banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan program pembangunan dan sambutan pada saat peringatan Nuzulul Quran 17 Ramadan 1444 hijriah di Masjid Al-Mau'izoh, Bintan Timur, Jumat (7/4/2023) malam. F- diskominfo bintan-

Foto Nuzulul Quran di Masjid Al-Mau’izoh, Bupati Bintan: Jadikan Alquran sebagai Pedoman Hidup

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan dan seluruh jajaran serta unsur FKPD memperingati malam Nuzulul Quran di Masjid Al-Mau’izoh Tekojo, Bintan Timur, Jumat (7/4/2023) malam. Peringatan Nuzulul Quran 1444 hijriah ini dihadiri ratusan jemaah dengan menghadirkan ustaz Dedi Sanjaya.

Peringatan Nuzulul Quran ini sekaligus mengakhiri kegiatan safari Ramadan 1444 hijriah Pemkab Bintan. Kegiatan safari Ramadan diawali dengan berbuka puasa di Masjid Al-Jihad Km 23 Kijang Kota. Kemudian, Bupati Bintan melanjutkan salat isya dan tarawih berjemaah di Masjid Al-Mau’izoh. Dan diakhiri dengan peringatan malam Nuzulul Quran. Yaitu turunya (wahyu) Alquran dari Allah SWT pertama kali kepada Nabi Muhammad SAW.

Peringatan malam Nuzulul Quran 17 Ramadan 1444 hijriah ini bertemakan Jadikan Nuzulul Quran 1444 hijriah sebagai pedoman dan sumber inspirasi sukses dalam kehidupan dunia dan akhirat. Pada kesempatan tersebut, Bupati Bintan Roby Kurniawan berpesan kepada seluruh jemaah dan masyarakat Bintan, agar menjadikan momentum Ramadhan ini sebagai bulan muhasabah diri. Dengan tujuan menjadi insan yang semakin taat dan dekat kepada Sang Khalik.

Bupati Bintan Roby Kurniawan dan jemaah mendengarkan tausiyah ustaz Dedi Sanjaya pada saat peringatan Nuzulul Quran 17 Ramadan 1444 hijriah di Masjid Al-Mau’izoh, Bintan Timur. f- diskominfo bintan

“Ramadan yang selama ini kita jalani, menjadikan kita sebagai insan yang lebih baik lagi. Terlebih saat memperingati malam diturunkannya Alquran ini. Mari kita perbanyak membaca Alquran. Dan jadikan Alquran sebagai pedoman hidup kita sehari-hari,” ujar Roby Kurniawan.

Baca Juga :  BRC Lagoi Menyiapkan Empat Iven Internasional, Roby Kurniawan Yakin Pariwisata Bintan Bangkit Lagi

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bintan menyerahkan bantuan pembangunan masjid. Sekaligus menyampaikan beberapa program prioritas pemerintah daerah. Program itu antara lain bantuan perlengkapan sekolah secara gratis bagi pelajar yang baru masuk sekolah, pada tahun ajaran 2023-2024.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyampaikan program pembangunan dan sambutan pada saat safari Ramadan di Masjid Al-Jihad Km 23, Bintan Timur. F- diskominfo bintan

“Tahun 2022 lalu, kita juga berikan bantuan pendidikan untuk anak yang baru masuk sekolah, melaui program bantuan perlengkapan sekolah gratis. Tahun 2023 ini, kita anggaran untuk 5 stel baju. Jadi, ada penambahan baju dibandingkan tahun lalu,” sebut Roby Kurniawan.

Selain itu, lanjut bupati, tahun anggaran 2023 ini, Pemkab Bintan menganggarkan dana untuk membayar BPJS Ketenagakerjaan bagi warga yang bekerja sebagai nelayan, pedagang, ojek, dan beberapa kalangan masyarakat. Jumlahnya, ada 6.000 penerima manfaat.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan bantuan operasional masjid kepada pengurus Masjid Al-Mau’izoh, Tekojo, Bintan Timur. F- diskominfo bintan

“Ini sebagai perlindungan bagi warga saat bekerja. Jika ada kecelakaan kerja, ada uang duka. Kemudian, anak-anaknya akan disekolahkan secara gratis sampai tingkat atas,” tambah Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Pushaka BP Batam Menatar Pegawainya Soal Metodologi Penyusunan Peraturan Perundang-undangan

“Hari ini, kita juga menyerahkan bantuan masjid, dari Bank Riau Kepri Syariah. Saya juga menyampaikan pesan dari Pak Gubernur Kepri, tahun 2023 ini dianggarkan untuk masjid ini melalui yayasan sebesar Rp45 juta,” sambungnya.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan bantuan operasional masjid, musala pada saat safari Ramadan di Masjid Al-Jihad Km 23, Bintan Timur. F- diskominfo bintan

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengajak seluruh masyarakat agar merasa memiliki terhadap daerah, dengan mendorong pembangunan daerah. Sehingga, apa yang diprogramkan bersama DPRD Bintan, bisa berjalan lancar.

Pada saat menyampaikan tausiyah, ustaz Dedi Sanjaya membicarakan tentang kematian manusia (akhirat), tentang dosa yang diperbuat manusia, tentang kehidupan manusia di dunia, serta doa kepada Allah SWT. Semua hal tersebut sudah dijabarkan dalam Alquran. Justru itu, umat manusia mesti membaca, memahami dan mengamalkan apa yang sudah ada di dalam Alquran. Baik untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat.

Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan santunan kepada anak yatim saat berbuka puasa di Masjid Al-Jihad, Bintan Timur. F- diskominfo bintan

“Peringatan Nuzulul Quran ini sekaligus malam terakhir program safari Ramadan 1444 hijriah, dari Pemkab Bintan. Tapi untuk non formal, kita juga akan melaksanakan safari Ramadan ke tengah masyarakat,” kata Roby Kurniawan.

Baca Juga :  Muhammad Rudi Menargetkan KEK Batam Aero Technic Merekrut 10 Ribu Pekerja hingga 2027

Selama safari Ramadan 1444 hijriah, Roby Kurniawan menyebutkan, cukup banyak aspirasi yang disampaikan warga, dan berbeda-beda. Tapi dalam kegiatan safari ini, Pemkab Bintan fokus kepada berbuka puasa bersama dan silaturahmi.

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo dan Ketua Komisi I DPRD Bintan Hasriawady menyaksikan Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan bantuan operasional masjid kepada pengurus Masjid Al-Mau’izoh. F- diskominfo bintan

Tapi, ada beberapa aspirasi yang disampaikan warga. Mayoritas aspirasi itu, peningkatan dan pembangunan serta pembenahan sarana-sarana masjid di kecamatan. Terutama yang dikunjungi saat safari. Tapi ada juga usulan lain, seperti lampu jalan dan pembenahan infrastruktur sarana umum. ***

Narasi: Wahyu
Foto: Diskominfo Bintan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *