banner 728x90
Peserta seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Kepri dan tingkat pusat bersama Sekdaprov Kepri Adi Prihantara dan Kadispora Kepri M Ikhsan. F- diskominfo kepri

Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Kepri dan Pusat Dimulai, Digelar Lewat Online

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Seleksi anggota Paskibraka tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan tingkat pusat sudah dimulai. Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Adi Prihantara mewakili Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad membuka secara resmi seleksi Paskibraka tingkat provinsi dna pusat lewat online itu, di Hotel Comforta Tanjungpinang, Selasa (2/5/2023).

Turut hadir acara ini Kenny Tawarnate Koordinator Bidang Materi Kajian, Pendidikan dan Pelatihan BPIP, Mayor Fajar Aulia Putra, WaasOps Garnisun I Jakarta, Dede Sutrisna, Duta Pancasila Paskibraka Indonesia, Kepala TVRI Perwakilan Kepri Doni, Tim Percepatan Pembangunan Kepri Basyaruddin Idris serta beberapa perwakilan OPD Kepri.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Riau M Ikhsan dalam laporannya menyampaikan, untuk seleksi Tahun 2023 ini tahapan seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi Kepulauan Riau dan tingkat pusat sudah berbasis online. Yaitu melalui Aplikasi Transparansi Paskibraka.

Baca Juga :  Gerakan Nasional Ketahanan Pangan, Koarmada I Tabur Benih Kakap dan Kerapu di Keramba Kampung Bugis

Jumlah peserta seleksi Calon Paskibraka tingkat Provinsi Kepulauan Riau dan tingkat pusat tahun 2023 berjumlah 65 orang, berasal dari 6 kabupaten/kota.

“Masing-masing Kabupaten/Kota telah melakukan seleksi dan mengirimkan peserta untuk seleksi tingkat Provinsi dengan rincian Kota Tanjungpinang 26 orang, Kota Batam 10 orang, Kabupaten Bintan 10 orang, Kabupaten Karimun 12 orang, Kabupaten Lingga 5 orang dan Kabupaten Kepulauan Anambas 2 orang,” sebutnya.

Adi Prihantara Sekdaprov Kepri menyampaikan, Pemuda menjadi ikon penting dalam menyambut dan membuat langkah strategis guna perubahan kehidupan global. Globalisasi telah masuk dalam ranah kehidupan pemuda, bahkan dalam ranah yang paling privat sekalipun. Masalah pemuda dan globalisasi menjadi bagian dari kehidupan yang tak terpisahkan.

Nasib suatu bangsa terletak pada pundak pemuda. Bagaimana pemuda memanfaatkan globalisasi sebagai instrument untuk membangun bangsa. Bukan sebaliknya, justru terhanyut dalam derasnya arus global.

Baca Juga :  Bupati Bintan: 2023 hingga 2024, Desa Mapur Jadi Prioritas dan Semakin Benderang

“Maka diperlukan usaha bersama membangun pemuda sebagai bibit unggul untuk membangun masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik,” ucapnya.

Dalam konteks pemuda Indonesia, Pemuda Paskibraka menurut Sekda Adi, menjadi salah satu unsur terpenting untuk membangun bangsa. Diperlukan berbagai pemikiran kritis Pemuda Paskibraka dan solusi alternatif dengan menyediakan ruang untuk pengapresiasian sekaligus membuka berbagai ide kreatif pemuda pemuda dalam menghadapi tantangan global.

“Anggota Paskibraka boleh dibilang sebagai model ideal pemuda, baik dari segi wawasan kebangsaan, karakter, dan kedisiplinan, maupun intelektualitas. Mereka ini contoh orang-orang muda,” ujarnya.

Sekdaprov Kepri Adi Prihantara berharap anggota Paskibraka yang terpilih baik untuk Tingkat Provinsi ataupun Tingkat Pusat dapat menjadi salah satu kompenen “Youth Power”, sebagai solusi atas krisis kepemudaan Indonesia di era globalisasi, dan Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 diharapkan menjadi momentum juga menjadi spirit untuk semakin meneguhkan komitmen bersama membangun pemuda.

Baca Juga :  Bersedekah Setiap Jumat jadi 'Resep' Rumah Makan Queen Minang dalam Mengembangkan Usaha

Kepada seluruh peserta, Sekda Adi juga mengucapkan selamat mengikuti seleksi dan semoga terpilih menjadi salah satu anggota Paskibraka Provinsi Kepulauan Riau dan Paskibraka Pusat yang akan bertugas mengibarkan Sang Merah Putih pada saat Peringatan Detik Detik Proklamasi RepublikIndonesia Ke-78 tanggal 17 Agustus 2023.

“Pesan saya agar adik-adik tetap mempersiapkan diri menjadi generasi penerus bangsa sebagai calon pemimpin bangsa yang baik di masa yang akan datang dan menjadi kebanggaan kita semua melalui berbagai cara yang bisa adik-adik lakukan,” tutupnya. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *