banner 728x90
Hj Dewi Kumalasari Ketua LKKS Kepri memberikan bantuan makanan sehat dan sembako kepada lansia di Puskesmas Sungai Lekop Bintan Timur, pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2023, Sabtu (8/7/2023). F- diskominfo kepri

Dewi Kumalasari Sehari Bersama Lansia, Olahraga dan Berbagi 150 Paket Sembako

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepulauan Riau Hj Dewi Kumalasari mengadakan kegiatan sehari bersama para lansia di Puskesmas Sungai Lekop Bintan Timur, Sabtu (8/7/2023). Kegiatan ini digelar untuk memperingatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 tingkat Kabupaten Bintan.

Sehari kegiatan Dewi Kumalasari bersama lansia ini dikemas dalam bentuk ceria dan olahraga bersama hingga berbagi 150 paket sembako dan makanan tambahan sehat bagi lansia.

Dewi Kumalasari menyampaikan, peringatan Hari Lanjut Usia pada hakikatnya merupakan momentum bagi semua pihak untuk senantiasa memperhatikan keberadaan para lansia. Baik terkait kehidupan sehari-harinya, kondisi kesehatannya, kesejahteraannya, maupun kebutuhan psikologisnya.

“Untuk mencapai hal-hal tersebut, diperlukan upaya sinergis dan strategis melalui program-program yang pro-lansia dalam rangka memberdayakan lansia. Agar lebih sehat, produktif, kreatif, mandiri, dan sejahtera di Provinsi Kepulauan Riau,” kata Dewi Kumalasari.

Baca Juga :  BPBD Bintan Menyalurkan Bantuan Sembako untuk Ratusan Warga Terdampak Banjir, Anton: Waduk Retensi Berfungsi

Dewi Kumalasari menjelaskan, kegiatan Hari Lansia Usia Nasional tahun 2023 ini sangat penting bagi para lansia. Karena para lansia merasa dipedulikan baik oleh keluarga maupun oleh masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan suatu upaya guna meningkatkan kesehatan para lansia. Sehingga para lansia dapat menjadi lansia yang SMART. Yaitu Sehat, Mandiri, Aktif, dan Produktif,” ujarnya.

Menurut Dewi Kumalasari Ansar, para lansia merupakan potensi bangsa yang memiliki banyak pengalaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga mereka memiliki hak yang sama dengan warga negara lainnya.

“Saya mengharapkan generasi milenial saat ini banyak belajar dan bertukar pikiran dengan para lansia terdekatnya. Sehingga gagasan, pemikiran, dan saran yang diberikan oleh para lansia dapat digunakan dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat yang baik,” jelasnya.

Sedangkan upaya perlindungan dan pemenuhan hak kaum lansia, tambah Dewi Kumalasari, harus berkelanjutan dan mendapatkan perhatian dari seluruh lapisan masyarakat. Sangat ironis jika gerakan menyejahterakan para lansia hanya bersifat kontemporer dan seremonial.

Baca Juga :  Tahun 2023, Stunting di Bintan Turun 3 Kasus

“Saya berharap agar berbagai kegiatan yang dilakukan baik sebelum maupun sesudah kegiatan hari ini dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan sosial dan kesehatan para lansia. Termasuk juga meningkatkan kesejahteraan psikologis para lansia sehingga mereka dapat menghadapi masa tua dengan percaya diri,” harapnya.

Dewi Kumalasari sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder. Karena selama ini telah melaksanakan upaya konkret dalam memberdayakan lansia di bidang kesehatan. Baik melalui posyandu lansia, kegiatan olahraga lansia, maupun program-program pemeriksaan kesehatan bagi para lansia.

“Sehubungan dengan hal tersebut, saya berharap agar program-program yang pro-lansia dalam pemberdayaan kesehatan dan kesejahteraan para lansia di Kepulauan Riau dapat lebih dioptimalkan dan ditingkatkan kualitasnya. Jika hal tersebut dapat tercapai, saya yakin Provinsi Kepulauan Riau dapat menjadi provinsi yang ramah dan peduli terhadap para lansia,” tutup Hj Dewi Kumalasari.

Baca Juga :  PWI Tanjungpinang Menggelar Lomba Stand Up Comedy, Berikut Syarat Pendaftarannya

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan 150 paket bingkisan kepada para lansia oleh Dinas Sosial Kepulauan Riau, LKKS Kepulauan Riau, dan Dinas Kesehatan Kepulauan Riau. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para lansia oleh Dinas Kesehatan Kepulauan Riau.

Turut hadir dalam kegiatan ini, pengurus LKKS Kepulauan Riau, pengurus LKKS Bintan, perwakilan Kepala Dinas Sosial Kepulauan Riau, perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau, pengurus Tagana Kepulauan Riau, Kepala Puskesmas Sungai Lekop, Camat Bintan Timur Anton Hatta Wijaya, Kapolsek Bintan Timur AKP Rugianto, Lurah Gunung Lengkuas, Lurah Sungai Lekop, dan sejumlah lansia penghuni Rumah Bahagia Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *