banner 728x90
Ansar Ahmad Gubernur Kepri menyambut kedatangan Dubes UEA YM Abdulla Salem di Bandara RHF Tanjungpinang, Rabu (2/8/2023). F- diskominfo kepri

Ansar Ahmad Mempromosikan Potensi Investasi Kemaritiman Kepri kepada Dubes UEA YM Abdulla Salem

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Ansar Ahmad Gubernur Kepulauan Riau mempromosikan potensi investasi kemaritiman kepada YM Abdulla Salem Duta Besar (Dubes) Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia dan ASEAN. Potensi investasi di Kepri itu disampaikan Ansar Ahmad Gubernur Kepri ketika menjamu kedatangan Duta Besar (Dubes) Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia dan ASEAN YM Abdulla Salem Obaid Al Dhaheri di Gedung Daerah Tanjungpinang, Rabu (2/8/2023).

Kunjungan Dubes UEA ini merupakan kunjungan balasan. Karena sebelumnya Gubernur Kepri H Ansar Ahmad terlebih dahulu berkunjung ke kantor Kedubes UEA tersebut di Jakarta. Hadir bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat menyambut YM Abdulla Salem, yakni Anggota Dewan Pertimbangan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Laksamana TNI (Purn) Marsetio, Rektor UMRAH Agung Dhamar Syakti, Chief Aisa Editor At Global FDI Lucius Daniel, dan Head of Economic Meera Eid Al Azeezi.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat ini Gubernur Kepri Ansar memaparkan berbagai potensi investasi kemaritiman dan ekonomi di Provinsi Kepri. Kehadiran YM Abdulla Salem diharapkan dapat membuka peluang investasi dari pengusaha dan investor UEA.

Baca Juga :  Anggota Fraksi PKS DPRD Bintan Walk Out, Kapolres Bintan Langsung Sigap

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menjelaskan, Provinsi Kepri adalah daerah yang sangat cocok untuk penanaman modal dan investasi. Letak Provinsi Kepri yang ada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I dan tepat berada di Selat Malaka membuat Kepri menjadi tempat berlalu lalang kapal dari seluruh dunia.

“Kepri ini adalah terasnya Indonesia, kita tepat ada di choke point Selat Malaka dari empat choke point di dunia. Jadi setiap tahun ada ribuan kapal yang lewat di Kepri,” jelas Ansar Ahmad.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyatakan, investasi di Kepri sangat mendukung bagi investor. Karena Kepri memiliki empat kawasan Free Trade Zone (FTZ) di tiga pulau berbeda yaitu Batam, Bintan, dan Karimun.

Baca Juga :  Saksikan Betumbuk MMA dan Kick Boxing Berhadiah

Tidak hanya itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mempromosikan investasi di Kepri yang kondusif, sudah dibuktikan dengan adanya tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kepri. Tiga KEK tersebut adalah KEK Galang Batang, KEK Batam Aerotechnic, dan KEK Nongsa.

“Sekarang ketiga KEK tersebut sudah meningkat pesat dan memberikan return investasi yang baik, kami dari pemerintah daerah juga membuka pintu lebar untuk investor UEA menanam modal di Kepri,” ujar Gubernur Kepri.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengungkapkan, tanggal 21-22 September mendatang YM Abdulla Salem akan membawa rombongan besar pengusaha dan investor UEA datang ke Indonesia. Ansar Ahmad pun optimis, Kepulauan Riau menjadi salah satu prioritas utama untuk investasi bagi UEA.

YM Abdulla Salem mengatakan, kerja sama antara Indonesia dan UEA yang berjalan begitu baik adalah hasil dari hangatnya hubungan antara Presiden RI Joko Widodo dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed (MBZ) Al Nahyan.

Baca Juga :  Plt Bupati Bintan Bahas 'Ilmu Nekat' Saat Bersilaturahmi dengan PCNU

“Di bawah pimpinan Presiden Jokowi dan Yang Mulia MBZ, terbangun hubungan bilateral yang harmonis antara Indonesia dengan UEA,” kata Abdulla Salem.

Abdulla Salem melanjutkan, kerja sama yang dilakukan UEA untuk Indonesia berfokus pada kebermanfaatan nilai yang dapat dirasakan oleh masyarakat dan juga untuk pelestarian lingkungan.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Dubes UEA YM Abdulla Salem saling berbagi cendera mata. F- diskominfo kepri

“Kami berkomitmen menciptakan perubahan kualitatif dalam kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi, yang berkontribusi bagi pencapaian kemakmuran dan pembangunan bagi rakyat. Inilah yang selalu dicita-citakan oleh pemimpin UEA yang bijaksana,” katanya.

Di akhir jamuan, Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan YM Abdulla Salem saling bertukar cendera mata. Gubernur Kepri Ansar Ahmad memberikan tenun motif Bunga Kundur Berantai dan Suriati Sisik Ikan. Sementara Abdulla Salem memberikan kurma khusus untuk Gubernur Kepri Ansar Ahmad. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *