banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau mendesak lagi Menteri Perhubungan RI untuk mengalokasikan pengadaan kapal Roro mini buat Kabupaten Lingga, pada Raker, Rabu (30/8/2023). F-dok/suaraserumpun.com

Sudah Diajukan, Cen Sui Lan Desak Lagi Menhub untuk Mengalokasikan Pengadaan Roro Mini buat Lingga

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) mendesak lagi Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, untuk mengakomodir dan mengalokasikan anggaran pengadaan kapal roll on roll off (roro) mini buat Kabupaten Lingga. Sebelumnya, permohonan pengadaan roro mini buat Kabupaten Lingga ini, sudah pernah diajukan oleh Cen Sui Lan.

Namun, pada saat mengikuti Raker Komisi V DPR RI dengan Menhub RI Budi Karya Sumadi, Rabu (30/8/2023), Cen Sui Lan mengingatkan lagi tentang pengadaan kapal roro mini untuk keperluan pelajar di Senayang, Kabupaten Lingga tersebut. Raker Komisi V DPR RI dengan Menteri Perhubungan RI ini membahas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Kemenhub RI. Serta pembahasan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) pada Kemenhub tahun anggaran 2024 di ruang rapat Komisi V DPR RI, Senayan, Jakarta.

Pada Raker tersebut, Cen Sui Lan menyatakan, dari paparan Menteri Perhubungan RI, ada kenaikan pagu anggaran. Dan akan dialokasikan untuk konektivitas tol laut dan lain-lain. Sesuai arah kebijakan RKP tahun anggaran 2024, ada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Tanggap, Bahas Pembangunan Tower dengan Mitratel

“Saya ingin mengajukan dan sudah pernah saya ajukan, mengenai pengadaan kapal roro mini untuk di Kabupaten Lingga, Kepri. Roro mini ini untuk keperluan anak-anak sekolah. Roro mini ini akan dipergunakan untuk gugusan Senayang dan pulau-pulau di Lingga. Saat ini, anak-anak sekolah di Lingga itu, masih pakai pompong. Dan sering kehujanan,” jelas Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan meminta agar usulan pengadaan kapal Roro mini untuk di Kabupaten Lingga tersebut diakomodir pada tahun anggaran 2024 nanti. Cen Sui Lan juga mempertanyakan kepada Menteri Perhubungan, tentang permintaan dirinya sebelumnya terhadap kapal roro mini tersebut.

“Saya tidak melihat ada di dalam daftar RKP (Rencana Kerja Pemerintah) tersebut. Apakah itu ada diakomodir atau tidak. Jadi Pak Menteri, tolong dibantu. Karena, itu tanggung jawab saya kepada masyarakat Kepri, khususnya di Kabupaten Lingga. Dan roro mini ini sangat urgence, sangat diperlukan,” tegas Cen Sui Lan.

Baca Juga :  51 Qari dan Qariah Tanjungpinang Akan Berkompetisi di MTQH Ke-X Kepri

Sebelumnya, Cen Sui Lan meminta penyediaan kapal roro mini di Lingga, hingga pembangunan dermaga di kabupaten/kota se-Provinsi Kepri kepada Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, pada saat menggelar rapat kerja dengan kementerian mitra Komisi V DPR RI, Selasa (6/6/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Cen Sui Lan menerangkan tentang kegiatan reses ke Kabupaten Lingga, Mei 2023 lalu, kepada Menhub RI. Saat dirinya reses ke Lingga, harus naik pompong untuk mengunjungi desa-desa. Naik pompong antarpulau itu sudah biasa dilakukan masyarakat Lingga. Termasuk bagi anak-anak pergi sekolah, harus pakai pompong itu, meski cuaca hujan.

Kemudian, Cen Sui Lan mendesak Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub RI Komjen Hendro Sugiatno merealisasikan pengadaan kapal roll on roll off (Roro) mini untuk Kabupaten Lingga, pada tahun anggaran 2024. Kapal Roro mini untuk Kabupaten Lingga ini, sangat diperlukan untuk angkutan anak-anak sekolah dan masyarakat di Senayang, Kabupaten Lingga.

Baca Juga :  Kantor BPN/ATR Bintan Terbakar, Begini Kondisi Berkas Permohonan Surat Tanah Milik Warga

Cen Sui Lan meminta secara khusus pengadaan kapal Roro mini ini kepada Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub RI Komjen Hendro Sugiatno, pada saat RDP Komisi V DPR RI, Rabu (5/7/2023).

“Kemarin (baru-baru ini), sudah saya sampaikan waktu Raker dengan Pak Menteri Perhubungan RI, mengenai pengadaan kapal roro mini di Kabupaten Lingga ini,” kata Cen Sui Lan, pada saat RDP tersebut.

“Kapal Roro mini hanya untuk mengangkut manusia dan logistik atau bahan pokok. Jadi, tak perlu untuk kapal roro yang besar untuk angkutan mobil,” sambung Cen Sui Lan.

Menurut Cen Sui Lan, jika mengharapkan dari pemerintah daerah, sangat memberatkan. Jadi, pengadaan kapal Roro ini mesti dialokasikan dari dana APBN. Pada Raker, Rabu (30/8/2023), Cen Sui Lan meminta lagi kepada Menhub agar pengadaan kapal Roro mini untuk Kabupaten Lingga direalisasikan atau diakomodir dalam RKP Kemenhub tahun anggaran 2024 nanti. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *