banner 728x90
Hj Rahma Wali Kota Tanjungpinang bersilaturahmi dengan insan pers usai membuka Jambore Jurnalistik Tanjungpinang tahun 2023 di Hotel Comforta Tanjungpinang, Rabu (8/3/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Rahma Membuktikan Tak Alergi dengan Insan Pers Lewat Jambore Jurnalistik Tanjungpinang

Komentar
X
Bagikan

Tanjungpinang, suaraserumpun.com – Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP MM membuka secara resmi Jambore Jurnalistik Tanjungpinang tahun 2023, di Hotel Comforta Tanjungpinang, Rabu (8/3/2023). Rahma membuktikan dirinya tak alergi dengan insan pers, lewat ajang ngumpul yang diikuti 70 wartawan dari 43 media tersebut.

Kegiatan Jambore Jurnalistik Tanjungpinang yang digelar Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang ini dilaksanakan selama dua hari, Rabu (8/3/2023) sampai dengan Kamis (9/3/2023) besok. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 70 orang insan pers, dari 43 perusahaan media.

Kepala Dinas Kominfo Kota Tanjungpinang, Teguh Susanto menyampaikan, kegiatan Jambore Jurnalistik Tanjungpinang tahun 2023 ini, merupakan pertama diselenggarakan di Kota Tanjungpinang. Kegiatan Jambore Jurnalistik ini merupakan ide kreatif Wali Kota Tanjungpinang Hj Rahma SIP MM.

“Kegiatan ini, bagian dari momen silaturahmi, komunikasi dan bentuk kerja sama Pemko Tanjungpinang dengan para insan pers dan perusahaan media. Peserta 70 orang insan pers, dari perwakilan 43 perusahaan media,” sebut Teguh Susanto.

Baca Juga :  Wartawan yang Bersertifikasi dan Berkompeten Sekitar 18 Ribu dari Seratusan Ribu

Selama mengikuti jambore jurnalistik, jelas Teguh Susanto, peserta akan diberikan materi tentang jurnalistik. Dengan narasumber Ramon Damora mantan Ketua PWI Kepri, bersama Munirul Ikhwan yang merupakan ahli pers dari Provinsi Kepri. Kemudian, insan pers akan menjalani ramah tamah dengan Wali Kota Tanjungpinang, mengikuti lomba karya tulis jurnalistik, sampai dengan senam sehat bersama dan pembagian hadiah hiburan menarik.

“Kami berharap, melalui kegiatan yang diinisiasi Bu Wali Kota Hj Rahma ini, mewujudkan jurnalis yang profesional dan berintegritas,” kata Tegu Susanto.

Hj Rahma Wali Kota Tanjungpinang menerangkan, di lingkungan Pemko Tanjungpinang, kegiatan Jambore Jurnalistik ini merupakan pertama sekali digelar. Kegiatan ini bertujuan, agar kalangan insan pers di Tanjungpinang semakin berkualitas, berintegritas dan profesional. Kegiatan ini dilaksanakan, ada beberapa hal yang mendasar.

Pertama, jelas Rahma, insan pers itu sangat diperlukan, sebagai penyambung atau penyampai informasi kepada masyarakat, apa kegiatan atau kebijakan pemerintah. Kemudian, Kepala Diskominfo Tanjungpinang berlatar belakang dari jurnalis. Jambore jurnalistik pula yang menjadi komitmen Kepala Diskominfo pada saat open bidding lalu.

Baca Juga :  Pleno KPU Bintan: DPSHP Ditetapkan 123.503 Pemilih pada Pemilu 2024

“Nah, saat ini, sudah tampak hilal (anggaran) untuk kegiatan ini dilaksanakan. Makanya kita laksanakan,” ujar Hj Rahma.

Hj Rahma menyadari, terkadang dirinya ‘marah’ dalam menjalankan kebijakan roda pemerintah. Tapi, marah itu merupakan bentuk sayang Rahma kepada siapa yang dimarah.

“Jurnalis ini sangat penting di pemerintahan. Saya bukan alergi insan pers, kalau dikritik. Dari kritik itu mesti saya beri penjelasan, tapi perlu waktu. Dan saya perlu kritik juga, untuk membangun Tanjungpinang yang lebih baik,” tutur Rahma Wali Kota Tanjungpinang.

Saat ini, Rahma membalas kritikan media pers, dengan satu kebaikan. Yaitu, melalui Jambore Jurnalistik Tanjungpinang. Dalam kegiatan ini, Pemko Tanjungpinang melalui Diskominfo menghadirkan narasumber yang berkompeten, Ramon Damora dan Munirul Ikhwan.

Dari materi yang disampaikan narasumber tersebut, Rahma berharap, 70 orang wartawan dari 43 media akan lebih berkualitas, berintegritas dan profesional dalam menjalankan tugas jurnalistik. Ini sebagai bukti Rahma tidak alergi dengan insan pers. Kritikan dari media pers, dibalas dengan satu kebaikan.

Ramon Damora mantan Ketua PWI Kepri sekaligus pengurus PWI pusat memberikan materi sejarah pers pada Jambore Jurnalistik Tanjungpinang di Hotel Comforta Tanjungpinang, Rabu (8/3/2023). F- yen/suaraserumpun.com

“Narasumber yang kita hadirkan ini bukan abal-abal. Semoga 70 wartawan yang ikut jambore jurnalis ini, akan semakin profesional dalam menjalankan tugasnya ke depan. Kami tak banyak minta, satu atau dua berita kegiatan saja lah diterbitkan di medianya, kan sudah menyebar luas dan sampai ke masyarakat,” demikian harapan Rahma Wali Kota Tanjungpinang saat membuka Jambore Jurnalis Tanjungpinang di Hotel Comforta.

Baca Juga :  Waspadai Omicron, Komisi I DPRD Kepri Pantau Standar Pelayanan di KKP dan Imigrasi Batam

Dalam kegiatan Jambore Jurnalitik Tanjungpinang tahun 2023 ini, narasumber Ramon Damora menyampaikan tentang sejarah pers Indonesia: Di mana Kepri? Sedangkan Munirul Ikhwan menyampaikan tentang profesionalisme jurnalis. Kegiatan ini turut dihadiri sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemko Tanjungpinang, dan staf Diskominfo Tanjungpinang. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *