banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) mempertanyakan pengadaan radar canggih MS-2 kepada Kepala BMKG pada RDP Komisi V DPR RI, Kamis (8/6/2023). F- dok/suaraserumpun.com

Pengadaan Radar MS-2, Cen Sui Lan: Gedung Sudah Selesai Dibangun, Tinggal Proses Lelang Peralatannya

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) meminta agar pengadaan Radar MS-2 di Natuna, segera direalisasikan. Karena, gedung untuk tempat radar canggih tersebut sudah selesai. Sedangkan peralatan radar MS-2 itu belum ada.

Cen Sui Lan tak cuma memperjuangan pembangunan infrastruktur jembatan, dermaga maupun revitalisasi situs peninggalan sejarah. Tapi, Cen Sui Lan mendesak agar BMKG segera merealisasikan pengadaan radar canggih MS-2 di Natuna. Hal itu disampaikan langsung oleh Cen Sui Lan kepada Kepala BMKG Prof Dwikorita Karnawati, dalam RDP Komisi V DPR RI dengan BMKG, Kamis (8/6/2023).

Baca Juga :  Gubernur Kepri: Seluruh Bentor di Pulau Penyengat Akan Diganti dengan Kendaraan Listrik

“Bagaimana dengan radar di Natuna. Radar itu bukan saja untuk pengumpulan data. Tapi untuk marwah kita, untuk NKRI. Radar ini saya minta untuk pulau terluar atau terdepan dengan negara asing. ini menjaga kedaulatan udara dan air NKRI. Jadi, saya harapkan dapat direalisasikan. Apakah dengan anggaran sisa atau bagaimana,” kata Cen Sui Lan saat mempertanyakan realisasi pengadaan radar canggih MS-2 di Natuna tersebut.

Dalam RDP tersebut, Cen Sui Lan dan Kepala BMKG Prof Dwikorita Karnawati sepakat, untuk pengadaan radar MS-2 akan menggunakan anggaran berlapis.

Baca Juga :  Kepri Segera Bermigrasi ke Siaran Televisi Digital, Menonton Tanpa Biaya

“Jika penggunaan anggaran berasal dari pinjaman utang luar negeri mensyaratkan vendornya dari mereka, maka gunakan dana APBN berasal dari rupiah murni. Sekarang ini, gedung sudah selesai dibangun, tinggal proses lelang peralatannya,” ujar Cen Sui Lan.

“Tapi sebelumnya, terima kasih kepada Bu profesor (Kepala BMKG), kita sudah ke serasan. BMKG merupakan garda terdepan untuk prakiraan cuaca kala itu,” tutup Cen Sui Lan.

Kepala BMKG Prof Dwikorita Karnawati mencatat usulan dan pertanyaan Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR Dapil Kepri tentang pengadaan radar MS-2 di Natuna pada RDP Komisi V DPR RI. F- dok/suaraserumpun.com

Radar Canggih MS-2
Sebelumnya, Cen Sui Lan menerangkan, penyediaan radar canggih MS-2 di Natuna, bertujuan mendukung keberadaan Flight Information Region (FIR), yang sudah diambil alih oleh negara Indonesia dari Singapura. Serta sebagai fungsi ekonomi dan pertahanan.

Baca Juga :  BKMT Kepri Gelar Tarhib Ramadan 1445 Hijriah dengan Tausiyah dan Penyerahan Bantuan

Pengadaan program radar canggih MS-2 di Natuna, yang mampu mengcover radius 600 Km itu, harus segera direalisasikan. Karena hampir 2 tahun lalu, sudah diprogramkan. Bahkan gedung untuk fasilitas radar canggih tersebut, sudah selesai dibangun.

Pada tahun 2022 lalu, alat-alat radar canggih sudah datang. Tapi pihak negara pemberi pinjaman mengirim radar dengan coverage 350 Km. Sementara, Cen Sui Lan meminta pengadaan radar canggih MS-2 di Natuna itu harus mengcover radius (coverage) 600 Km. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *