banner 728x90
Presiden ASTAF Dato Abdul Halim bin Kader menyerahkan cendera mata bola takraw kepada Mr Li Yingchuan dan Mr He Fengxiang setelah membincangkan tentang kejuaraan uji coba sepak takraw di Jinhua. F- astaf

Presiden ASTAF: Cina Tuan Rumah Kejuaraan Sepak Takraw Asia Exciting Hangzhou di Jinhua, Indonesia Ikut Serta

Komentar
X
Bagikan

Singapura, suaraserumpun.com – Presiden ASTAF Dato Abdul Halim bin Kader menyampaikan, Cina akan menjadi tuan rumah penyelenggara kejuaraan uji coba sepak takraw tingkat Asia di Jinhua. Selain kejuaraan uji coba, akan dilaksanakan pelatihan sepak takraw di sekolah dasar dan sekolah menengah di sekitar Jinhua, Cina.

Cina akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan uji coba sepak takraw Asia dalam ajang Exciting Hangzhou, di Jinhua, China. Kejuaraan ujian (uji coba) sepak takraw ini dihelat pada tanggal 19 Juni sampai dengan 24 Juni 2023 mendatang.

Penyelenggaraan kejuaraan tersebut merupakan pertandingan uji coba sepak takraw untuk kejuaraan tingkat Asia, yang melibatkan 12 peserta negara Asia. Pesertanya akan ditetapkan oleh Federasi Sepak Takraw Asia (ASTAF).

Ide atau gagasan penyelenggaraan kejuaraan sepak takraw tingkat Asia dalam ajang Exciting Hangzhou ini lahir dari kunjungan Dato Abdul Halim Kader selaku Presiden (Ketua Umum) ASTAF ke Jinhua Hangzhou dan Beijing, China pada awal Maret 2023 lalu.

Dalam kunjungan (lawatan) tersebut, Dato Abdul Halim bin Kader mengadakan pertemuan dan berdiskusi dengan Li Yingchuan sebagai Wakil Menteri Urusan Administrasi Olahraga China sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Olimpiade China, di Beijing. Serta pertemuan dengan Ketua Umum (Presiden) Persatuan Sepak Takraw China (CSA/COC) He Fengxiang di Huangzhou.

Selain itu, Abdul Halim Kader juga bertemu dan mengadakan perbincangan dengan Zhuang Lingfei selaku Wakil Wali Kota Pemerintah Rakyat Kota Jinhua, di Jinhua.

Baca Juga :  Adi Prihantara Melantik Delapan Pejabat Fungsional Pemprov Kepri

Pertandingan uji coba itu nantinya diharapkan akan dapat mengukur kekuatan setiap negara yang mengambil bahagian.

“Peserta pertandingan uji coba ini antara lain dari Malaysia, Singapura, Thailand, Korea, Myanmar dan Indonesia pun ikut serta. Dua nomor yang dipertandingkan pada kejuaraan uji coba tersebut yaitu regu dan tim. Ada 4 negara yang akan mengirim pemain untuk kategori wanita,” sebut Dato Abdul Halim Kader.

Pada pertemuan tersebut, Wakil Wali Kota Jinhua setuju dengan saran Dato Abdul Halim Kader untuk mengadakan pelatihan sepak takraw di 24 sekolah dasar dan menengah di sekitar Jinhua, China. Tujuannya untuk mempromosikan dan mengembangkan olahraga sepak takraw. Hal itu dilakukan selama kejuaraan sepak takraw tingkat Asia dalam ajang Exciting Hangzhou, di Jinhua, China mendatang.

“Setiap negara peserta kejuaraan sepak takraw tingkat Asia di Jinhua, China itu, akan diminta untuk mengadakan pelatihan sepak takraw di dua sekolah. Dengan harapan untuk menanamkan minat mendalam terhadap sukan (olahraga) sepak takraw di kalangan pelajar dan rakyat, di China,” ucap Dato Abdul Halim Bin Kader, Presiden ASTAF saat memberikan keterangan resmi kepada suaraserumpun.com, lewat WhatsApp, Selasa (21/3/2023).

Dato Abdul Halim Kader menyatakan, tujuan utama menyelenggarakan kejuaraan sepak takraw dengan mengundang peserta dari luar negeri, pada ajang ‘Exciting Hangzhao’ ke-19 Hangzhou, China ini yaitu fokus pada pengujian atau mengetahui tentag beberapa elemen (hal). Antara lain:

Baca Juga :  Ansar Ahmad: Rp13,5 Miliar untuk Bantuan Gereja di Kota Batam

Pertama, untuk memastikan pengurusan penyelenggaraan turnamen, berada pada tahap efisiensi terting, melibatkan aspek teknis dan non teknis. Kedua, untuk mengatasi masalah yang melibatkan cacat aspek teknis dan non teknis. Ketiga, untuk mengevaluasi dan meningkatkan efisiensi non-aspek turnamen, teknis yang melibatkan tingkat keamanan, manajemen sukarela, manajemen acara budaya, pengalaman atletik dan khalayak. Serta penerapan aspek penyiaran dan media.

Keempat, mampu mengidentifikasi dan menangani semua masalah yang muncul, dengan langkah-langkah persiapan penuh. Kelima, untuk memastikan semua tindakan keselamatan melibatkan peserta, pejabat turnamen dan penonton berada dalam kondisi terbaiknya (optimal).

Serta yang keenam, kejuaraan uji coba ini untuk mengevaluasi dan meningkatkan kekuatan aspek penyiaran dan peliputan serta media. Yaitu bekerja dengan mitra penyiaran untuk menghasilkan liputan berkualitas tinggi.

Dato Abdul Halim Kader menegaskan, ASTAF akan selalu memberikan kerja sama dan komitmen yang tinggi ke China, dalam upaya untuk memastikan penyelenggaraan kejuaraan sepak takraw Exciting Hangzhou ini terlaksana pada bulan Juni 2023 tersebut. Kemudian event China Asian Games 2022 pada September 2023, bisa berlangsung dalam suasana yang cemerlang dan sukses.

ASTAF mengucapkan terima kasih kepada negara China, atas pelayanan terbaik yang diberikan kepada Presiden ASTAF Dato Abdul Halim Kader selama kunjungan ke Hangzhou dan Beijing, China, pada awal Maret 2023 lalu.

Baca Juga :  Perangkat Daerah Belum Siap, HIPKI Minta Pusat Tak Menolak Layanan Perizinan

“Mari lah sama-sama kita memberikan sokongan (dukungan) padu (solid) kepada China, dalam menjayakan (menyukseskan) penganjuran (menjadi tuan rumah penyelenggara) Sukan Asia (Asia Games) edisi ke-19 nanti,” imbau Dato Abdul Halim bin Kader Ketua Umum (Presiden) ASTAF sekaligus sebagai Sekretaris Jenderal (Setiausaha Agung) Federasi Sepak Takraw Dunia (ISTAF).

Lawatan Presiden ASTAF ke Cina
Sebelumnya, 2 Maret 2023 di Beijing, Cina, Mr Li Yingchuan Wakil Menteri Administrasi Umum Urusan Olahraga China yang juga Wakil Presiden Komite Olimpiade China (COC) bertemu dengan Dato Abdul Halim Kader selaku Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Takraw Internasional (ISTAF) dan Presiden Federasi Asian Sepaktakraw Federation (ASTAF), serta Sekretaris Jenderal International Sepaktakraw Federation (ISTAF) dari Singapura.

Presiden ASTAF Dato Abdul Halim bin Kader berbincang kejuaraan uji coba sepak takraw bersama Mr Li Yingchuan Wakil Menteri Administrasi Umum Urusan Olahraga China. F- astaf

Dalam pertemuan kunjungan Presiden ASTAF ke Cina ini, kedua belah pihak bertukar pandangan tentang topik yang menjadi perhatian bersama, termasuk Asian Games 2023 mendatang Hangzhou, Cina.

Mr He Fengxiang, Direktur Jenderal Cina Multi-ball Management Center dan Wakil presiden Federasi Sepak Takraw Internasional, yang juga Presiden, Asosiasi Sepaktakraw Cina menghadiri pertemuan bersama dengan Mr Boonchai Lorhpipat (Thailand) Sekretaris Jenderal ASTAF dan Mr Muhammad Fariq (Singapura) Wakil Sekretaris Jenderal ASTAF. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *