banner 728x90
Skuat Manchester City merayakan kemenangan setelah tampil sebagai winner Liga Champions 2022-2023 di Istanbul, Turki, Minggu (11/6/2023) dini hari WIB. f- mancity

Manchester City Winner Liga Champions, Pep Guardiola Ukir Sejarah, Erling Haaland Top Skor

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Manchester City menjadi winner Liga Champions (Champions League UEFA) 2022-2023. Pelatih Pep Guardiola ukir sejarah. Striker anyar Manchester City Erling Haaland menjadi top skor di Liga Champions musim ini.

Pelatih Pep Guardiola mengukir sejarah usai memimpin Manchester City memenangi treble di 2022/2023. Guardiola melakukan pencapaian yang belum bisa dilakukan siapa pun. Gelar juara Liga Champions memastikan Man City sebagai treble winners di musim ini.

The Citizens menjadi winner (juara/kampiun) setelah mengalahkan Inter Milan dengan skor 1-0, lewat gol sematang wayang Rodrigo Hernandez Cascante (Rodri) pada menit ke-68, pada final di Stadion Ataturk, Istanbul, Minggu (11/6/2023) dini hari WIB.

Sebelumnya Manchester City lebih dulu memenangi titel Premier League dengan keunggulan lima poin dari rival terdekatnya, Arsenal, lalu mengalahkan rival sekotanya Manchester United 2-1 untuk merebut trofi Piala FA.

Dengan treble ini, Manchester City hanya menjadi klub kedelapan yang sukses merajai tiga kompetisi utama dalam semusim. Torehan treble Manchester City terasa semakin manis bagi Guardiola. Manajer Spanyol ini berarti sudah memenangi treble kedua di dalam kariernya.

Baca Juga :  Polisi 'Merazia' Ibu Pembuang Bayi Berbekal Kardus dan Sebotol Susu

Namun, yang membuat Pep Guardiola istimewa adalah dia menjadi manajer pertama yang meraih treble bersama dua klub yang berbeda. Pada kesempatan pertama Guardiola memenangi treble bersama tim super Barcelona di 2008/2009.

Pep Guardiola mencium trofi Liga Champions 2022-2023 bersama Manchester City. F- mancity

Sementara itu sukses Manchester City juara Liga Champions 2022/2023 turut mengakhiri penantian panjang Guardiola dalam memenangi kompetisi prestisius itu. Sebelum ini medali juara Liga Champions didapat Guardiola pada 12 tahun silam ketika Barca menjadi juara di 2010/2011.

Dengan tiga titel juara Liga Champions maka Pep Guardiola sejajar dengan Zinedine Zidane, dan Bob Paisley. Guardiola hanya kalah dari Carlo Ancelotti, yang menjadi manajer tersukses di kompetisi usai empat kali juara.

Erling Haaland
Erling Haaland semakin mengilapkan musim debutnya di Manchester City. Haaland menyabet gelar top skor Liga Champions untuk kedua kali di dalam kariernya.

Baca Juga :  Pemkab Bintan Akan Beri Insentif dan Kemudahan buat Investasi

Manchester City baru saja memastikan diri sebagai juara Liga Champions lewat kemenangan 1-0 atas Inter Milan pada final di Istanbul, Minggu (11/6) dinihari WIB. Di pertandingan itu Haaland tidak mencetak gol, melainkan Rodri yang menjadi penentu dengan golnya di babak kedua.

Meski demikian, Haaland tetap berhak atas gelar top skor setelah mengemas 12 gol untuk Manchester City dalam 11 penampilan. Haaland unggul jauh dari rival terdekatnya, Mohamed Salah (Liverpool) yang mencetak delapan gol tapi sudah tersingkir di babak 16 besar.

Erling Haaland striker Manchester City sebagai pencetak gol terbanyak (top skor) di Liga Champions 2022-2023. f- mancity

Bomber muda Norwegia itu menjadi top skor Liga Champions lagi setelah yang pertama pada 2020/2021. Ketika itu Erling Haaland mencetak 10 gol untuk Borussia Dortmund meski hanya sampai perempatfinal.

Haaland secara keseluruhan telah membukukan 52 gol dalam 53 penampilan untuk Manchester City sejak dibeli dari Dortmund pada musim panas lalu. Pemain berusia 22 tahun ini menjadi salah satu pemain terpenting Manchester City dalam memenangi treble di musim ini.

Baca Juga :  Selain Maizir Riyondra, Raudani Fitra Atlet Riau Asal Kuansing Menyumbang 2 Perak di PON 2021

“Ini luar biasa. Di dalam mimpi terliarku sekali pun, terus terang, aku tidak akan pernah memikirkan hal ini sebagai diriku yang berusia 22 tahun,” cetus Haaland di laman resmi klub.

“Namun, itu menunjukkan bahwa ini memungkinkan untuk seseorang dari sebuah kota kecil di Norwegia. Ini juga memberikan, kurasa, motivasi untuk anak-anak muda yang berada dalam situasi yang sama denganku yang menyukai bermain sepakbola di dalam gedung di kampung halamanku.”

Rodri mencetak gol kemenangan Manchester City ke gawang Inter Milan pada final Liga Champions 2022-2023 di Istanbul, Turki, Minggu (11/6/2023) dini hari WIB. F- yen/suaraserumpun.com

Berikut daftar pencetak gol Liga Champions musim 2022-2023:

Erling Haaland (Man City) 12 gol
Mohamed Salah (Liverpool) 8 gol
Kylian Mbappe (PSG) 7 gol
Vinicius Junior (Real Madrid) 7 gol
Joao Mario (Benfica) 6 gol
Taremi (Porto) 5 gol
Rodrygo (Real Madrid) 5 gol
Rafa Silva (Benfica) 5 gol9.
Robert Lewandowski (Barcelona) 5 gol
Victor Oshimhen (Napoli) 5 gol

(yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *