banner 728x90
Zulkifli melaksanakan reses di Kecamatan Teluk Bintan, Teluk Sebong, Toapaya dan Gunung Kijang pada masa sidang II DPRD Bintan. F- humas dprd bintan

Reses Masa Sidang II DPRD Bintan, Warga Minta Bantuan Alat Tangkap Perikanan

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Anggota DPRD Kabupaten Bintan telah menyelesaikan kegiatan reses tahun anggaran 2023 masa sidang II, Kamis (20/7/2023) sampai dengan Selasa (25/7/2023). Saat reses Anggota DPRD Bintan pertengahan tahun 2023 ini, banyak warga berharap bantuan alat tangkap perikanan untuk meningkatkan taraf hidup nelayan.

Pimpinan dan anggota dewan turun ke daerah pemilihan masing-masing, untuk menjaring aspirasi serta menyosialisasikan program pembangunan daerah, pada reses tahun 2023 masa sidang II. Anggota DPRD Bintan dan pimpinan, bertatap muka dengan masyarakat.

Mirwan melaksanakan reses di Kecamatan Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam, pada masa sidang II DPRD Bintan. F- humas dprd bintan

Kegiatan reses merupakan amanah undang-undang bagi setiap anggota dewan untuk menyerap aspirasi masyarakat. Dalam kegiatan reses yang dilakukannya pada tanggal 20 sampai dengan 25 Juli 2023 pekan kemarin, banyak masukan dan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat.

Aspirasi masyarakat akan dibahas dan dihimpun dalam pokok-pokok pikiran dewan, untuk diperjuangkan kepada Pemkab Bintan. Sesuai dengan tupoksi anggota DPRD Bintan. Selain menjaring aspirasi, dalam kegiatan reses ini, dewan juga menyosialisasikan program pembangunan daerah.

Arwan melaksanakan reses di Kecamatan Bintan Pesisir dan Mantang, pada masa sidang II DPRD Bintan. F- humas dprd bintan

Reses tahun anggaran 2023 masa sidang II DPRD Kabupaten Bintan ini dilaksanakan di 4 daerah pemilihan (dapil) berbeda. Dapil 1 dilakukan oleh Daeng Muhammad Yatir, Fiven Sumanti, Sahak, Eddy Tiawarman, Siti Maryani, Suhardi SE, Zulkifli dan Suherianto. Wilayahnya meliputi Kecamatan Toapaya, Gunung Kijang, Teluk Bintan dan Kecamatan Teluk Sebong.

Sahak melaksanakan reses di Teluk Sebong dan Gunung Kijang pada masa sidang II DPRD Bintan. F- humas dprd bintan

Untuk Dapil 2 meliputi Kecamatan Bintan Pesisir, Mantang dan Tambelan. Untuk Dapil ini dilakukan 3 perwakilan anggota dewan. Yakni Arwan dan Muhammad Najib.

Baca Juga :  Ansar Ahmad Jadi Dosen Sehari di Unrika Batam

Di wilyah dapil 3 yaitu di Kecamatan Bintan Timur. Selain Hasriawady, reses juga dilakukan oleh Zulfaefi, Aisyah, Sri Wahyuni, M Toha, Yanti Maryanti dan Tarmizi.

Sri Wahyuni melaksanakan reses di Kecamatan Bintan Timur, pada masa sidang II DPRD Bintan. F- humas dprd bintan

Wilayah dapil 4 terdiri di Kecamatan Bintan Utara dan Kecamatan Seri Kuala Lobam. Di Dapil ini, reses dilaksanaka oleh Indra Setiawan, Bani Suparti, Zakirman, Mirwan, Suardi dan Eriyanti.

Zulkifli dari Fraksi Demokrat dari Dapil 4 mengungkapkan, masih banyak keluhan yang disampaikan warga saat menjalani reses tahun 2023 masa sidang kedua ini. Keluhan atau aspirasi yang urgence itu antara lain, masih banyak warga kurang mampu atau ekonomi lemah yang belum mendapat subsidi BPJS kesehatan.

Suardi melaksanakan reses di Kecamatan Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam, pada masa sidang II DPRD Bintan. F- humas dprd bintan

Kemudian, warga juga mengeluh dan mempertanyakan, mengapa Pemkab Bintan tidak boleh lagi menyalurkan bantuan alat tangkap berupa pompong dan kelong alat tangkap ikan. Sementara, di daerah lain masih memberikan bantuan alat tangkap bagi nelayan tersebut.

“Warga sangat berharap mendapat bantuan alat tangkap nelayan. Karena, nelayan adalah pekerjaan utama bagi masyarakat pesisir dan pulau,” sebut Zulkifli.

Suhardi SE melaksanakan reses di Kecamatan Teluk Bintan, Teluk Sebong, Toapaya dan Gunung Kijang pada masa sidang II DPRD Bintan. F- humas dprd bintan

Selain itu, warga juga berharap agar Pemkab Bintan menyediakan anggaran beasiswa untuk anak-anak Bintan yang melanjutkan kuliah. Hal ini, agar meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Bintan. Hal itu disampaikan warga, karena begitu sulitnya mendapatkan pekerjaan di masa sekarang.

Baca Juga :  Rahma: PNS Harus Mengerti Tugas dan Tanggung Jawab

Mirwan mengatakan, aspirasi yang disampaikan masyarakat itu antara lain, masih ada jalan yang perlu dilakukan semenisasi dan pemasangan paving blok. Permintaan ini untuk memperlancar akses transportasi ke perkampungan warga.

Suherianto melaksanakan reses di Kecamatan Teluk Bintan, Teluk Sebong, Toapaya dan Gunung Kijang pada masa sidang II DPRD Bintan. F- humas dprd bintan

Kemudian, beberapa sekolah mengharapkan dibangun pagar. Kemudian, lembaga pendidikan juga perlu penambahan Ruang Kelas Baru (RKB). Baik untuk TK maupun SD. Ada pula pengurus masjid yang meminta pembangunan gerbang masjid. Untuk petani, sebagian meminta bantuan pupuk dan alat pengolahan tanah berupa traktor. Untuk keperluan lain, ada yang meminta alat tangkap nelayan, lampu jalan, hingga fasilitas olahraga.

“Permintaan pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas umum, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat, masih menjadi permohonan masyarakat kita,” kata Mirwan.

Yanti Maryanti melaksanakan reses di Kecamatan Bintan Timur, pada masa sidang II DPRD Bintan. F- humas dprd bintan

Arwan alias Akim dari Dapil 2 mengatakan, cukup banyak aspirasi yang ditampung saat melaksanakan reses, pekan kemarin. Aspirasi yang dominan itu dari kelompok nelayan. Sebab, Dapil 2 merupakan daerah gugusan pulau di Bintan Pesisir, Mantang dan Tambelan. Nelayan berharap ada bantuan alat tangkap bagi nelayan tradisional untuk menunjang perekonomian nelayan.

Aspirasi itu seperti pelbagai perlengkapan alat tangkap ikan hingga mesin penggiling ikan bagi kelompok UMKM. Kemudian, nelayan juga mengusulkan penyediaan bibit ikan untuk budi daya keramba apung sampai dengan kapal motor atau pompong untuk nelayan. Selain itu, masyarakat juga meminta pembangunan lapangan voli, pembangunan pelabuhan rakyat (pelantar), paving blok jalan, mobil untuk yayasan sampai dengan bibit ayam kampung sebagai usaha sampingan masyarakat.

Zakirman melaksanakan reses di Kecamatan Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam, pada masa sidang II DPRD Bintan. F- humas dprd bintan

“Dan yang terbaru itu, warga minta pembangunan SPAM untuk pengolahan air bersih di Desa Dendun, Kecamatan Mantang. Begitu juga permintaan alat tangkap nelayan, hampir merata permintaannya itu di Bintan Pesisir dan Mantang. Kemudian, warga minta dibangun lapangan futsal di Desa Mapur, serta rehab masjid,” tambah Arwan.

Baca Juga :  Serba-serbi di Muda Fest 2023, Ada Batik Motif Rangak dan Dugong Bintan

Riang Anggraini selaku Sekwan Bintan menerangkan, kegiatan reses tahun anggaran 2023 masa sidang II DPRD Bintan, dilaksanakan pimpinan dan Anggota DPRD Bintan, sejak tanggal 20 sampai dengan 25 Juli 2023.

Zulfaefi melaksanakan reses di Kecamatan Bintan Timur, pada masa sidang II DPRD Bintan. F- humas dprd bintan

Bagi setiap Anggota DPRD, menyerap aspirasi atau reses ke masyarakat, merupakan amanah yang dituangkan dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Reses juga menjadi agenda rutin bagi para anggota dewan untuk bertemu konstituen dan mendengarkan aspirasi masyarakat dan ditindaklanjuti dalam pembangunan daerah.

“Semua hasil penjaringan aspirasi itu, kita tuangkan dalam pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Bintan,” jelas Riang Anggraini. (yen)

Editor: Sigik RS
Foto: Humas DPRD Bintan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *