banner 728x90
Penasehat DWP KKP Ernawati Trenggono dan Ketua TP-PKK Kepri meninjau proses pengalengan produk di pusat sterilisasi makanan di Batam, Rabu (6/9/2023). F- diskominfo kepri

Ernawati Trenggono Kagum dengan Pusat Sterilisasi Makanan di Batam

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Ernawati Trenggono kagum dengan pusat sterilisasi makanan di Kota Batam, Kepri. Hal itu diungkapkan Ernawati Trenggono ketika bersama Ketua TP PKK Provinsi Kepri Dewi Kumalasari Ansar ke Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Batam dan pusat sterilisasi makanan Kepri yang terpusat di Batam, Rabu (6/9/2023).

Dalam kunjungannya, Ernawati Trenggono dan Hj Dewi Kumalasari melihat produksi dari Industri Kecil Menengah (IKM) dan juga Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Dekranasda Kota Batam. Mulai dari Batik Batam yang terdiri atas aneka kain batik, makanan kering beragam jenis dan rasa, kerajinan rajut, kerajinan tenun/ songket hingga kerajinan kerang.

Baca Juga :  Bupati Bintan Studi Referensi Soal BPJS Ketenagakerjaan dan Subsidi Bunga Nol Persen ke Pemkab Bandung

Selama berkunjung ke pusat promosi kerajinan dan oleh oleh Kota Batam dan Kepri tersebut, terlihat Ernawati Tennggono antusias melihat-lihat produk-produk premium yang dijual di Dekranasda. Terlebih semua produk yang dijual tersebut adalah produk yang telah lolos uji kurasi, sehingga terjamin secara kualitas dan juga mutu.

“Bagus-bagus sekali produk kain batiknya,” ungkap Ernawati Trenggono.

Dalam kunjungannya ke Dekranasda, juga digelar fashion show yang menampilkan beragam jenis batik produksi Batam, yang juga binaan langsung Dekranasda Kota Batam. Turut meramaikan juga, fashion show dari DWP KKP yang ikut ambil bagian meramaikan kunjungan khusus ke Dekranasda Batam.

Baca Juga :  Distributor: Ketersediaan Bahan Pokok Cukup Selama Nataru

Tak lupa pada kesempatan tersebut, Ernawati Trenggono juga menyempatkan memborong beragam oleh-oleh yang dijual di Dekranasda Batam. Dari mulai kain batik, kemeja, jajanan kering hingga aneka kerajinan kerang khas Kepri lainnya.

Pusat Sterilisasi Makanan
Usai mengunjungi Dekranasda Batam, Ernawati Trenggono dan Dewi Kumalasari Ansar mengunjungi pusat sterilisasi makanan. Begitu tiba, rombongan berkesempatan melihat secara langsung proses pembuatan makanan dan proses packing makanan ke dalam kaleng.

Ada beberapa produk makanan yang telah dilakukan proses packing ke dalam kaleng yang telah diseterilisasi hingga mencapai suhu 160 derajat selama satu jam. Di antaranya, ikan kari, ikan asam pedas, sambal bilis tanak, rendang jamur dan ayam pecak.

Baca Juga :  Satu Klub Liga 3 Tumbang di Semifinal Piala Gubernur Kepri Zona Bintan

“Sejauh ini, produk makanan tersebut mulai dipasarkan untuk kalangan sendiri,” ujar Ketua Koperasi Rahmayanti Dewi kepada Ernawati Trenggono dan Dewi Kumalasari Ansar serta rombongan.

Selanjutnya rombongan berkesempatan mencicipi beberapa makanan yang telah di-packing ke dalam kaleng sterilisasi ikan asam pedas dan ikan kari. Semua prosesnya, termasuk PH airnya telah sesuai standar PH ekspor.

“Enak Nu Dewi, ikan asam pedasnya,” ujar Ernawati Trenggono kagum. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *