banner 728x90
Bupati Bintan Roby Kurniawan menyerahkan cedera mata kepada Dirjen Adwil Kemendagri usai membahas antisipasi risiko Karhutla, Selasa (28/3/2023). F- diskominfo bintan

Bupati Bintan Bahas Antisipasi Risiko Karhutla dengan Dirjen Adwil Kemendagri

Komentar
X
Bagikan

Jakarta, suaraserumpun.com – Bupati Bintan Roby Kurniawan membahas soal antisipasi risiko Karhutla dengan Dirjen Adwil Kemendagri. Berikut respon dari Dirjen Adwil Kemendagri, seperti yang disampaikan Bupati Bintan Roby Kurniawan.

Bupati Bintan Roby Kurniawan didampingi Sekda Bintan dan Kepala BPBD Bintan berkunjung ke Kantor Direktorat Jenderal Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri RI, untuk bersilahturahmi sekaligus audiensi terkait antisipasi risiko kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Bintan.

Rombongan Bupati Bintan disambut langsung oleh Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA di ruang kerjanya, Selasa (28/3/2023) pertemuan yang berlangsung singkat itu pun menghasilkan beberapa dukungan serta masukan khususnya bagi antisipasi potensi kebakaran di Bintan.

Baca Juga :  Pembangunan BTS di Wilayah 3T sebagai Tol Langit, Kepri Dapat 77 BTS

Bupati Bintan Roby Kurniawan menjelaskan, Pemkab Bintan melalui BPBD Kabupaten Bintan, mengusulkan bantuan tiga unit mobil pemadam kebakaran ditambah tiga unit mobil suply. Hal ini dianggap sangat penting mengingat kondisi mobil damkar yang dimiliki sudah dalam kondisi yang memerlukan peremajaan.

“Sudah kita usulkan kemarin, nah hari ini kita silahturahmi sekaligus mohon dukungan. Tentu kita sampaikan juga kondisi real potensi karhutla termasuk kebakaran gedung di Bintan,” jelasnya.

Roby menambahkan, Dirjen Bina Adwil memberikan respon positif melalui dukungan yang akan dilakukan. Meskipun pengadaan mobil damkar tidak masuk dalam penganggaran, tapi akan diupayakan melalui bantuan pihak ketiga dari negara sahabat yang sering berkolaborasi dengan Indonesia.

Baca Juga :  Siswa SPN Polda Kepri Latja di Polres Bintan, Begini Pesan AKBP Tidar Wulung Dahono

“Beliau sampaikan dukungan, beliau juga ingin bencana seperti karhutla ini bisa ditangani secara profesional dengan sarana prasarana yang memadai ditambah dengan SDM yang mumpuni,” tambahnya.

Terkait SDM atau personel Damkar, Kepala BPBD Bintan Ramlah menyampaikan, seluruh personel yang ada saat ini sudah cukup terampil walau pun masih memerlukan peningkatan kualitas dan kemampuan.

“Sesuai arahan Pak Dirjen juga tadi, bahwa daerah harus mempersiapkan personel yang tangguh dan menguasai bidangnya. Tahun ini kita sudah anggarkan juga untuk pelatihan Damkar, ada juga untuk pelatihan damkar bagi pemula. Kita juga akan bentuk Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di setiap kelurahan/desa, ini jadi salah satu kewajiban atau syarat untuk mendapatkan dukungan,” terang Ramlah. (yen)

Baca Juga :  Pemkab Bintan Sudah Menyiapkan 'Senjata' untuk Melawan Lonjakan Harga Sembako hingga Idulfitri 1445 Hijriah

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *