banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan mempresentasikan konsep Kampung Keren kepada panelis KIPP KemenPAN-RB melalui zoom meeting, belum lama ini. F- dok/suaraserumpun.com

Kampung Keren Bintan Masuk Finalis Top 45 KIPP Terpuji

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pengelolaan Kampung Kerupuk Modern atau yang lebih dikenal dengan Kampung Keren di Kabupaten Bintan, masuk sebagai finalis Top 45 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Terpuji. Kegiatan ini dilakasanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

Dari 3.110 proposal inovasi Kabupaten/Kota se Indonesia, Bintan yang sebelumnya masuk sebagai Top 99, kini dinyatakan sebagai finalis Top 45. Bintan menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Kepri yang masuk pada Top 45 KIPP Terpuji tersebut.

Baca Juga :  Satreskrim Polres Karimun Antisipasi Judi Jenis Sie Jie dan Jenis Lainnya

Pada KIPP Terpuji tahun 2023 ini, Pemkab Bintan menampilkan inovasi dalam wujud pengelolaan sentra Kampung Kerupuk Modern (Kampung Keren) yang berlokasi di Kelurahan Sungai Lekop Kecamatan Bintan Timur. Gagasan Kampung Keren ini di bawah binaan Bupati Bintan Roby Kurniawan benar-benar menjadi nafas baru bagi industeri rumahan yang mengolah kerupuk dari bahan ikan.

“Semua berangkat dari kondisi geografis Bintan yang berlimpah hasil laut, dipadu dengan semangat potensi kerupuk ikan yang diolah IKM. Bahan bakunya banyak. IKM pun banyak. Ini yang kemudian kita benah baik secara produksi, kualitas, daya saing hingga pemasaran,” kata Roby Kurniawan saat mengawali presentasi via zoom meeting, belum lama ini.

Baca Juga :  Tito Karnavian Mengapresiasi Upaya Hj Rahma dalam Pengendalian Inflasi di Tanjungpinang

Bupati Bintan Roby Kurniawan merasa bangga. Karena jerih payah para IKM Kerupuk di Kampung Keren saat ini semakin dikenal. Optimismenya pun semakin besar melihat peluang dalam pengembangan sentra ini.

“Ini bonus untuk semuanya sekaligus bukti bahwa sentra kerupuk kita mengandung inovasi yang positif. Kita jaga tradisi inovatif 2 tahun berturut-turut KIPP. Bahkan IGA 3 tahun berturut-turut, walau pun saat ini masih penilaian” ujar Roby Kurniawan, Senin (31/7/2023). (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *