banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) mendesak Dirjen Hubdat untuk merealisasikan pengadaan kapal roro mini untuk Lingga pada tahun 2024, pada saat RDP Komisi V DPR RI dengan Dirjen Hubdat Kemenhub RI, Kamis (5/7/2023). F- dok/suaraserumpun.com

Cen Sui Lan Mendesak Dirjen Hubdat Merealisasikan Pengadaan Kapal Roro Mini untuk Lingga pada Tahun 2024

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) mendesak Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub RI Komjen Hendro Sugiatno merealisasikan pengadaan kapal roll on roll off (Roro) mini untuk Kabupaten Lingga, pada tahun anggaran 2024. Kapal Roro mini untuk Kabupaten Lingga ini, sangat diperlukan untuk angkutan anak-anak sekolah dan masyarakat di Senayang, Kabupaten Lingga.

Cen Sui Lan meminta secara khusus pengadaan kapal Roro mini ini kepada Dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub RI Komjen Hendro Sugiatno, pada saat RDP Komisi V DPR RI, Rabu (5/7/2023).

“Kemarin (baru-baru ini), sudah saya sampaikan waktu Raker dengan Pak Menteri Perhubungan RI, mengenai pengadaan kapal roro mini di Kabupaten Lingga ini,” kata Cen Sui Lan, pada saat RDP tersebut.

Baca Juga :  KDRT, Awal Kisah Pengajuan Perceraian Antara Brad Fitt dan Angelina Jolie

Cen Sui Lan menjelaskan, kapal Roro mini ini untuk angkutan anak-anak sekolah dan masyarakat di Senayang, Kabupaten Lingga. Karena, di antara pulau gugusan Senayang di Kabupaten Lingga, anak-anak sekolah dan masyarakat sangat memerlukan transportasi laut.

“Kapal Roro mini hanya untuk mengangkut manusia dan logistik atau bahan pokok. Jadi, tak perlu untuk kapal roro yang besar untuk angkutan mobil,” ujar Cen Sui Lan.

Menurut Cen Sui Lan, jika mengharapkan dari pemerintah daerah, sangat memberatkan. Jadi, pengadaan kapal Roro ini mesti dialokasikan dari dana APBN.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Mengajak PSMTI Lingga Merawat Persatuan Sesama Anak Bangsa Demi Indonesia Maju

“Kapal Roro ini untuk sarana transportasi pada saat masyarakat pergi bekerja dan untuk kegiatan anak-anak sekolah. Tolong diprioritaskan kegiatan ini di tahun anggaran 2024 dari Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub RI,” tambah Cen Sui Lan.

Sebelumnya, Cen Sui Lan meminta penyediaan kapal roro mini di Lingga, hingga pembangunan dermaga di kabupaten/kota se-Provinsi Kepri. Permintaan tersebut disampaikan Cen Sui Lan kepada Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, pada saat menggelar rapat kerja dengan kementerian mitra Komisi V DPR RI, Selasa (6/6/2023)

Dalam kesempatan tersebut, Cen Sui Lan menerangkan tentang kegiatan reses ke Kabupaten Lingga, Mei 2023 lalu, kepada Menhub RI. Saat dirinya reses ke Lingga, harus naik pompong untuk mengunjungi desa-desa. Naik pompong antarpulau itu sudah biasa dilakukan masyarakat Lingga. Termasuk bagi anak-anak pergi sekolah, harus pakai pompong itu, meski cuaca hujam.

Baca Juga :  Teksas Cup Ke-VIII, Bupati Bintan: Tarkam Terasa Pro Liga

“Jadi, kalau bicara pemerataan, kami di Kepri sangat tidak mendapat pemerataan. Pak Menteri, saya mohon disediakan roro mini untuk di Lingga. Roro mini itu untuk anak sekolah dan masyarakat, yang bisa menampung manusia dan logistik dalam skala kecil,” pinta Cen Sui Lan kepada Menteri Perhubungan RI. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *