banner 728x90
Kondisi jalan Lintas Barat Lanjutan dari Km 16 Toapaya Selatan ke arah Km 23 Kijang belum diaspal dan ditingkatkan hingga, Selasa (11/4/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Bupati Bintan: Tahun Ini, Jalan Lintas Barat Lanjutan dari Km 16 ke Kijang Dibenahi Lagi

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan memberi kabar baik lagi bagi masyarakat. Bupati Bintan menyatakan, tahun 2023 ini, jalan Lintas Barat Lanjutan dari bundaran Km 16 Toapaya Selatan ke Km 23 Kijang akan dibenahi lagi.

Kabupaten Bintan dilanda bencana alam tiga tahun berturut. Awal tahun 2021 lalu, Kabupaten Bintan menjadi satu daerah yang mendapat bencana alam. Infrastruktur yang rusak parah akibat bencana alam pada tahun 2021 itu, jalan Lintas Barat Lanjutan dan jembatan Gesek.

Jalan Lintas Barat Lanjutan ambruk dan putus total, yang berada di perkebunan sawit PT Tirta Madu. Kemudian, jalan dari Lintas Barat menuju Km 18 Kijang juga rusak parah. Begitu juga dengan jembatan di Simpang Gesek, amblas.

Baca Juga :  Sejarah Baru! Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024 di Qatar

Jalan Lintas Barat Lanjutan itu belum diperbaiki sampai tahun anggaran 2022. Bukan berarti Pemkab Bintan lepas tangan dengan kerusakan jalan Lintas Barat Lanjutan tersebut. Pemkab Bintan tak bisa menganggarkan dana untuk perbaikannya, karena status jalan tersebut adalah jalan nasional.

Singkat cerita bagi yang tak paham, bahwa APBD Bintan itu tak bisa dialokasikan untuk perbaikan jalan Lintas Barat Lanjutan yang berstatus jalan nasional tersebut. Jangankan untuk jalan nasional, dana APBD Bintan itu tak bisa dialokasikan untuk perbaikan jalan provinsi. Pemkab Bintan hanya bisa meminta Pemprov Kepri dan pemerintah pusat, agar segera dibenahi jalan Lintas Barat Lanjutan tersebut.

Baca Juga :  Gerak Cepat Bupati Bintan, Jalan Lintas Barat Diperbaiki

Tahun 2022 lalu, Bintan juga dihantam bencana alam. Bencana pun berlanjut pada awal tahun 2023. Kini, memasuki masa pemulihan pascabencana. Pemkab Bintan memohon doa kepada semua masyarakat, agar sarana umum dan infrastruktur yang rusak akibat bencana alam selama ini, bisa dibenahi lagi.

“Seperti jalan Lintas Barat Lanjutan dari Km 16 Toapaya Selatan ke arah Kijang, tahun 2023 ini mulai dibenahi lagi. Semoga bisa terlaksana cepat. Karena, sudah keluar kebijakan untuk mulai dilelang kegiatannya,” kata Roby Kurniawan Bupati Bintan menjawab suaraserumpun.com, baru-baru ini.

Kondisi jalan Lintas Barat Lanjutan yang putus di wilayah Kabupaten Bintan akibat bencana alam awal tahun 2021 lalu. F- yen/suaraserumpun.com

Bupati Bintan menyebutkan, pelaksanaan pembenahan jalan Lintas Barat Lanjutan itu dengan dana mencapai Rp120-an miliar. Tapi, pengerjaan dilaksanakan secara bertahap.

Baca Juga :  Hasil Kualifikasi MotoGP Mandalika: Quartararo Pole Position, Marquez Terlempar

“Tahun 2023 ini, akan diselesaikan satu jalur dulu. Nanti tahun depan (2024), dilanjutkan untuk penyelesaian dua jalurnya. Doakan semoga tak ada kendala untuk perbaikan jalan Lintas Barat Lanjutan dari Km 16 ke arah Kijang itu,” jelas Roby Kurniawan.

“Kalau untuk perbaikan kerusakan jalan Lintas Barat di wilayah Desa Busung, sebelum lebaran Idulfitri sudah siap, dan bisa dilalui. Begitu informasi dari BPJN Kepri saat rapat,” sambung Bupati Bintan. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *