banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Bupati Bintan Roby Kurniawan berpose dengan pengurus Masjid Al-Maruf Desa Kelong, Bintan, saat safari Ramadan 1444 hijriah, Rabu (29/3/2023). F- diskominfo kepri

Bernostalgia ke Masjid Megah di Pulau Kelong, Gubernur Kepri: Kita Lanjutkan Program Mubalig Hinterland

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad didampingi Bupati Bintan Roby Kurniawan melakukan safari Ramadan 1444 hijriah nyambi bernostalgia di Masjid Al-Maruf Desa Kelong, Kecamatan Bintan Pesisir, Bintan, Rabu (29/3/2023). Saat safari Ramadan di Pulau Kelong ini, Gubernur Kepri dan Bupati Bintan disambut dengan tradisi pencak silat yang diperagakan oleh pendekar cilik.

Dalam kegiatan safari Ramadan ini, turut hadir Anggota DPRD Kepri Dapil Bintan-Lingga Hj Dewi Kumalasari, Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, Camat Bintan Pesisir Julpri Ardani, para kades dan tokoh masyarakat Bintan Pesisir. Usai disambut pencak silat dan tabuhan kompang, rombongan Ansar Ahmad menuju Masjid Al-Maruf.

Bagi Ansar Ahmad, safari Ramadan ke Masjid Al-Maruf Pulau Kelong, merupakan momen bernostalgia. Sebab, pembangunan masjid nan megah di Pulau Kelong ini, merupakan prakarsa Ansar Ahmad ketika menjabat sebagai Bupati Bintan. Tatkala Ansar Ahmad menjabat sebagai Bupati Bintan, hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Bintan dibangun masjid yang megah. Kini, Ansar Ahmad menjabat Gubernur Kepri. Ketika turun ke Bintan, Ansar Ahmad selalu bernostalgia di masjid nan megah.

Baca Juga :  Batam Dirancang Menjadi Kota Pariwisata dan Investasi Terkemuka di Asia Tenggara

Pada momen safari Ramadan sekaligus bernostalgia tersebut, Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Ketua TP-PKK Kepri dan Bupati Bintan menyerahkan bantuan hibah kepada 2 masjid dan 2 surau di Desa Kelong masing-masing sebesar Rp40 juta. Yakni Masjid Al Maruf, Masjid Al Hidayah, Surau Assyakur, dan Surau Al Kautsar. Di tahun 2023 ini dengan anggaran Rp9,47 Miliar di Kabupaten Bintan akan ada 185 penerima rumah ibadah dari total 940 rumah ibadah yang menerima bantuan di Provinsi Kepulauan Riau.

Selain itu, diserahkan pula bantuan kepada Imam Masjid, Guru Mengaji, Mubalig, Penjaga Masjid, Pelaksana Fardhu Kifayah, Pengelola TPU, dan Bantuan baznas Provinsi Kepri.

Baca Juga :  Bupati Bintan Menyerahkan Surat Pengantar dan SK Rekomendasi Usulan Nama Cawabup ke Pimpinan DPRD

Pada safari di desa dengan luas daratan lebih kurang 57 km persegi ini, Gubernur Kepri Ansar Ahmad berkesempatan memberikan sambutan sekaligus tausiyah sembari menunggu waktu berbuka puasa. Dilanjutkan dengan salat magrib, isya dan tarawih berjemaah.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam tausiahnya mengajak hadirin untuk selalu bersemangat. Pemprov Kepri pun menurutnya telah berikhtiar dengan program mubalig hinterland, yakni menempatkan 50 ustadz yang disebar ke pulau-pulau terpencil di Kepri.

Melalui program itu, dapat membina masyarakat dan membangun semangat optimisme di tengah banyaknya penyakit psikologis. Kemudian menjaga moderasi dan toleransi beragama.

“Tahun ini, kita lanjutkan program mubalig hinterland itu,” ujar Ansar Ahmad.

Baca Juga :  Pengprov ISSI Kepri Mempersiapkan 12 Atlet ke Pra PON Sumsel

Selain tausiyah, Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga menyampaikan beberapa pekerjaan pembangunan yang digesa Pemprov Kepri di Kabupaten Bintan. Di antaranya penataan kawasan Pulau Kelong, hibah pembangunan jalan Pulau Mapur, Pulau Mantang, Pulau Numbing, Pulau Pangkil, dan Tambelan.

“Di tahun 2023 hampir semua pulau sudah dianggarkan. Dalam waktu dekat, akan disampaikan. Termasuk jalan lingkar Desa Kelong. Mudah-mudahan semua bisa dijangkau,” harap Gubernur Kepri.

Tokoh masyarakat Kelong, Saimun mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang menurutnya memberikan penyegaran hati di Bulan Suci Ramadan.

“Selalu kita mendengar nama-nama pemimpin. Hari ini hadir di hadapan kita. Mari kita doakan menjadi pemimpin yang selalu amanah,” ucapnya. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *