banner 728x90
Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad meresmikan Rumah Singgah Raja Ahmad Engku Haji Tua di Jakarta, Minggu (14/5/2023). F- diskominfo kepri

Ansar Ahmad Meresmikan Rumah Singgah Raja Ahmad Engku Haji Tua, Berikut Sejarah Namanya

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Peresmian rumah singgah Pemprov Kepri di Jakarta, berubah jadwal. Awalnya, rumah singgah tersebut akan diresmikan, Rabu (17/5/2023) pekan ini. Namun, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad meresmikan Rumah Singgah yang diberi nama Raja Ahmad Engku Haji Tua tersebut, sekaligus halalbihalal masyarakat Kepri se-Jakarta, Minggu (14/5/2023).

Rumah singgah Pemprov Kepri di Jakarta yang diberi nama Raja Ahmad Engku Haji Tua itu beralamat di Jalan Bendungan Jatiluhur Il No 21-22, Kelurahan Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Lokasi rumah singgah ini relatif dekat dari Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita yang kerap dijadikan tempat rujukan bagi masyarakat Kepri.

Berdasarkan sejarah Melayu, Raja Ahmad Engku Haji Tua adalah putra bungsu Raja Haji Fisabilillah, ayah Raja Ali Haji. Di masa lalu, Raja Ahmad Engku Haji Tua membeli rumah di Mekah untuk menjadi rumah tumpangan bagi masyarakat Kepulauan Riau yang beribadah haji ke tanah suci. Kini, rumah singgah Pemprov Kepri di Jakarta diberi nama Raja Ahmad Engku Haji Tua.

Baca Juga :  Upacara HUT Kemerdekaan RI di Natuna, Dimeriahkan Kejuaraan Piala Gubernur Kepri

Peresmian rumah singgah Raja Ahmad Engku Haji Tua tersebut turut dihadiri Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj Dewi Kumalasari Ansar, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepri Rudi Margono, Anggota DPRD Provinsi Kepri Alex Guspeneldi, Raja Bahtiar, Taufik, dan Suigwan, Perwakilan Forkopimda, Ketua FKUB Provinsi Kepri H. Handarlin Umar, Wakil Ketua I KPKRJ Wan Yasir, anggota tim percepatan pembangunan, dan sejumlah kepala OPD Pemprov Kepri.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan rumah singgah ini adalah hasil renovasi dari kantor Badan Penghubung Provinsi Kepri di Jakarta. Dirinya memandang keberadaan kantor Badan Penghubung Provinsi Kepri yang lebih banyak melayani kegiatan pimpinan di Jakarta, semestinya dapat dimanfaatkan masyarakat Kepri yang sedang rujukan berobat ke Jakarta untuk mendapatkan tempat tinggal gratis.

“Di depan kita sudah dibangun Rumah singgah Raja Ahmad Engku Haji Tua yang sebelumnya hanya dijadikan sebagai kantor badan penghubung kepri dijakarta. Program Rumah Singgah ini saya mengadopsi dari program pembangunan Rumah Singgah kabupaten Bintan di Jakarta yang berdekatan dengan rumah sakit Cipto jakarta ketika saya menjadi sebagai Bupati Bintan,” kata Gubernur Kepri.

Baca Juga :  Liburan ke Bintan Saat Lebaran Diperbolehkan, Tapi Ada Pembatasan Kapasitas Kunjungan

Semangat dan tujuan pembangunan itupun kemudian Ansar Ahmad lanjutkan ketika menjadi Gubernur Kepri, dengan harapan, Pemprov Kepri harus hadir dalam memberikan pelayanan terdepan pada bidang kesehatan kepada seluruh masyarakat Kepri. Khususnya yang mendapatkan rujukan berobat ke Jakarta, sehingga memberikan bantuan dan manfaat bagi pasien maupun keluarga yang berobat.

Rumah Singgah Raja Ahmad Engku Haji Tua memiliki 9 kamar dengan 32 tempat tidur. Di setiap kamarnya tersedia fasilitas AC, kulkas mini, lemari, dan pemanas air. Selain itu ada juga fasilitas dapur, klinik, dan ruang mencuci.

Gubernur Kepri menyebutkan tersedia juga fasilitas ambulans yang dapat digunakan untuk mengantar jemput pasien dari dan ke rumah sakit selama di rumah singgah.

“Dengan diresmikan rumah Singgah Raja Ahmad Engku Haji Tua Jakarta semoga memberikan manfaat terhadap masyarakat Kepri dan harus dimaksimalkan betul penggunaan nya. Harus dideteksi masyarakat Kepri yang sakit kemudian mendapat rujukan ke Jakarta dan yang meninggal sehingga dengan cepat bisa di tangani sehingga bisa memudahkan dan mengurangi beban masyarakat Kepri,” ungkap Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Bupati Bintan Tanggap, Kapal Ekspor Perikanan Kembali Beroperasi ke Singapura

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengucapkan terima kasih kepada teman-teman DPRD Provinsi Kepri yang sudah mendukung dan membantu proses pembangunan rumah singgah di Jakarta. Sehingga dapat sama-sama diresmikan hari ini, Minggu (14/5/2023).

Untuk masyarakat Kepri yang ingin mendapatkan fasilitas rumah singgah, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Kesehatan telah menyiapkan Standar Operasional Prosedur yang harus diikuti masyarakat. Masyarakat dapat menghubungi admin rumah singgah di nomor 082125794559.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menerima penghargaan dari BPJS Kesehatan atas capaian Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang mencapai Universal Health Coverage. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *