banner 728x90
Hj Dewi Kumalasari Ketua TP-PKK Kepri menyerahkan KTP-el kepada pelajar SMA Negeri 1 Toapaya, Bintan, Senin (7/8/2023). F- diskominfo

Hj Dewi Kumalasari Menyerahkan KTP-El untuk Pelajar SMA Negeri 1 Toapaya, Ini Manfaatnya

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj Dewi Kumalasari menyerahkan secara simbolis KTP elektronik (KTP-el) untuk pelajar SMA Negeri 1 Toapaya, Kabupaten Bintan, Senin (7/8/2023). Penyerahan KTP-el bagi pelajar SMA yang sudah memiliki hak pilih ini, dilakukan di sela kegiatan fasilitasi Update Data Kependudukan dan Penyerahan KTP-el bagi pemula, atau pelajar SMA yang menginjak usia 17 tahun.

Penyerahan KTP elektronik bagi pelajar SMA ini merupakan kolaborasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kependudukan Pencatatan Sipil (PMDDukcapil) Provinsi Kepri, bersama program inovasi Perekaman Pemilih Pemula Bintan (Pemilah Intan) Disdukcapil Kabupaten Bintan.

Sebanyak 46 KTP-el diserahkan langsung oleh Hj Dewi Kumalasari kepada pelajar SMA Negeri 1 Toapaya yang telah menginjak usia 17 tahun. KTP-el ini telah dicetak dari hasil perekaman yang telah dilakukan sebelumnya, dalam acara Pelayanan Terpadu Perekaman KTP-el di SMA Negeri 1 Toapaya.

Baca Juga :  Komitmen Kesetaraan Gender, Polwan Dapat Bintang Dua hingga Jabat Kapolres Bukittinggi

Hj Dewi Kumalasari menyampaikan, penyerahan KTP-el ini adalah sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat yang telah memasuki usia 17 tahun. Sesuai dengan amanat undang-undang nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan dan peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 8 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 9 tahun 2011 tentang pedoman penerbitan kartu tanda penduduk berbasis nomor induk kependudukan secara nasional.

“Untuk itu, saya harapkan kepada seluruh pelajar SMA Negeri 1 Toapaya yang akan mendapatkan KTP-el pada hari ini, dapat menjaga dengan baik dokumen negara tersebut dan mempergunakannya sesuai kebutuhan,” kata Dewi Kumalasari.

Baca Juga :  Hafizha Rahmadhani Takjub Mendengarkan Murid SD Mendongeng Asal Muasal Makyong

Dewi Kumalasari Ansar mengatakan, memiliki data kependudukan ter-update sangat diperlukan, terlebih data kependudukan ini banyak manfaat atau gunanya. Seperti bisa dimanfaatkan pada pelayanan kesehatan di rumah sakit, pengurusan bantuan sosial, sebagai pemilih dalam Pemilu, pelayanan perbankan dan lain-lain.

“Sehingga masyarakat sangat disarankan untuk melakukan update data agar data yang disajikan merupakan data yang akurat saat pelayanan dan merupakan data terbaru yang dimiliki masyarakat tersebut,” ujarnya.

Hj Dewi Kumalasari menambahkan, pemberian dokumen administrasi kependudukan berupa KTP-el secara simbolis kepada siswa-siswi pemilih pemula ini juga merupakan bentuk kewajiban dan tanggung jawab dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Dalam menyelenggarakan urusan administrasi kependudukan yang tertib dalam rangka pelayanan publik dan pembangunan sektor lainnya.

Baca Juga :  Begini Sosok Irjen Pol Rudi Pranoto di Mata Ansar Ahmad

“Saya mengharapkan dengan kegiatan pelayanan terpadu perekaman KTP-El bagi pemula dapat meningkatkan kesadaran pentingnya administrasi kependudukan bagi masyarakat Kepri, khususnya bagi siswa-siswi sehingga untuk kedepan dapat tertib administrasi kependudukan,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kadisdukcapil Kepri Misbardi, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Toapaya, para guru SMA N 1 Toapaya dan Siswa/siswi SMA N 1 Toapaya. Serta Ketua DWP Bintan Elysa Riani.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan Rusli ST mengatakan, KTP-el yang diserahkan merupakan hasil perekaman. Dari 153 siswa yang telah mendaftar, sebanyak 90 siswa yang telah selesai melakukan perekaman.

“Yang diserahkan dan berhasil kita cetak saat ini berjumlah 46 siswa. Sedangkan 44 siswa lainnya tercatat belum berusia 17 tahun,” sebut Rusli. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *