banner 728x90
GGM PT BRC Abdul Wahab dan jajaran bersama peserta latihan ISPS Code di pelabuhan feri internasional BBT Lagoi, Selasa (30/5/2023). F- humas brc

Pelabuhan Feri Internasional BBT Lagoi Menggelar Latihan ISPS Code

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pelabuhan Feri Internasional Bandar Bentan Telani (BBT) menggelar latihan International Ship and Port Facility Security Code (ISPS Code). Kegiatan latihan ISPS Code dibuka secara resmi di Pelabuhan Feri Internasional Bandar Bentan Telani, Lagoi, Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (30/5/2023).

Latihan ISPS Code ini dihadiri oleh Abdul Wahab selaku Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala beserta jajaran manajemen PT BRC, Capt Abdul Nasir MM MMar, Kepala Kantor UPP Kelas I Tanjung Uban sekaligus Koordinator Port Security Committee (PSC), serta stakeholder Pelabuhan Bandar Bentan Telani baik dari unsur keamanan PSC maupun instansi terkait lainnya.

Baca Juga :  Sudah Diajukan, Cen Sui Lan Desak Lagi Menhub untuk Mengalokasikan Pengadaan Roro Mini buat Lingga

Abdul Wahab dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelabuhan Feri Internasional BBT sebagai pelabuhan penumpang internasional, telah berdiri hampir 30 tahun dan menjadi salah satu akses masuk wisatawan internasional ke Pulau Bintan. Dengan banyaknya kunjungan di Pelabuhan Internasional Feri BBT, maka sangat penting untuk meningkatkan manajemen sistem keamanan pelabuhan melalui koordinasi dengan unsur-unsur terkait.

Capt Abdul Nasir MM MMar dalam sambutannya mengatakan, latihan ISPS Code bersifat wajib bagi sebuah pelabuhan internasional. Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memastikan bahwa pelabuhan tidak hanya menjaga keselamatan tetapi juga keamanan.

Baca Juga :  Keinginan Guardiola Tak Terkabul, Liverpool dan Manc City Jaga Asa Juara Liga Inggris

Simulasi pada latihan gabungan tahun ini menggambarkan upaya sabotase Pelabuhan Feri Internasional BBT yang dilakukan oleh sekelompok orang tidak dikenal dan datang menggunakan kapal pancung dalam upaya menghentikan operasional pelabuhan dengan melakukan perusakan, pembakaran, dan penyanderaan. Situasi keamanan dapat teratasi dengan adanya koordinasi antara petugas-petugas keamanan yang ada di pelabuhan, Koordinator Satuan Keamanan Pelabuhan, bantuan unsur keamanan lainnya seperti Tim Pospol Lagoi, Satuan Brimob Polda Kepri, TNI AL serta Kantor Kesehatan Pelabuhan yang memberikan penanganan medis bagi korban luka.

Baca Juga :  12 Personel dan Pejabat Polres Bintan Dimutasi

Selain itu, kegiatan ini juga terintegrasi dengan sistem keamanan kawasan wisata Bintan Resorts, di mana setiap kejadian keamanan diinformasikan kepada Crisis Center yang kemudian berkoordinasi dengan unsur keamanan internal lainnya di dalam kawasan.

Wanda Ramadana, Petugas keamanan pelabuhan Internasional feri BBT sekaligus penanggungjawab kegiatan menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan bertujuan untuk melatih profesionalitas, meningkatkan komunikasi serta koordinasi dari pihak internal keamanan pelabuhan dengan pemangku kepentingan dan instansi terkait di wilayah kerja fasilitas Pelabuhan Internasional Feri Bandar Bentan Telani. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *