banner 728x90
Masyarakat Kepri memperlihatkan sertipikat tanah yang diterima secara gratis pada GTRA Summit 2023 di Karimun, Kepri, Rabu (20/8/2023). F- diskominfo kepri

GTRA Summit 2023, 10.668 Sertipikat Tanah Dibagikan untuk Kepri, Bayar BPHTB-nya

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – Sebanyak 10.668 sertipikat tanah untuk masyarakat Kepulauan Riau dibagikan secara gratis pada pelaksanaan kegiatan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2023 di Coastal Area Kabupaten Karimun, Kepri Rabu (30/8/2023). Jangan lupa, bayar Bea Perolehan Hak dan Tanah Bangunan (BPHTB).

Sertipikat tanah yang diserahkan pada saat GTRA Summit 2023 tersebut di antaranya berupa sertipikat kawasan, sertipikat cagar budaya, sertipikat barang milik negara, sertipikat barang milik daerah yang terdiri dari sertipikat PSU dan sertipikat hak pakai, hingga sertipikat kawasan investasi.

Nah, bagi yang sudah menerima sertipikat tanah tersebut, perlu dicek pada lembaran dalamnya. Biasanya, akan ada tertera Terhutang Bea Perolehan Hak dan Tanah Bangunan (BPHTB) dalam kotak panjang berwarna merah. Jika tercantum hal tersebut, si pemilik tanah mesti membayar BPHTB di masing-masing daerah.

Baca Juga :  HPN 2024, PWI Bintan dan RSJKO EHD Edukasi Warga tentang Cara Mengurangi Stres

Penyerahan masing-masing sertipikat tersebut dilaksanakan secara simbolis, oleh para penerima yang mewakili kabupaten/kota se-Kepri. Penyerahan dilakukan langsung Menteri ATR/BPN RI Hadi Thahjanto didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Menteri ATR/BPN RI Hadi Thahjanto dalam sambutannya mengatakan, dengan telah diberikan sertipikat ini, diharapkan masyarakat telah memiliki legalitas yang sah secara hukum hak atas tanah. Sehingga masyarakat bisa merasakan ketenangan dalam menjalani kehidupan.

“Bapak ibu semua setelah menerima ini, mesti benar benar menjaga sertipikat yang telah dimilikinya. Dari berbagai pihak yang akan mengganggu,” pintanya.

Baca Juga :  Berminat Jadi Atlet FPTI Bintan? Silakan Ikuti Seleksi Terbuka

Sertipikat ini, sambung Hadi Tjahjanto, juga satu sisi akan mengurangi persoalan sengketa dan tumpang tindih kepemilikan tanah, yang selama ini kerap terjadi di tengah masyarakat. Tapi dengan telah ada sertipikat ini, hal tersebut tidak akan terjadi lagi.

Tak lupa Hadi Tjahjanto juga meminta kepada semua penerima sertipikat, jika harus diagunkan, mesti ke bank yang terpercaya. Jika harus diagunkan, untuk tujuan yang produktif, dan bukan untuk kepentingan konsumtif.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam sambutanya mengatakan, masyarakat Kepri yang banyak tinggal di wilayah pesisir khususnya, patut bersyukur. Karena kebijakan pemerintah pusat melalui program reforma agraria, masyarakat pesisir termasuk di Kepri, bisa merasakan manfaat sertipikat tanah.

Baca Juga :  Roby Kurniawan Terima Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021, Begini Harapan Wapres RI

“Dengan program ini pula, bapak ibu semua bisa merasakan manfaat sertipikat gratis yang telah bapak ibu semua pegang,” ujar Ansar Ahmad. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *