banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Forkopimda serta Bupati Natuna melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Natuna, Kamis (17/8/2023) dini hari. F- diskominfo kepri

Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Natuna, Mengenang Jasa Pahlawan di Perbatasan NKRI

Komentar
X
Bagikan

Natuna, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad didampingi Bupati Natuna Wan Iswandi beserta jajaran Forkopimda Kepri dan Forkopimda Kabupaten Natuna, melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Natuna, Kamis (17/8/2023) pukul 00.00 WIB hingga dini hari. Apel dan renungan suci ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang berkorban di daerah perbatasa NKRI, Natuna.

Kaskogabwilhan I Mayjen TNI Rifky Nawawi SE SIP menjadi inspektur upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara berlangsung khidmat, dengan diawali penyalaan obor dan dilanjutkan penghormatan kepada arwah para pahlawan.

Baca Juga :  Kadisbudpar dan Genpi Bintan Diperiksa Polisi, Terkait Dua Korban di Ekang Mangrove Park

Kemudian, aprl dilanjutkan dengan pembacaan Teks Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang dibacakan oleh Mayjen TNI Rifky Nawawi. Dikesempatan tersebut dibacakan juga jumlah pahlawan yang dimakamkan di TMP Natuna tersebut yaitu TNI-POLRI 4 orang dan pahlawan tak dikenal 7 orang.

“Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian kehormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa, Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kematian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,” ucapan Rifky Nawawi saat membacakan Teks Kehormatan.

Baca Juga :  Pemkab Bintan Segera Bentuk Tim Pemulihan Ekonomi, Refocusing APBD 2021

Usai apel kehormatan dilaksanakan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengajak seluruh masyarakat untuk terus mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kesatuan NKRI, di daerah perbatasan Indonesia dengan negara asing.

“Peran para pahlawan terdahulu sangat besar adanya, dimana menjaga kesatuan RI di Pintu Perbatasan NKRI hingga jalan kematian yang mereka ambil demi persatuan negara kita saat ini, marilah bersama-sama kita mengingat jasa para pahlawan. Harapan kita pula generasi muda tidak menyia-nyiakan perjuangan tersebut dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya menjadi generasi yang membangun daerah nantinya,” ungkap Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Ini Edaran Terbaru Gubernur Kepri Soal PPKM dan Idul Adha

Turut hadir mengikuti apel kehormatan, Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Jumaga Nadeak, Sekdakab Natuna Boy Wijanarko, para Kepala OPD Provinsi Kepulauan Riau, Pimpinan Forkompinda Provinsi Kepri dan Kabupaten Natuna. Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian melaksanakan pelepasan malam taptu dan pawai obor di pantai Piwang Natuna. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *