banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan Bendera Merah Putih ke dalam baki Paskibraka Bintan, pada upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang, Kabupaten Bintan, Kamis (17/8/2023). F- suaraserumpun.com

Foto Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang hingga Bupati Bintan Menyantuni Veteran

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten Bintan membikin sejarah baru, dengan melaksanakan upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang, Kamis (17/8/2028). Berikut ini foto upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang, Kabupaten Bintan hingga Bupati Bintan Roby Kurniawan menyantuni veteran.

Tahun 2023 ini, merupakan perdana bagi Pemkab Bintan menggelar upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pulau Mantang. Tepatnya di lapangan rerbuka Desa Mantang Besar, Kecamatan Mantang. Daerah ini merupakan gugusan pulau di wilayah Kabupaten Bintan. Bagi Bupati Bintan Roby Kurniawan, daerah ini menjadi satu dari puluhan pulau di Bintan, untuk melaksanakan kegiatan pembangunan.

Paskibraka Kabupaten Bintan membawa Bendera Merah Putih, pada upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang. F- suaraserumpun.com

Upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang diperankan oleh 33 orang pelajar SMA/sederajat bersama TNI-Polri berlangsung khidmat. Mulai dari pengambilan Bendera Merah Putih dari baki, dan diserahkan oleh Bupati Bintan sampai pengibaran bendera, berlangsung sempurna. Begitu juga menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Pancasila dan UUD 1945, berlangsung khidmat.

Dalam amanatnya, Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan sambutan Gubernur Kepri. Pada kesempatan tersebut, Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, HUT ke-78 Kemerdekaan RI merupakan momentum mengingatkan Bangsa Indonesia untuk bersyukur kepada sang pencipta. Karena, berkat rahmat dan karunia-Nya, maka para pahlawan berhasil merebut kemerdekaan.

Paskibraka Kabupaten Bintan melakukan proses pengibaran Bendera Merah Putih, pada upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang. F- diskominfo bintan

Sesuai sejarah, proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dibacakan oleh Presiden Ir Soekarno didampingi Mohammad Hatta. Dalam perjalan sejarah sampai saat ini, Indonesia semakin diperhitungkan di mata dunia. Seperti Kata Presiden RI Jokowi, Indonesia sudah menjadi penentu tren. Indonesia bukan pengikut.

Hal itu membuktikan, Bangsa Indonesia mampu berdiri tegak dan penuh percaya diri untuk melangkah ke masa depan, yang lebih baik. Sebagai generasi penerus bangsa, generasi sekarang membawa estafet membangun bangsa. Baik bidang pendidikan dan peningkatkan kompetensi diri maupun bidang lainnya. Bangsa harus siap untuk menuju Indonesia emas.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyaksikan Paskibraka Kabupaten Bintan mengibarkan Bendera Merah Putih, pada upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang. F- diskominfo bintan

Pada peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 ini, hakikatnya, kemerdekaan adalah nasib bangsa di tangan sendiri. Momentum ini sebagai kemerdekaan merefleksi sendi-sendi kehidupan kebangsaan. Namun, sebagai bangsa yang besar, Indonesia tidak pernah melupakan jasa para pahlawannya.

Baca Juga :  Sudah 16.826 Kasus di Kepri, Begini Langkah Ansar Ahmad Mengatasi Covid-19

“Itu mengharuskan kita semuauntuk berbuat, bertindak dan berfikir, dengan melaksanakan pembangunan di negeri Segantang Lada, Provinsi Kepri ini. Pupuk semangat kebersamaan dan ikhtiar,” kata Roby Kurniawan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan melakukan penghormatan saat pengibaran Bendera Merah Putih, pada upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang. F- diskominfo bintan

Dari kebersamaan dan ikhtiar itu pula, menunjukkan tren pembangunan makro ekonomi yang positif di Provinsi Kepri. Seperti pertumbuhan ekonomi Kepri yang terpuruk pada -3,8 persen (2020), naik menjadi 5,09 (2022). IPM meningkat 75,79 menjadi 76,46. IPM Kepri selalu berada di atas rata-rata nasional. Tingkat pengangguran terbuka pun turun. Angka kemiskinan di Kepri dari 6,13 persen, turun menjadi 5,69 persen. Angka kemiskinan Kepri itu berada posisi kedua terendah se-Sumatera.

“Saat ini, perjuangan untuk mengisi kemerdekaan itu tidak berhenti. Tetap kobarkan semangat juang untuk mencapai Indonesia emas melalu perwujudan Kepri yang makmur, berdaya saing dan berbudaya,” ucap Roby Kurniawan.

Bupati Bintan dan Forkopimda menyaksikan proses pengibaran Bendera Merah Putih. F- diskominfo bintan

Untuk di Kabupaten Bintan, Roby Kurniawan mengucapkan selamat HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Saat ini, Pemkab Bintan membuat sejarah dengan melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI di Kecamatan Mantang. Diharapkan, ini membangun optimisme bahwa anak-anak Bintan, walaupun tinggal di pulau, suatu saat semua bisa menjadi pemimpin di negeri Bintan ini.

“Pemkab Bintan akan terus memberikan perhatian untuk kemajuan Mantang,” ujarnya.

Baca Juga :  Terawih di Masjid Amanaul Ummah Batam, Gubernur Ansar Serukan Istiqomah Dalam Beribadah

Bupati Bintan yakin, di daerah pulau wilayah Bintan akan lahir pemimpin yang terus membawa kemajuan Bintan untuk lebih baik lagi ke depannya. Untuk di Mantang, memang perlu pembenahan-pembenahan dalam mendorong ekonomi masyarakat. Seperti pembangunan infrastruktur. Tapi, dengan semangat masyarakat yang mayoritas nelayan, Mantang mengalami perkembangan yang cukup cepat.

Ketua PKK Bintan Hafizha Rahmadhani, Ketua Bhayangkari Bintan Ila Riky Iswoyo, Ketua DWP Elyza Riani salam merdeka, usai upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang. F- diskominfo bintan

“Mudah-mudahan masyarakat terus sejahtera,” ujarnya.

Pada upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini, Roby Kurniawan mengatakan, ada peningkatan ekonomi masyarakat dan memberikan manfaat lainnya.

“Dari Mantang untuk Indonesia maju,” tuturnya.

Ketua PKK Bintan Hafizha Rahmadhani, Ketua Bhayangkari Bintan Ila Riky Iswoyo, Ketua DWP Elyza Riani mengikuti upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang. F- diskominfo bintan

Pada upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang ini, turut diikuti 300 personel TNI-Polri, masyarakat sipil dan pelajar. Bahkan, masyarakat Pulau Mantang antusias menyaksikan upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI tersebut.

Dihadiri Pimpinan FKPD
Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo SIK MM, Dandim 0315/Tanjungpinang Kolonel Inf Tommy Anderson menghadiri upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia ini. Selain itu, turut hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bintan Hj Fiven Sumanti SIP mewakili Ketua DPRD Bintan Agus Wibowo.

Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama pimpinan FKPD, Sekda Bintan Ronny Kartika, pimpinan dan anggota DPRD Bintan berfoto bersama dengan Paskibraka usai upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang. F- suaraserumpun.com

Turut hadir Danlanal Bintan Letkol laut (P) Gita Muharram, Dansatrad 213 Bintan Letkol (Lek) Emmaloka DAP STMM, Danlanud Raja Haji Fisabilillah, Letkol Laut Falatehan ST MM dari Fasharkan Mentigi, Kajari Bintan diwakili Kasi Intel Samsul, Sekda Bintan Ronny Kartika, Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadhani, Ketua DWP Elyza Riani, Ketua Bhayangkari Ila Riky Iswoyo, Kapolsek Bintan Timur AKP Rugianto, Ketua LAM Bintan Musyafa Abbas, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bintan, serta kepala OPD.

Bupati Bintan Roby Kurniawan memberikan selamat kepada Paskibraka usai upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang. F- suaraserumpun.com

Setelah upacara, Bupati Bintan Roby Kurniawan dan pimpinan FKPD menyaksikan penampilan drumband pelajar di Kecamatan Mantang dan Kecamatan Bintan Timur. Penampilan drumband pelajar tersebut memberikan nuansa semangat Kemerdekaan RI.

Baca Juga :  Pengunjung Pantai Trikora Ramai, Polisi Sibuk Pantau Protokol Kesehatan

Kemudian, Bupati Bintan dan Forkopimda turut mengikuti upacara detik-detik Proklamasi dari Istana Negara melalui zoom meeting. Dilanjutkan dengan berpartisipasi dengan permainan rakyat, seperti lomba joget dengan balon.

Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Forkopimda menyerahkan santunan kepada legiun veteran usai upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang. F- suaraserumpun.com

Menyantuni Veteran
Rangkaian peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Bintan, tak hanya berakhir di Pulau Mantang. Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Forkopimda mengunjungi kediaman kegiun veteran. Kegiatan ini rutin dilakukan sebagai cerminan ungkapan kebanggaan sekaligus terima kasih kepada para pejuang bangsa.

Bupati Bintan Roby Kurniawan, Sekda Bintan Ronny Kartika dan Ketua PKK Bintan bersama veteran. F- suaraserumpun.com

Kunjungan legiun veteran ini diawali di Kampung Sungai Enam Darat, Bintan Timur. Bupati Bintan Roby Kurniawan menyebutkan, kunjungan ini juga sebagai bentuk penghormatan. Baginya anak cucu bangsa ini harus benar-benar memahami bagaimana pahit getirnya pengorbanan meraih kemerdekaan.

“Kita berkunjung hari ini bersama semua FKPD. Tentu sebagai bentuk penghormatan. Kita memberi penghormatan kepada mereka orang-orang tua kita yang pada masanya dahulu telah mencurahkan baktinya pada bangsa,” ungkap Roby Kurniawan, di kediaman veteran Lahusana di Kampung Sungai Enam Darat.

Bupati Bintan Roby Kurniawan bersilaturahmi dan menyantuni janda veteran, usai upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pulau Mantang. F- diskominfo bintan

Roby Kurniawan berharap kepada segenap komponen bangsa, khususnya generasi muda bisa mengenal sejarah. Dari situ lah akan dimulai semangat patriotisme untuk senantiasa mengabdikam diri pada negara.

“Atok sehat terus, doakan kami juga, doakan semuanya. Mohon petunjuk dan arahan kalau kami keliru atau khilaf dalam memajukan bangsa ini. Khususnya Kabupaten Bintan,” tutup Roby Kurniawan sambil memberikan paket santunan kepada legiun veteran.

Kapolres Bintan dan Kapolsek Bintan Timur turut mengunjungi legiun veteran bersama Bupati Bintan. F- diskominfo bintan

Selain di Kampung Sungai Enam Darat, Roby Kurniawan juga mengunjungi janda veteran di Kampung Keke, Bintan Timur. Dalam kegiatan tersebut, Bupati Bintan juga menyerahkan santunan. ***

Editor: Sigik RS
Foto: Diskominfo Bintan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *