banner 728x90
Personel Polres Bintan melaksanakan latihan persiapan pengendalian massa untuk menghadapi aksi demo massa pada Pemilu 2024, Rabu (23/8/2023). F- humas polres bintan

Polres Bintan Mempersiapkan Pasukan untuk Menghadapi Aksi Demo Massa pada Pemilu 2024

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Kepolisian Resor (Polres) Bintan sudah mempersiapkan pasukan untuk menghadapi aksi demo atau unjuk rasa massa di Pemilu 2024. Upaya ini sebagai upaya mengantisipasi kericuhan menjelang atau pada penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 mendatang.

Latihan pengendalian massa (dalmas) dilaksanakan di lapangan Bhayangkara Polres Bintan, Rabu (23/8/2023). Personel yang dipersiapkan dalam latihan pengendalian massa tersebut sebanyak 2 kompi. Terdiri dari 1 pleton negosiator, 1 pleton dalmas awal, 2 pleton dalmas lanjut, da 1 pleton pengurai massa (raimas).

Baca Juga :  Kakanwil Kemenag Kepri Meresmikan PLHUT, Layanan Haji dan Umrah di Tanjungpinang Semakin Mudah

Latihan pengendalian massa (Dalmas) ini dipimpin Kabagops Polres Bintan AKP Monang P Silallahi SH, didampingi Kasat Samapta Polres Bintan AKP Fredyando.

Mewakili Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, Kabagops Polres Bintan mengatakan, tujuan latihan dalmas yang dilakukan oleh personel Polres Bintan ini, sebagai persiapan dalam menghadapi situasi, jika ada unjuk rasa dari masyarakat (massa) dengan jumlah besar. Letihan ini untuk mengantisipasi terjadinya tindakan anarkis saat berlangsungnya penyampaian pendapat di muka umum atau unjuk rasa oleh masyarakat. Sehingga personel melakukan pengamanan sesuai SOP.

Baca Juga :  Open Ceremony Porprov 2022 Kepri di Malam Hari, Dirancang dengan Spektakuler

Berbagai gerakan setiap pleton diperagakan sesuai dengan eskalasi. Mulai dari negosiasi, gerakan dorong, desak maju dan melindungi diri hingga penguraian massa demo juga diperagakan.

“Ke depan, kami akan melakukan latihan gabungan dengan Satbrimob Polda Kepri, sebagai Dalmas inti. Untuk latihan sekarang, guna mengurai massa yang seolah-olah adanya unjuk rasa yang diperankan oleh personel Polres Bintan,” ujar AKP Monang P Silalahi SH. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *