banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan secara simbolis menyerahkan bantuan bibit ikan dan excavator kepada kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Desa Malang Rapat, Rabu (6/9/2023). F- diskominfo bintan

Bupati Bintan Menyerahkan Bantuan Bibit Ikan dan Excavator

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan bantuan bibit ikan dan excavator kepada kelompok nelayan di Desa Malang Rapat, Gunung Kijang, Rabu (6/9/2023). Penyerahan bantuan ini disejalankan dengan kegiatan sosialisasi pengelolaan administrasi Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan).

Tahun 2023, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI mengalokasikan dana sebesar Rp6,29 triliun untuk meningkatkan kesejahteraaan nelayan, pembudidaya ikan, pengolah, pemasar, petambak garam, serta masyarakat pesisir lainnya. Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menggelar kegiatan sosialisasi pengelolaan administrasi Pokdakan, sekaligus penyerahan bantuan benih ikan air tawar secara simbolis beserta 1 unit excavator.

Baca Juga :  Hari Kesaktian Pancasila, Maizir Riyondra Menyumbang Medali Emas Lagi buat Riau

Kepala Bidang Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Bintan Raisa Gilang Samudra menyampaikan, kegiatan sosialisasi pengelolaan administrasi Kelompok Pembudidaya Ikan ini sangat diperlukan. Guna meningkatkan kualitas SDM agar produktivitas dari masing-masing pembudidaya air tawar terus mengalami peningkatan.

Setelah mendapatkan edukasi seluruh Pokdakan se-Kabupaten Bintan, juga didukung dengan penyerahan bibit ikan. Sehingga ilmu yang diperoleh dapat langsung diimplementasikan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, selama tahun 2021-2023 telah banyak bantuan perikanan seperti benih ikan lele 774.500 ekor, bibit ikan nila 292.150 ekor dan bibit ikan gurami 70.900 ekor. Selain itu juga ada 4 unit KJA HDPE di Teluk Bintan, 8 unit jaring kerambah untuk budi daya air laut di Desa Pengudang.

Baca Juga :  Meski Baru Meraih Tiga Emas, Roby Kurniawan Beri Bonus untuk Semua Qari dan Qariah

“Dan 1 unit excavator hari ini di Desa Malang Rapat. Sangat banyak upaya bantuan yang coba kita lakukan. Saya ingin bantuan yang datang tidak sekedar seremoni kemudian selesai. Manfaatkan, kembangkan dan lakukan usaha yang maksimal agar semakin berkembang dan berkembang,” kata Roby Kurniawan.

Menurut Bupati Bintan, Pemerintah Kabupaten Bintan telah membayarkan BPJS ketenagakerjaan untuk para pekerja rentan. Pada tahun 2024 juga telah di alokasikan secara khusus untuk pembudidaya air tawar. Sehingga dapat dimanfaatkan dengan mengusulkan ke Dinas Perikanan dan Kelautan maupun melalui pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten.

Baca Juga :  Sembilan Pemain PS Kota Tanjungpinang Direkrut Tiga Klub Liga 3

Kegiatan kemudian dilanjutkan Temu Wicara Bupati Bintan bersama Pokdakan se-Kabupaten Bintan. Bupati Bintan ingin mengetahui kondisi lapangan secara langsung melalui dialog dan penyampaian pendapat. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *