banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad meluncurkan BLUD SMK se-Kepri di Batam, Rabu (19/7/2023). F- diskominfo kepri

Gubernur Kepri Meluncurkan BLUD SMK Se-Kepri, Ini Fungsinya

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad meluncurkan Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) bagi SMK se-Provinsi Kepri. Peluncuran tersebut dilakukan di Restoran Golden Prawn Bengkong Kota Batam, Rabu (19/7/2023). Berikut fungsi BLUD se-Kepri tersebut.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan, peluncuran BLUD bagi SMK di Kepri merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah. BLUD adalah sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis dinas atau badan daerah dalam memberikan pelayanan yang lebih fleksibel kepada masyarakat terkait pengelolaan keuangan.

Baca Juga :  Kisah Residivis Jadi Pemulung, Setelah Ditinggal Anak Istri, Ditangkap Polisi Lagi

Pemerintah Provinsi Kepri mengeluarkan Keputusan Gubernur Kepri Nomor 1354 Tahun 2021 sebagai tindak lanjut dari kebijakan BLUD di Provinsi Kepri. Gubernur Ansar menjelaskan bahwa penganggaran keuangan negara saat ini harus dilakukan dengan pendekatan berbasis kinerja, sehingga penggunaan dana pemerintah akan lebih berorientasi pada output dan outcome. Peluncuran BLUD dilakukan secara bertahap, dimulai dari Kota Batam dan Kota Tanjungpinang, dan akan diterapkan di seluruh sekolah di wilayah Provinsi Kepri.

“Dengan menjadi BLUD, pengembangan sekolah dapat dilakukan dengan lebih cepat dan administrasi menjadi lebih mudah. Sekolah juga memiliki kesempatan untuk mencari pendapatan sendiri melalui teaching factory, sinergi dengan industri, dan pengelolaan fasilitas sekolah seperti aula dan kantin,” kata Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Menyosialisasikan Pembangunan 8 Ruas Jalan di Tanjungpinang Senilai RP60 Miliar

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Andi Agung menjelaskan, penerapan BLUD berfungsi akan meningkatkan mutu SMK terutama dalam pelayanan kepada masyarakat. Dinas Pendidikan Provinsi Kepri mendorong SMK yang telah memenuhi standar teknis dan substantif untuk berubah menjadi BLUD.

“Saat ini, sudah ada 5 SMK di Kepri yang menjadi BLUD, yaitu SMKN 1, SMKN 2, SMKN 6 Batam, SMKN 1, dan SMKN 2 Tanjungpinang,” kata Andi Agung.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar, memberikan apresiasi terhadap peluncuran BLUD bagi SMK se-Kepri. Dewi Kumalasari menekankan pentingnya peningkatan mutu SMK melalui BLUD dan berharap siswa SMK terus meningkatkan kualitas dan kemampuan mereka dengan dukungan penuh dari sekolah.

Baca Juga :  Bintan Ngebet Jadi Tuan Rumah Porprov 2022, Roby Kurniawan: Inventarisasi Venue Kita

Selain peluncuran BLUD, acara tersebut juga dihadiri oleh serah terima piagam kepada sekolah yang telah menjadi BLUD, penampilan tari kreasi, dan pemberian hadiah kepada 60 siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar dari Gubernur Kepri Ansar Ahmad. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *