banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan menyapa para Lansia di sela Hari Peringatan Lansia tingkat Kabupaten Bintan di Lagoi Bay, Kamis (25/5/2023). F- diskominfo bintan

BLT Cair di November, Bintan Jadi Rumahnya Lansia Bahagia dan Sejahtera

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten Bintan bersama dengan Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKKS-LU) Bintan memperingati Hari Lansia tahun 2023 tingkat Kabupaten Bintan, Kamis (25/5/2023). Pemkab Bintan dan LKKS-LU Bintan akan mewujudkan Bintan menjadi rumahnya bagi kelompok umur lanjut usia (lansia) bahagia dan sejahtera, melalui program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Lansia.

Hari Lansia Nasional diperingati setiap tanggal 29 Mei. Namun, Kabupaten Bintan turut memperingati Hari Lansia Nasional di Lagoi Bay kawasan wisata Lagoi, Kamis (25/5/2023).

Peringatan Hari Lansia di Lagoi Bay ini dilaksanakan dengan penuh keceriaan. Ratusan Lansia mewakili 7 kecamatan di wilayah daratan Kabupaten Bintan berkumpul untuk menyemarakkan peringatan Hari Lansia Nasional tahun 2023 ini.

Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Ketua LKKS Bintan Hafizha Rahmadhani bergembira bersama Lansia. F- diskominfo bintan

Peringatan Hari Lansia Nasional ke-72 tahun 2023 ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan SPWK. Turut hadir Ketua LKKS Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari, Ketua LKKS-LU Bintan Hafizha Rahmadhani, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, Danndim 0315/Tanjungpinang Kolonel Inf Tommy Anderson, serta FKPD dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Bintan.

Hafizha Rahmadhani menyerahkan paket sembako dan tambahan makanan nutrisi bagi Lansia. F- diskominfo bintan

Dalam perayaan Hari Lansia ini, Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKKS-LU) Bintan Hafizha Rahmadhani terlihat begitu semangat manakala para lansia menampilkan aksi-aksi hiburan.

Baca Juga :  Polri dan PSSI Sikat Mafia Skor

Para lansia ini percaya diri memperlihatkan kreativitasnya di depan Bupati Bintan Roby Kurniawan, Ketua LKKS Provinsi Kepri Dewi Kumalasari dan undangan lainnya, para lansia dengan percaya diri.

Takzim Bupati Bintan usai menyerahkan doorprize bagi Lansia penghibur acara. F- diskominfo bintan

Kegiatan yang ditampilkan para Lansia ini mulai dari selawat Busyro, pembacaan puisi, joget nona Singapura hingga joget tepi pantai. Penampilan tersebut membikin suasana ceria, bahagia dan dibalas dengan sorak-sorai seluruh yang hadir.

Ketua LKKS Bintan Hafizha Rahmadhani menyapa para lansia. F- diskominfo bintan

“Ini fase mereka yang harus menikmati masa tuanya dengan kegembiraan dan keceriaan. Mereka bisa melihat kita sebagai anak cucu mereka. Mereka bisa beribadah. Intinya ini juga fase kita untuk mencurahkan kasih sayang kepada mereka,” tutur Hafizha di sela kegiatan peringatan Hari Lansia di Kabupaten Bintan tersebut.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyapa dan mendengar cerita seorang Lansia. F- diskominfo bintan

Pemkab Bintan dan LKKS LU Bintan memang mencurahkan prioritas penuh pada kesejahteraan lansia. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Lansia yang menjadi salah satu program andalan Pemkab Bintan telah memberi tanda cerah bagi senyum para lansia.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan bantuan nutrisi kepada Lansia. F- diskominfo bintan

Hingga saat ini, lebih dari 5.000 lansia di Kabupaten Bintan sebagai penerima BLT. Untuk tahap pertama saat lebaran Idulfitri lalu, terhitung 4 bulan hingga mendapatkan Rp400 ribu. Tahap kedua akan diberikan pada November 2023 mendatang, dengan total Rp800 ribu. Sehingga genap Rp 1,2 juta untuk masing-masing Lansia. Anggaran tersebut bantuan langsung tunai untuk satu tahun anggaran bagi Lansia di Bintan.

Seluruh Lansia bersama undangan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. F- diskominfo bintan

Puncak Hari Lansia di Kabupaten Bintan ini juga dimeriahkan artis ibu kota Kiki Liga Dangdut (Lida) Indonesia jebolan Indosiar. Selanjutnya dilakukan pemerikaaan kesehatan gratis. Dengan tujuan untuk memastikan lansia sehat dan sejahtera.

Baca Juga :  Hasan dan Forkopimda Mendiskusikan Persoalan Antrean dan Pelangsir BBM Menjelang Pemilu 2024

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bintan Samsul SP menyampaikan, sebanyak 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan menghadirkan perwakilan Lansia. Kadinsos Kabupaten Bintan juga menyampaikan bahwa Program yang dilakukan oleh Bupati Bintan. Salah satunya yaitu pembagian BLT kepada Lansia melalui Dinas Sosial Kabupaten Bintan. Untuk tema hari lanjut usia Nasional ke-72 tahun 2023 ini adalah Lansia Terawat Indonesia Bermartabat.

Bupati Bintan Roby Kurniawan dan FKPD Bintan berjoget lagu Nona Singapura bersama lansia mengisi semarak Peringatan Hari Lansia. F- diskominfo bintan

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyambut baik atas peran LKKS-LU Bintan yang terus memberikan perhatian kepada orang tua di Kabupaten Bintan. Terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan dan kesejahteraan terhadap lansia.

Kepala Dinas Sosial Bintan Samsul SP menyampaikan laporan kegiatan. F- diskominfo bintan

“Dari Pemkab Bintan, kita akan teruskan program BLT Lansia ini. Karena, program ini sebagai upaya kita untuk mewujudkan Bintan menjadi rumahnya Lansia yang bahagia dan sejahtera. Ini lah satu bentuk bakti kita dari pemerintah terhadap orang tua,” ujar Roby Kurniawan. ***

Baca Juga :  Menko PMK: Pemerintah Mengizinkan Salat Tarawih Berjemaah dengan Protokol Kesehatan

Narasi: Sigik RS
Foto: Diskominfo Bintan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *