banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri dengan wajah memerah menangis, ketika melihat keluarga Yusri Pak RT di Desa Sawang Selatan, dengan kondisi toilet lebih megah dibandingkan rumahnya. Cen Sui Lan pun memberikan program bedah rumah untuk Yusri. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cerita di Balik Kunker, Cen Sui Lan Menangis Melihat Toilet Lebih Megah Dibandingkan Rumah Pak RT

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – Rabu (26/8/2023) sampai dengan Sabtu (29/7/2023) pekan kemarin, Cen Sui Lan Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) melaksanakan kunjungan kerja (kunker) reses ke Kabupaten Karimun. Dari kunker tersebut, Cen Sui Lan punya cerita pilu. Cen Sui Lan menangis tatkala melihat toilet yang dibangun dari dana aspirasinya, lebih megah dibandingkan rumah Pak RT.

Aisyah, begitu lah panggilan akrab Cen Sui Lan si wakil rakyat Kepri, yang duduk di kursi legislatif Senayan, Jakarta. Cen Sui Lan disambut gembira oleh masyarakat dan pejabat, setiap singgah di daerah tujuan kunkernya di wilayah Kabupaten Karimun. Tak terkecuali bagi Aunur Rafiq Bupati Karimun.

Cen Sui Lan begitu banyak memberikan program kegiatan untuk masyarakat Karimun. Tak cuma pembangunan infrastruktur jalan. Cen Sui Lan juga mengalokasikan dana miliran rupiah, untuk revitalisasi gedung sekolah. Di sela kunker reses tersebut, Cen Sui Lan turut meresmikan beberapa kegiatan pembangunan dari dana aspirasinya tahun anggaran 2022 lalu.

Harapan baru pun diberikan Cen Sui Lan untuk masyarakat Karimun. Baik kegiatan yang direalisasikan pada tahun anggaran 2023 ini, maupun diwujudkan pada tahun 2024 mendatang. Ada juga kegiatan multi years yang sedangkan dikerjakan pada tahun anggaran 2023 ini, dan diselesaikan pada tahun anggaran 2024 mendatang.

Baca Juga :  Kelurahan Batu IX Tanjungpinang Jadi Pilot Project Kampung Germas di Kepri

Seperti revitalisasi gedung dan sarana prasarana SD Negeri 003 Desa Sawang Selatan di Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun. Kegiatan revitalisasi SDN 003 Sawang Selatan ini sedang dikerjakan pada tahun anggaran 2023 ini. Kegiatan pun dituntaskan tahun 2024 nanti. Total anggarannya mencapai Rp5 miliar. Wow!

Di sela mengunjungi SDN 003 Sawang Selatan, Sabtu (29/7/2023) lalu, Cen Sui Lan juga menyempatkan diri melihat langsung realisasi program pembangunan sanitasi desa, atau Sandes. Program pembangunan sanitasi desa ini berupa pembangunan toilet dari kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakat, atau disingkat dengan IBM. Ada 23 unit toilet yang sudah selesai dibangun di Desa Sawang Selatan ini.

Program Sandes (Sanitasi Desa) berupa pengadaan toilet bagi rumah warga yang membutuhkan di Desa Sawang Selatan. Pada tahun anggaran 2023 dibangun sebanyak 23 unit bagi keluarga yang membutuhkan. Pengadaan sarana toilet itu berasal dari dana aspirasi Cen Sui Lan.

Sabtu (29/7/2023) siang itu, Cen Sui Lan meninjau toilet dari program Sandes, yang diberikan kepada Yusri, yaitu Ketua RT setempat. Cen Sui Lan begitu prihatin dan sedih hingga meneteskan air mata, saat meninjau sarana toilet yang diberikan kepada Yusri si Pak RT.

Baca Juga :  Warga Terdampak PPKM Darurat Bakal Dapat Beras dari Pemprov Kepri

Cen Sui Lan merasa pilu saat itu, bukan karena kegiatan pembangunan toilet untuk Pak RT tersebut tak selesai, atau tidak sesuai dengan bestek. Tapi, hasil pembangunan toilet itu begitu kontras dan mencolok, jika dibandingkan dengan kondisi rumah kediaman Yusri si Pak RT.

Toilet atau sarana sanitasi desa yang dibangun untuk Yusri begitu megah, dengan bangunan permanen dan dicat menarik. Lengkap, tanpa ada kekurangan. Sementara, rumah kediaman Yusri si Pak RT hanya beratapkan daun rumbia yang sudah kering akibat ‘dimakan waktu’. Begitu juga dengan dinding rumah yang dihuni Yusri, dibangun dengan papan yang sudah dimakan usia. Lantainya, ada beberapa bagian yang masih beralas tanah.

Cen Sui Lan tak kuasa menahan air matanya yang menitik ke pipi. Cen Sui Lan menangis melihat toilet lebih megah dibandingkan rumah Pak RT tersebut. Seketika itu juga, secara spontan Cen Sui Lan menyatakan kepada Yusri si Pak RT, tahun 2023 ini juga, rumahnya mendapatkan program bedah rumah.

“Pokoknya tahun (2023) ini, langsung dikerjakan. Dan akhir tahun, Pak Yusri sudah mempunyai rumah baru,” ucap Cen Sui Lan sambil menepuk bahu Yusri si Pak RT yang didampingi istri dan anaknya yang masih kecil tersebut.

Baca Juga :  Perangkat Daerah Belum Siap, HIPKI Minta Pusat Tak Menolak Layanan Perizinan

Usai menyatakan hal itu, Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri ini sempat tertegun sejenak, karena belum mampu menghentikan air matanya, tatkala melihat keadaan keluarga Yusri Pak RT di salah satu Desa Sawang Selatan tersebut.

“Pak Yusri, saya berikan dan bantu untuk segera rumahnya dibedah. Insya Allah, akhir tahun ini Pak Yusri akan mendapatkan rumah baru, ya,” kata Cen Sui Lan lagi kepada Yusri dan keluarga di depan Suyatno Kades Sawang Selatan, dan Fasri Bachmid Kepala BP2W Kepri yang turut melihat langsung kondisi rumah Yusri Pak RT tersebut.

Cen Sui Lan, Fasri Bachmid, Suyatno Kades Sawang Selatan dan Dian Sitompul PPK Sanitasi BP2W Kepri bersama Yusri Ketua RT di Desa Sawang Selatan, dengan latar belakang toilet megah dibandingkan rumah Pak RT, pada saat kunker di Karimun, pekan kemarin. F- nurul atia/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan begitu kagum dengan kepribadian Yusri si Pak RT. Meski toilet lebih megah dibandingkan rumah kediamannya, Yusri bersama istri dan anaknya tetap tersenyum dalam menjalani kehidupan. Kini, Yusri si Pak RT merasa bersyukur. Dengan uluran tangan Cen Sui Lan, rumahnya bakal mendapat program bedah rumah.

“Pejabat pemerintah di tingkat paling bawah seperti Pak Yusri si Pak RT ini, yang patut kita bantu,” tutup Cen Sui Lan saat memberikan keterangan kepada suaraserumpun.com. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *