banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan menjelaskan PAD dan investasi serta event pariwisata yang mendorong peningkatan PAD tahun anggaran 2023. F- yen/suaraserumpun.com

Event Pariwisata Bangkit, Roby Kurniawan Optimis PAD Capai Target pada Tahun 2023

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan optimis, PAD bisa mencapai target pada tahun anggaran 2023 ini, karena investasi dan event pariwisata bangkit lagi. Pada tahun 2022 lalu, PAD terealisasi sebesar Rp198,03 miliar, atau sebesar 91,68 persen. Sehingga, realisasi belanja daerah berkisar 90 persen.

Ranperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD 2022 sudah diserahkan Bupati Bintan ke DPRD Bintan, Senin (29/3/2023). Bupati Bintan berharap segera dibahas DPRD Bintan, sehingga menjadi satu Perda.

Dari LPP APBD tahun anggaran 2022, Roby Kurniawan menyebutkan, realisasi APBD tahun 2022 agak rendah, berkisar 91 persen. Faktornya, karena Pemkab Bintan menetapkan target pendapatan yang cukup tinggi.

“Tapi ternyata, pendapatan daerah belum sesuai dengan yang diharapkan, akibat faktor Covid-19. Terutama dari estimasi PAD. Sehingga, belanja itu harus penyesuaian dengan pendapatan,” jelas Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Mau Antar Jemput Vaksinasi? Hubungi Call Center 081276085167

Tahun anggaran 2022 lalu, belanja daerah terealisasi sebesar Rp1,134 triliun, atau 91,74 persen dari anggaran yang telah ditetapkan sebesar Rp1,237 triliun.

Namun, lanjut Roby Kurniawan, tahun anggaran 2023 ini, Bupati Bintan optimis bisa mencapai target pendapatan daerah. Khususnya dari PAD. Karena, kawasan wisata sudah jalan. Bahkan jika dicek di traveloka, kunjungan ke Bintan itu cukup penuh. Apalagi pada saat weekend, kunjungan penuh.

“Minimal, 80 persen target PAD sebelum masa pandemi Covid-19 bisa tercapai. Berkisar Rp250 miliar sampai dengan Rp300 miliar,” sebutnya.

Baca Juga :  Foto Paripurna DPRD Bintan Menyampaikan Sejibun Rekomendasi Atas LKPj 2022 Bupati

Begitu juga dengan pengembangan investasi di Bintan, pada tahun 2023 ini. Bupati Bintan optimis investasi berkembang. Bintan punya KEK Galang Batang. BIE Lobam juga punya rencana pengembangan yang cukup luas dari pengelolaan lahannya.

Pemkab Bintan juga melihat investasi pariwisata di Bintan sudah mulai jalan. Tahun 2023 ini ada dua hotel di kawasan Lagoi yang akan di-launching.

“Kita juga diskusi dengan pelaku wisata, ada travel yang dari Cina mau masuk lagi ke Bintan, via Tanjungpinang. Sebulan itu, bisa terisi 1.200 kamar hotel dari travel Cina itu saja. Nah, dari rencana itu, kita optimis PAD akan mencapai target pada tahun ini,” sebutnya.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan Ranperda LPP APBD 2022 kepada Wakil Ketua DPRD Bintan Fiven Sumanti di sela paripurna, Senin (29/5/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Event Pariwisata Bangkit
Sedangkan untuk event-event pariwisata bertaraf internasional, Bupati Bintan mengatakan, tinggal menunggu jadwal saja. Baru-baru ini, Bintan Resorts sudah konferensi pers di Singapura, akan menggelar event Bintan Triathlon. Event pariwisata internasional di Bintan, akan bangkit lagi pada tahun 2023 ini.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Meresmikan Sarana Sanitasi Senilai Rp200 Juta di Ponpes Sirrul Ilahiyah Batam

“Bintan Triathlon itu direncanakan akan digelar pada bulan Oktober 2023 nanti. Jadi, bukan Bintan Triathlon dibatalkan, terus dipindahkan. Itu tidak. Cuma beda EO saja. Kalau dulu, Bintan Triathlon itu MetaSport tim EO-nya. Sekarang, beda lagi. Tapi tetap dari Singapura EO-nya,” sebut Roby Kurniawan.

“Begitu juga dengan event-event pariwisata internasional lainnya, cuma beda jadwal (bulan) pada pelaksanaannya,” sambungnya. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *