banner 728x90
Hj Rahma Wali Kota Tanjungpinang bersama qari dan qariah yang meraih juara pada STQH ke-XVII tingkat Kota Tanjungpinang pada malam penutupan di terminal Sungai Carang, Jumat (17/3/2023) malam tadi. F- diskominfo tanjungpinang

Tanjungpinang Timur Dua Kali Juara Bertahan STQH, Rahma: Persiapkan untuk Meraih yang Terbaik di Provinsi

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Kafilah Tanjungpinang Timur tampil sebagai juara umum sekaligus sebagai juara bertahan dua kali berturut dan berhak meraih piala tetap, pada penyelenggaraan STQH ke-XVII tahun 2023. Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma berpesan, bagi qari dan qariah yang meraih juara, persiapkan diri untuk meraih yang terbaik di STQH tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) ke-XVII tingkat Kota Tanjungpinang resmi ditutup oleh Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP MM di terminal Sungai Carang, Jumat Malam (17/3/2023) malam tadi. Penutupan STQH ini dihadiri ribuan masyarakat Tanjungpinang.

Dari hasil penilaian dewan juri, Kecamatan Tanjungpinang Timur menjadi juara umum sekaligus juara bertahan untuk kedua kalinya, pada STQH ke-XVII tingkat Kota Tanjungpinang ini. Tanjungpinang Timur unggul di setiap kategori yang diperlombakan. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang menyerahkan piala bergilir kepada juara umum yang diterima langsung oleh Camat Tanjungpinang Timur, Haposan Siregar SHut MM. Kini, piala bergilir tersebut telah menjadi piala tetap bagi Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Baca Juga :  Kasat Reskrim Polres Bintan dan Kapolsek Bintan Utara Dimutasi

Sedangkan untuk juara bazar terbaik diraih oleh Kecamatan Tanjungpinang Barat dan juara pawai taaruf terbaik yaitu Kecamatan Tanjungpinang Kota serta diserahkan juga hadiah kepada qori-qoriah, hafizh-hafizhah sebagai pemenang terbaik dari masing-masing kecamatan.

Bagi Hj Rahma, perhelatan STQH ke-XVII ini bukan sebatas kegiatan seremonial tahunan. Melainkan untuk menumbuhkan rasa cinta generasi muda dan masyarakat terhadap Alquran.

“Pelaksanaan seleksi Tilawatil Quran dan Hadist memiliki makna yang sangat penting dengan nilai-nilai sakral yang perlu kita ambil dan renungkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran spiritual tentang arti pentingnya ajaran Alquran yang harus kita jadikan sebagai Motivasi dasar dalam membangun kepribadian umat Islam dewasa ini,” ungkapnya.

Rahma juga mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan STQH ke-XVII, mulai dari semarak bazar, ramainya masyarakat yang hadir pada saat acara STQH berlangsung hingga ke acara penutupan.

Baca Juga :  Porter yang Meninggal di Hotel Surya Diklaim karena Sakit dan Terpapar Covid-19

“Alhamdulillah melihat antusias masyarakat Kota Tanjungpinang terhadap kegiatan keagamaan seperti STQH ini, spirit STQH bukan hanya dilihat dari proses pelaksanaan STQH melainkan bagaimana proses menanamkan nilai-nilai pandangan Al-Quran yang merupakan pedoman hidup guna terciptanya kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat,” ungkap Rahma.

Menurutnya, STQH sesungguhnya merupakan sarana untuk berkompetisi dalam kebaikan atau fastabiqul khairat untuk dapat memacu diri lebih mengenal, memahami dan menghayati Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga berharap pembinaan Tilawatil Quran dapat terus ditingkatkan dan berlanjut terutama dalam mempersiapkan hasil terbaik guna menghadapi STQH Tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang akan diadakan di Kabupaten Karimun pada awal bulan Mei mendatang.

“Kepada seluruh peserta dan ofisial untuk dapat mempersiapkan diri agar kafilah Kota Tanjungpinang dapat meraih yang terbaik pada STQH tingkat Provinsi mendatang. Kepada yang telah berhasil meraih juara saya ucapkan selamat dan kepada yang belum saya berpesan untuk terus belajar agar mampu sukses dikemudian hari,” pesan Rahma.

Baca Juga :  Mewaspadai Bom, Polres Bintan Mensterilkan Gereja dengan Metal Detector

Rahma mengimbau kepada seluruh masyarakat kota Tanjungpinang yang memiliki anak yang berprestasi di bidang Alquran ataupun qori-qoriah, Hafiz-Hafizah dapat bergabung menjadi santri di Quran Center Syahrul Quran Kota Tanjungpinang yang sampai saat ini masih menerima santri-santri yang ingin belajar Alquran. “Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tujuan didirikannya Quran Center Syahrul Quran yakni sebagai pusat pendidikan Alquran dalam rangka untuk mencetak generasi Qurani yang berakhlak mulia, memiliki kecerdasan, berpacu dalam prestasi, berjiwa pemimpin dan mandiri. Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang untuk dapat mendaftarkan putra-putrinya di Quran center Syahrul Quran Kota Tanjungpinang,” imbau Rahma.

Turut hadir dalam acara penutupan MTQ ke-XVII Kota Tanjungpinang mulai dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepri, Herry Andrianto SE MSi mewakili Gubernur Kepri. Serta unsur FKPD Kota Tanjungpinang, Sekda Kota Tanjungpinang, Ketua LAM Kepri Kota Tanjungpinang, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *