banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan memimpin rapat koordinasi pencegahan Karhutla dengan Forkopimda dan semua elemen masyarakat, Jumat (12/5/2023). F- diskominfo bintan

Cuaca Ekstrem, Potensi Karhutla di Bintan Cukup Tinggi

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan mengadakan rapat koordinasi tentang antisipasi Karhutla bersama FKPD Bintan, perusahaan pemilik lahan maupun perkebunan serta stakeholder terkait. Turut hadir Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo dan sejumlah pimpinan Forkopimda lainnya.

Dalam rakor tersebut dipaparkan, potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) cukup tinggi di Kabupaten Bintan. Selain kondisi cuaca panas yang terkadang ekstrem (pancaroba), geografis hutan yang masih cukup luas menjadikan ancaman karhutla di Bintan. Kerawanan ini patut diwaspadai dan dipersiapkan berbagai penanganannya.

“Jadi, ini tanggung jawab kita bersama. Pemerintah daerah, TNI-Polri, para relawan termasuk lah masyarakat. Kita yang menjaga wilayah kita,” tutur Roby Kurniawan mengawali sambutannya dalam rakor Karhutla di Aula Kantor Bandar Seri Bentan, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga :  Dewi Kumalasari Kagum dengan Batik Hasil Karya Anak Disabilitas Kepri

Bupati Bintan Roby Kurniawan berpesan agar seluruh masyarakat mampu menerapkan kedisiplinan. Jangan membuang puntung rokok sembarangan, jangan membakar sampah sembarangan, dan jangan membuka lahan dengan cara membakar.

“Hal semacam itu yang perlu kita bawa dalam diri. Termasuk jika ada potensi-potensi titik api, segera laporkan. Ada Lurah dan Kades, atau langsung menghubungi Satgas,” pinta Bupati Bintan.

Pemerintah Kabupaten Bintan bersama FKPD dan instansi terkait lainnya juga tergabung dalam WhatsApp (WA) Group “Satgas Bencana Bintan” yang selalu up to date terkait berbagai fenomena terkini termasuk berkenaan Karhutla. Bahkan info cuaca juga selalu diupdate dari BMKG untuk memberi gambaran prediksi serta kewaspadaan yang harus disiapkan.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo menyampaikan ketentuan tindak pidana Karhutla dalam rapat koordinasi dengan Bupati Bintan Roby Kurniawan, Jumat (12/5/2023). F- humas polres bintan

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo SIK MM menyampaikan, rapat koordinasi ini difokuskan pada pencegahan dan penanganan Karhutla. Kapolres Bintan juga mengajak semua unsur untuk bahu membahu dalam melakukan pencegahan, agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga :  Impian Roby Kurniawan, Desa Numbing Jadi Industri Pengelolaan Pisang

Kapolres Bintan mengajak seluruh pejabat pemerintah mulai dari pemerintahan kabupaten, kecamatan, lurah dan desa untuk bersama-sama memberikan imbauan kepada masyarakat, agar tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahan.

“Mari kita bersama-sama mengingatkan masyarakat dalam membuka lahan agar jangan membakar,” kata AKBP Riky Iswoyo SIK MM.

Peran Bhabinkamtibmas, Babinsa dan para tokoh masyarakat yang bersentuhan langsung dengan masyarakatnya sangat diperlukan sekali dalam memberikan imbauan agar jangan membakar hutan maupun lahan.

“Dan jangan pernah jenuh melakukan sosialisasi tentang bahaya membakar dalam membuka lahan,” sambung Kapolres Bintan.

Baca Juga :  BPBD Bintan Menerima Kunjungan PRO BRIN dan Universiti Malaysia Terengganu, Misinya Wow!

“Kami Polres Bintan akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan Undang-Undang apabila ada masyarakat yang dengan sengaja melakukan pembakaran yang mengakibatkan terganggunya situasi Kamtibmas,” tegas Kapolres Bintan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *