banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau meminta anggaran desa wisata dan BUMDes kepada Mendes PDTT Halim Iskandar, pada saat Raker, Selasa (29/8/2023). F- dok/suaraserumpun.com

2024, Cen Sui Lan Meminta Anggaran untuk Desa Wisata dan BUMDes kepada Mendes PDTT

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) meminta lagi anggaran untuk penataan desa wisata dan BUMDes. Permintaan tersebut disampaikan Cen Sui Lan langsung kepada Halim Iskandar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT).

Permintaan tersebut disampaikan Cen Sui Lan kepada Mendes PDTT pada saat Raker Komisi V DPR RI dengan Mendes PDTT Halim Iskandar, Selasa (29/8/2023). Raker tersebut membahas LKPP Kemendes PDTT tahun anggaran 2022 dan pembahasan RKA/RKP tahun anggaran 2024.

Dalam Raker itu, Cen Sui Lan mengucapkan terima kasih kepada Mendes PDTT Halim Iskandar, karena pelatihan pengembangan BUMDes dan Desa Wisata di Kepri, berlangsung sukses. Sewaktu pelatihan BUMDes, para peserta dan kepala desa sangat antusias.

“Dengan harapan, tahun depan, bisa mendapat bantuan BUMDes dan desa wisata, untuk Kepri,” kata Cen Sui Lan.

Cen Sui Lan mengungkapkan, setiap tahun, anggaran di Kemendes PDTT berkisar sekitar Rp2 triliun sampai dengan Rp3 triliun. Tahun 2023 ini Rp2,9 triliun. Selain Cen Sui Lan, anggota Komisi V DPR RI lainnya juga mendapat program BUMDes dan desa wisata yang cukup.

Baca Juga :  Hasil Paripurna Penetapan Cawabup Bintan: Ahdi Muqsith Nomor Urut 1, Dhenok Puspita Sari Nomor Urut 2

“Tahun 2024, mungkin hanya selisih Rp200 miliar dibandingkan biasanya. Tapi dari paparan Pak Menteri, untuk desa wisata tinggal 36 (lokasi). Jadi, dari 36 itu kalau dibagi, untuk kita tak cukup. Mungkin berebut. Kalau di Kepri tetap dapat, karena dapil Kepri tetap 1,” ujar Cen Sui Lan.

“Yang diharapkan, kalau tahun 2023 ini bisa, tahun depan kan tentu bisa. Kan tidak ada perubahan. Tinggal Pak Menteri mengaturnya. Karena, kita menginginkan setiap desa yang dibantu, menjadi desa yang bagus. Kita minta agar di Kepri, tetap dialokasikan,” tegasnya.

Untuk tahun 2023 ini, Cen Sui Lan menyebutkan, dana aspirasinya senilai Rp400 juta dialokasikan untuk pembangunan desa wisata di Desa Tanjung Setelung, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepri. Dari anggaran tersebut, ada alokasi untuk pembangunan kolam renang, sebagai sarana pendukung pengembangan desa wisata Desa Tanjung Setelung.

Cen Sui Lan berharap ekonomi masyarakat Serasan harus bangkit. Karena sebelumnya, Serasan menjadi perhatian pemerintah akibat musibah tanah longsor yang menimbulkan banyak korban jiwa, beberapa bulan lalu.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Melepas 103 Personel untuk Menjalankan Misi ke Papua

Cen Sui Lan menerangkan, anggaran Rp400 juta untuk pembangunan desa wisata di Desa Tanjung Setelung itu direalisasikan melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, atau Kemendes PDTT.

Selain itu, Cen Sui Lan juga sudah mengalokasikan anggaran untuk menjadikan Desa Tiangau sebagai destinasi wisata unggulan Kabupaten Anambas. Melalui aspirasinya, Cen Sui Lan mengalokasikan dana Rp2,5 miliar untuk Desa Tiangau sebagai destinasi wisata unggulan. Hasilnya, kini turis asing pun mulai berkunjung.

Untuk mewujudkan Desa Tiangau di Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai destinasi wisata unggulan, tahun anggaran 2023 ini, Cen Sui Lan mengalokasikan dana aspirasi sebesar Rp2,5 miliar. Anggaran tersebut terbagi dalam berberapa program infrastuktur berbasis masyarakat. Seperti untuk program PISEW sebesar Rp500 juta, program bedah rumah sebesar Rp1 miliar.

“Program Bantuan Desa Wisata Rp400 juta. Program Pamsimas Rp350 juta. Program PJU-TS Rp250 juta. Sisanya dalam kegiatan bansos infrastruktur lainnya,” sebut Cen Sui Lan kepada suaraserumpun, belum lama ini.

Baca Juga :  Brigjen Jimmy Watuseke Menutup TMMD di Bintan, Semenisasi Jalan Selesai, Warga Menerima Sembako

Begitu juga di Natuna. Cen Sui Lan membangun jalan dan homestay untuk pengembangan desa wisata Telok Buton, Kecamatan Bunguran Utara, Kabupaten Natuna. Pembangunan infrastruktur pendukung desa wisata dari dana aspirasi Cen Sui Lan tersebut mencapai Rp500 juta.

Program dari aspirasi Cen Sui Lan untuk pengembangan desa wisata di Desa Telok Buton tersebut merupakan wujud kehadiran Negara Indonesia dalam memperkuat ketahanan bangsa, di daerah perbatasan. Sebab, Kabupaten Natuna di Provinsi Kepri ini berbatasan dengan 9 negara tetangga itu.

Terakhir, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri menyatakan, akan mengalokasikan dana aspirasinya sebesar Rp15 miliar untuk penataan kawasan wisata Pantai Pongkar Karimun. Kebijakan tersebut diputuskan Cen Sui Lan usai menjaring aspirasi pada kunjungan kerja reses di Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Rabu (26/7/2023) sampai dengan Sabtu (29/7/2023) lalu. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *