banner 728x90
Jajaran Disbudpar Kota Tanjungpinang mengajak kelompok sadar wisata (Pokdarwis) meninjau destinasi wisata Bukit Manuk dan beberapa objek wisata lainnya, baru-baru ini. F- disbudpar tanjungpinang

Disbudpar Mengajak Pokdarwis Mengeksplorasi Destinasi Wisata Tanjungpinang

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang mengajak kelompok sadar wisata (Pokdarwis) untuk mengeksplorasi destinasi wisata yang ada di Tanjungpinang. Hal ini sebagai upaya Disbudpar Kota Tanjungpinang dalam menggali potensi pariwisata berbasis masyarakat yang ada di kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kamis (16/3/2023) lalu, jajaran Disbudpar Kota Tanjungpinang berkunjung ke sejumlah destinasi wisata yang dikelola kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan kelompok masyarakat pengelola tempat wisata yang merupakan peserta dari pelatihan tata kelola bisnis dan pemasaran pariwisata. Tempat wisata yang disambangi yaitu lorong Bintan, Hulu Riau dan Bukit Manuk, Klenteng Senggarang, tamam budaya, dan air batu.

Baca Juga :  Panjat Tebing Dipertandingkan di Porprov, Roby Kurniawan: Tahniah buat Ketum FPTI Bintan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Muhammad Nazri menyatakan, kunjungan ke sejumlah tempat wisata berbasis masyarakat bertujuan untuk memetakan kembali produk pariwisata yang disusun dan dikelola oleh pokdarwis dan kelompok masyarakat pengelola tempat wisata.

“Kita ajak mereka untuk melakukan eksplorasi tempat wisata di wilayahnya masing-masing, agar produk pariwisata yang mereka kelola bisa semakin terkenal dan banyak dikunjungi,” ucap Muhammad Nazri, Sabtu (18/3/2023).

Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata, Salman menambahkan, di Tanjungpinang ini banyak potensi wisata yang bisa digali bersama masyarakat. Setiap Pokdarwis bisa mengembangkan wisatanya sesuai dengan potensi masing-masing kelurahan.

Baca Juga :  Suka Duka Tenaga Medis RSUD Bintan Menangani Covid-19, Masih Ada Tudingan yang Hoaks

Seperti di Kelurahan Tanjungpinang Kota dan Bukit Cermin, ada wisata lorong Bintan, kampung Bugis ada hulu Riau dan bukit manuk, kelurahan senggarang punya klenteng dan tamam budaya, dan di kelurahan Pinang Kencana miliki wisata air bukit.

“Semua produk yang sudah dikemas pokdarwis ini kalau dikelola dan dipromosikan dengan baik, tentunya bisa menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk berwisata,” sebut Salman.

Selain itu, Pokdarwis dan pengelola tempat wisata juga bisa memaksimalkan potensi UMKM dan pelaku usaha ekonomi kreatif di wilayahnya masing-masing. Sehingga akan menambah daya tarik wisata yang ditawarkan di masing-masing destinasi wisata yang dikelola.

Baca Juga :  Kejari Karimun Punya Tiga Rumah Restorative Justice, Cek Lokasinya di Sini

“Karena, saat ini, orang tidak hanya berwisata untuk menikmati keindahan alam atau mencari spot-spot foto yang menarik, tapi juga wisata kuliner dan belanja,” tambah dia.

Disbudpar sendiri, kata Salman, akan terus memberikan dukungan dan pendampingan kepada pokdarwis dalam pengembangan destinasi wisata di wilayahnya.

Untuk itu, ia berharap peserta pelatihan juga dapat berkomitmen dan berkolaborasi untuk melakukan aksi bersama membangun destinasi pariwisata di kota Tanjungpinang. Sehingga, tempat-tempat wisata yang dikelola dapat dipromosikan dan dipasarkan secara serentak. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *