banner 728x90
Dirut BPR Bintan Radhiah Razak bersama Sekda Bintan Ronny Kartika melepas balon saat peringatan HUT ke-15 Perumda BPR Bintan. Turut disaksikan dewan pengawas, tokoh masyarakat dan sejumlah kepala OPD. F- yen/suaraserumpun.com

Foto Peringatan HUT Ke-15 BPR Bintan, Radhiah: 2023, Disediakan Rp1 Miliar untuk Subsidi Bunga Nol Persen

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Puncak peringatan HUT ke-15 Perumda BPR Bintan berlangsung semarak di halaman Gedung Nasional Tanjunguban, Sabtu (11/9/2023). Berikut beberapa foto peringatan HUT ke-15 Perumda BPR Bintan serta informasi terkit tentang program subsidi bunga nol persen.

Pada peringatan HUT ke-15 ini, Perumda BPR Bintan mengumumkan kepada masyarakat Kabupaten Bintan, bahwa pada tahun 2023 ini, disediakan dana Rp1 miliar dari Pemkab Bintan untuk program subsidi pinjaman modal usaha nol persen melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bintan.

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bintan genap berusia 15 tahun, per tanggal 23 Februari 2023 lalu. Direktur Utama (Dirut) BPR Bintan Radhiah Razak bersama staf dan karyawan, melaksanakan syukuran internal, Sabtu (25/2/2023).

Dalam rangkaian peringatan HUT ke-15 BPR Bintan ini, tak cuma dilaksanakan syukuran di internal. Tapi, Perumda BPR Bintan melaksanakan sejumlah kegiatan sosial. Kemudian dilanjutkan dengan peringatan puncak HUT ke-15 Perumda BPR Bintan bersama nasabah dan masyarakat umum, di Tanjung Uban, Kecamatan Bintan Utara.

Sekda Bintan Ronny Kartika bersama Dirut BPR Bintan Radhiah, Asisten II Panca Azdigoena, OPD mengikuti senam sehat bersama masyarakat dan pelajar. F- yen/suaraserumpun.com

“Awalnya, kami mau bikin peringatan puncak semarak HUT ke-15 BPR Bintan ini, Sabtu tanggal 4 Maret 2023. Tapi karena faktor cuaca, kami laksanakan jadinya, Sabtu tanggal 11 Maret 2023 ini,” kata Radhiah di sela kegiatan semarak HUT ke-15 Perumda BPR Bintan di Gedung Nasional Tanjung Uban, Sabtu (11/3/2023).

Kegiatan puncak peringatan HUT ke-15 BPR Bintan di Gedung Nasional (GN) Tanjung Uban ini diawali dengan senam sehat bersama. Hadir dalam kegiatan senam sehat ini Sekda Bintan Ronny Kartika, Dewan Pengawas dan staf karyawan BPR Bintan, Asisten II Setdakab Bintan Muhammad Panca Azdigoena, sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Bintan, tokoh agama, Ormas, pelajar, serta seribuan masyarakat umum dan nasabah.

Baca Juga :  Hasil Liga Champions Liverpool Vs RB Leipzig, Salah dan Mane Berbagi Gol

Usai senam sehat, dilakukan pelepasan balon HUT BPR Bintan, syukuran pemotongan kue ulang tahun dan pembagian puluhan hadiah door prize. Selain hadiah hiburan, hadiah utama yang disediakan antara lain mesin cuci, sepeda sport dan sepeda lipat, kulkas, serta televisi LED 42 inch. Keluarga Bowo menjadi peserta senam sehat yang mendapatkan hadiah utama televisi LED 42 inch. Bowo merupakan pedagang usaha kedai kopi tetangga atau berada di deretan ruko Kantor BPR Bintan, di Tanjung Uban.

Selain itu, kegiatan semarak HUT ke-15 BPR Bintan juga diramaikan dengan lomba mewarnai bagi anak PAUD dan TK. Peserta yang mengikuti lomba mewarnai ini seratusan orang. Tujuan lomba mewarnai ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak, serta kreativitas anak.

Dirut BPR Bintan Radhiah bersama Sekda Bintan Ronny Kartika dan OPD meninjau lomba mewarnai pada peringatan HUT BPR Bintan tahun 2023 di Gedung Nasional Tanjung Uban, Sabtu (11/3/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Masih di lokasi sekitar Gedung Nasional Tanjung Uban, juga dilaksanakan aksi donor darah. Aksi kemanusiaan donor darah ini merupakan kerja sama BPR Bintan dengan komunitas sosial Relawan Darah Sejahtera Bintan (Redasin). Dari 80-an orang yang ingin mendonorkan darah, terkumpul 55 kantong darah dalam aksi sosial tersebut.

“Sebelum puncak peringatan HUT ke-15 BPR Bintan hari ini, kami juga mengadakan syukuran internal, lomba membuat video pendek kreatif, menyantuni anak yatim dan piatu,” ujar Radhiah Razak, usai meninjau aksi donor darah bersama Sekda Bintan Ronny Kartika dan Wakil Ketua PMI Bintan Ramlah SSos.

Baca Juga :  Rangkaian Hari Raya Waisak di Vihara Samudra Sasana Bintan Timur, Ada Tolak Bala dan Doa Arwah

Subsidi Bunga Nol Persen
Dalam kegiatan puncak peringatan semarak HUT ke-15 BPR Bintan ini, Radhiah juga mengumumkan, bahwa Pemkab Bintan menyediakan dana Rp1 miliar untuk kelanjutan program subsidi pinjaman modal usaha nol persen. Penyaluran subsidi bunga nol persen ini melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bintan.

Radhiah menerangkan, tahun 2022 lalu, program subsidi bunga nol persen dari Pemkab Bintan melalui BPR Bintan itu sebesar Rp1,9 miliar. Selama tahun 2022 itu, ada sebanyak 455 debitur atau pengajuan pinjaman modal usaha yang memanfaatkan program subsidi bunga nol persen ini. Seluruhnya mengajukan modal kerja UMKM. Selama tahun 2022, terserap dana itu 87 persen atau Rp1,6 miliar. Dianggarkan kembali pada tahun anggaran 2023 ini sebesar Rp1 miliar.

Dirut BPR Bintan Radhiah bersama Sekda Bintan Ronny Kartika dan OPD meninjau kegiatan donor darah pada peringatan HUT BPR Bintan tahun 2023 di Gedung Nasional Tanjung Uban. F- yen/suaraserumpun.com

“Mudah-mudahan bisa terserap 100 persen tahun ini. Karena sampai Februari 2023 aja, itu sudah terserap dari berkas yang masuk, mau Rp300 jutaan. Sembilan bulan ke depan, mudah-mudahan bisa terserap 100 persen, atau sebesar Rp1 miliar. Tahun ini dengan dana Rp1 miliar, diperkirakan sekitar 300-an debitur yang akan memanfaatkanya,” sebut Radhiah.

Untuk memanfaatkan program bunga nol persen ini, jelas Radhiah, pemohon tetap mengagunkan jaminan. Karena, yang diberi subsidi dari Pemkab Bintan itu, hanya bunga pinjaman. Sedangkan dana pinjaman pokok, itu berasal dari perbankan.

Baca Juga :  Gubernur Kepri dan Gubernur Riau Terima Top Pembina BUMD Award 2021, Bank RiauKepri?

“Tapi, jaminan yang disediakan masyarakat itu, lebih fleksibel dibandingkan ketentuan yang ada,” ungkap Radhiah.

Perumda BPR Bintan Optimis
Masyarakat Bintan yang mengajukan pinjaman dari program ini, terbanyak berasal dari Kecamatan Tambelan dan Bintan Utara. Peminjam juga dimanfaatkan dari kecamatan lain, dengan jenis usaha beraneka ragam. Petani, pedagang maupun di sektor pertanian.

Kemudian, kata Radhiah, untuk pengembalian pinjaman pokok dari program subsidi bunga nol persen ini, tidak ada tunggakan dari nasabah. Artinya, Non Performing Loan (NPL) nol persen.

“Kemarin itu, memang ada satu orang peminjam melalui program subsidi bunga nol persen ini, dia meninggal dunia. Tapi, itu dalam proses administrasi asuransi. Semua untuk pengembalian pinjaman pokok itu, lancar,” sebut Radhiah.

Dirut BPR Bintan Radhiah Razak menyerahkan hadiah utama door prize pada puncak peringatan HUT ke-15 Perumda BPR Bintan di Gedung Nasional Tanjung Uban. F- yen/suaraserumpun.com

Namun untuk secara umum, NPL Perumda BPR Bintan pada tahun 2022 terdapat sekitar 3 persen. Karena, dipengaruhi kondisi Covid-19. Hal ini, peminjam modal itu banyak yang berhenti bekerja di kawasan Lagoi, dan banyak pengusaha yang tutup usahanya. Sehingga, pembayaran pinjaman melalui BPR Bintan yang bermasalah (NPL). Tapi, BPR Bintan melakukan usaha dengan pendampingan Aparat Penegak Hukum (APH), Kejari dan Pengadilan dalam menyelesaikan tunggakan kredit macet tersebut.

“Untuk tahun 2023 ini, kita optimis pertumbuhan ekonomi semakin membaik. Kami yakin, kami bisa membantu masyarakat Bintan semakin banyak lagi, dalam mengembangkan UMKM,” demikian dipaparkan Radhiah pada puncak peringatan HUT ke-15 Perumda BPR Bintan. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *