banner 728x90
Ramadhan Sananta dan Abdul Rahman pesepakbola asal Kepri bersama pelatih PPLP Kepri Iwan. F- dok/suaraserumpun.com

Daftar Pesepakbola Asal Kepri di Liga Profesional Tahun Ini, Ada Ramadhan Sananta hingga Fatur Adam Setiawan

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Pemain sepak bola Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadi sorotan nasional pada tahun 2023 ini. Meski tidak ada klub dari Kepri yang berada di Liga 2, boro-boro di Liga 1.

Tapi, sejumlah nama pesepakbola asal Kepri ‘bersinar’ di kancah nasional maupun di kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Berikut daftar pesepakbola asal Kepri di liga profesional tahun 2023 ini, yang berhasil dihimpun suaraserumpun.com dari beberapa sumber.

Sejak SEA Games 2023 lalu, nama Ramadhan Sananta menjadi top di sejumlah media nasional hingga ke daerah. Striker timnas ini membawa nama Indonesia meraih medali emas. Muhammad Ramadhan Sananta ini menjadi buah bibir pada pertandingan internasional. Termasuk pada ajang Piala AFF U-23 tahun 2023 lalu.

Ramadhan Sananta
Karier sepak bola Ramadhan Sananta dimulai ketika dia mengikuti sepak bola sekolah Asia dan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Kepulauan Riau. Karier sepakbola profesionalnya dimulai saat membela PS Harjuna Putra pada tahun 2021. Saat itu, Ramadhan Sananta berhasil tampil sebanyak 12 kali dan mencetak 9 gol bersama tim yang berada di Liga 3 sebelum akhirnya hengkang ke Persikabo 1973.

Ramadhan Sananta ketika tim PPLP Kepri reuni di Stadion Sri Tri Buana Dompak, Tanjungpinang. F- yen/suaraserumpun.com

Sedangkan, debut bermain di Liga 1 dimulainya ketika Persikabo 1973 melawan Bali United di Stadion Ngurah Rai, Denpasar pada (3/2/2022) lalu. Semusim bersama Persikabo 1973, Ramadhan Sananta bermain sebanyak empat laga.

Sebelum berkiprah ke klub Liga 1, Sananta asal Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri ini menjalani pertandingan di Liga 3 putaran Provinsi Sumatera Utara, musim 2021 lalu. Saat itu, Sananta bersama Farel Akbar, Alesandro dan M Nuh dibawa pelatih Listiadi, untuk membela PS Harjuna Putra.

Namun, PS Harjuna Putra tak lolos ke putaran nasional Liga 3 2021-2022. Ketika Farel Akbar pemain asal Kepri lainnya hijrah ke Karo United (juara Liga 3), Sananta justru dibawa pelatih Listiadi ke Persikabo 1973. Penampilan Sananta binaan PPLP cabor sepak bola Provinsi Kepri ini terbilang gemilang di Persikabo 1973.

Baca Juga :  Pekan Ini, Premier League Inggris 2021-2022 Dimulai, Diawali Brentford Vs Arsenal

Kemudian, Ramadhan Sananta yang biasa dipanggil Santa ini dibeli PSM Makassar, untuk menghadapi musim 2022 lalu. Ramadhan Sananta turut mengantarkan PSM Makassar menjuarai Liga 1. Dari sini, Ramadhan Sananta dipanggil pelatih nasional untuk membela Timnas Indonesia. Musim 2023 ini, Ramadhan Sananta membela Persis Solo.

Abdul Rahman Alias Lemon
Selain Ramadhan Sananta, nama Abdul Rahman pun naik daun. Striker Rans Nusantara FC ini berasal dari Karimun, Provinsi Kepri. Abdul Rahman pun mengawali karier di sepak bola, lewat pembinaan SSB. Kemudian, digembleng melalui PPLP Kepri.

Abdul rahman pemain Rans Nusantara FC asal Kepri. F- lemon

Abdul Rahman pemain asal Kepri ini juga mengawali dari bawah. Yaitu dari liga amatir, atau Liga 3. Abdul Rahman turut bertanding di putaran nasional Liga 3 musim 2021-2022 lalu. Saat itu, Abdul Rahman jebolan PPLP Kepri ini membela Serpong City, di putaran nasional Liga 3. Saat itu, Abdul Rahman bersama Serpong City berhadapan dengan klub lainnya Sumbersari FC, Batavia FC, dan Farmel FC.

Kemudian, Abdul Rahman dikabarkan menjalani pemusatan latihan di klub pembinaan talents, di Jakarta. Menjalani pembinaan di klub tersebut, Abdul Rahman sempat dipromosikan ke Borneo FC. Nah, nama Abdul Rahman semakin bersinar pada saat Porprov Kepri tahun 2022 di Bintan.

Saat itu, Abdul Rahman mencetak gol sekaligus mengalahkan tuan rumah Bintan. Alhasil, Karimun juara atau meraih medali emas usai menang di final versus Lingga. Kemudian, Abdul Rahman yang akrab disapa Lemon ini, menjalani seleksi di Rans Nusantara FC milik Rafi Ahmad. Abdul Rahman menandatangani kontrak dengan Rans Nusantara mulai musim 2023 ini.

Baca Juga :  Klasemen Grup D Euro 2020/2021: Gagal ke Puncak, Inggris Ditahan Skotlandia

Hebatnya lagi, Abdul Rahman mampu bersaing dengan pemain asing di Rans Nusantara tersebut. Bahkan, Abdul Rahmad dipanggil pelatih Shin Tae-yong pada AFF U-23 di Thailand, baru-baru ini. Siapa sangka, Abdul Rahman berduet dengan Ramadhan Sananta di Timnas Indonesia, sesama anak Kepulauan Riau (Kepri).

Sutanto Tan
Sebelum nama Sananta dan Abdul Rahman mencuat, pemain asal Kepri juga sempat melambung di kancah nasional. Dia adalah Sutanto Tan. Sutanto Tan yang mengawali karier lewat SSB di Kota Batam. Namun, Sutanto Tan menjelajah ke Singapura demi kariernya. Sutanto pun membawa nama besar bagi PSM Makassar.

Sutanto Tan pemain Persis Solo asal Kepulauan Riau. F- dok/suaraserumpun.com

Sutanto Tan sebagai pemain profesional, sempat menjadi pemain kunci di PSM Makassar, pada musim 2021 lalu. Sutanto Tan menjadi pemain anyar di Persis Solo, untuk menghadapi musim 2022-2023. Hingga kini, Sutanto Tan masih bermain untuk Persis Solo bersama Ramadhan Sananta dan kawan-kawan.

Farel Akbar
Seorang pemain sepak bola asal Kepulauan Riau (Kepri), juga menjadi pemain utama di Liga 2. Namanya, Farel Akbar. Pemain asal Batam ini, pernah membela klub 757 Kepri Jaya FC. Namun, dia memilih hijrah ke Medan, Sumatera Utara pada tahun 2021 silam.

Farel Akbar pemain asal Kepri berkiprah di klub Liga 2 Sada Sumut FC. F- farel

Saat itu, Farel Akbar memulai kiprahnya di klub Liga 3 Harjuna Putra FC. Meski klub yang dikenalkan pelatih Listiadi itu tak lolos ke putaran nasional, Farel Akbar justru menjadi pemain utama klub Karo United di putaran nasional. Bahkan, Farel Akbar turut mengangkat trofi juara Liga 3 musim 2021-2022 bersama Karo United. Tim laskar simbisa menjuarai Liga 3 musim ini, setelah menang adu penalti atas Putra Delta Sidoarjo di partai final, akhir Maret 2022.

Farel Akbar sekaligus mengantarkan Karo United, promosi ke Liga 2 musim 2022 lalu hingga sekarang. Saat itu, selain Karo United dan Putra Delta Sidoarjo, enam klub yang promosi ke Liga 2 musim 2022 yaitu PSDS Deli Serdang, Mataram Utama, Deltras Sidoarjo, Persikab Bandung, Persipa Pati dan Gresik United. Sekarang, Karo United sudah berubah nama menjadi Sada Sumut FC. Farel Akbar tetap bertahan di klub Liga 2 ini.

Baca Juga :  Hari Pahlawan Tahun 2022, Pemkab Bintan Beri Santunan untuk Veteran

Fatur Adam Setiawan
Pemain asal Provinsi Kepri yang satu ini, masih tergolong belia. Namanya Fatur Adam Setiawan. Melalui pembinaan di SSB di Kota Batam, Fatur Adam Setiawan lolos saat scout talent di PPLP Kepri.

Fatur Adam Ssetiawan pemain asal Kepri bergabung dengan Persikab Bandung untuk kompetisi Liga 2 musim 2023-2024 ini. F- iwan

Fatur Adam pernah menjadi pemain Timnas Pelajar Indonesia. Saat itu, Fatur Adam bersama Ramadhan Sananta dipanggil PSSI untuk menjalani TC. Ramadhan Sananta tak lulus, Fatur Adam justru menjadi line-up timnas pelajar Indonesia, yang bertanding di Samarinda, Kaltim.

Setelah menyelesaikan SMA, Fatur Adam langsung dipinang oleh klub Liga 3 NICE FC Tembilahan, Riau. Saat itu, NICE FC tak berhasil menembus putaran nasional. Tetapi, penampilan Fatur Adam Setiawan cemerlang. Sehingga, Fatur Adam direkrut oleh klub Tornado untuk ke putaran nasional Liga 3 musim 2021-2022. Kini, Fatur Adam Setiawan saudara kandung Farel Akbar ini membela Persikab Bandung 1963 untuk menghadapi kompetisi di Liga 2 musim 2023 ini.

Selain nama-nama di atas, masih ada beberapa talenta pesepakbola asal Kepulauan Riau (Kepri) yang sudah menandatangani kontrak dengan klub profesional. Seperti Vengko Armedya yang baru menjalani kontrak di PSIM Yogyakarta. Fransiskus Alesandro jebolan PPLP Kepri dari Harjuna FC Medan menandatangani kontrak dengan Sriwijaya FC. Kemudian, ada nama Rafly Ramadhan, Jandriansyah Putra, dan Dimas Dinanda.

Vengko Armedya bersama tim PSIM Yogyakarta. F- vengko

“Semoga ke depannya, Kepri punya klub profesional yang bisa mengakomodir talenta-talenta anak Kepri,” harap Junaidi, insan sepak bola Kepri. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *