penerangan di pemukiman. Kemudian, tahun 2024 nanti, disediakan penerangan jalan. Mapur akan semakin benderang,” ujar Roby Kurniawan.

Selain itu, Roby Kurniawan mengungkapkan beberapa program yang berkaitan langsung dengan masyarakat. Antara lain bantuan langsung tunai (BLT) lansia melalui APBDes, bantuan seragam sekolah bagi pelajar SD dan SMP yang baru masuk. Bantuan seragam sekolah secara gratis pada tahun 2023 ini, ada 5 stel pakaian seragam ditambah tas dan sepatu.

“Penyaluran seragam sekolah itu, Oktober atau November nanti. Tahun 2024 nanti, kita usahakan bantuan seragam sekolah ini diberikan saat anak-anak masuk sekolah,” jelas Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Andri dan Suprianto Gagal Meraih Medali di Nomor 15 Ball Single, Sprinter Kepri Kalah

“Selain itu, kita dorong juga masyarakat Mapur agar memanfaatkan program bantuan modal usaha nol persen. Maksimal pinjaman modal usaha itu Rp30 juta. Warga hanya membayar pinjaman pokok. Sedangkan bunga pinjaman, dibayar oleh Pemkab Bintan,” sambung Bupati Bintan.

Pada kesempatan lain, Kepala Desa Mapur Abdul Razak merasa senang, mendapat kunjungan oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Wabup Bintan dan jajaran OPD. Pertemuan ini sangat dinantikan oleh masyarakat.

“Alhamdulillah, APBDes kami, baik dari ADD maupun DD dialokasikan untuk BLT lansia, pengembangan budi daya perikanan, dan program pembangunan lainnya. Terima kasih kami ucapkan kepada Pemkab Bintan yang terus mendorong pembangunan di Desa Mapur ini,” kata Abdul Razak. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *