banner 728x90
Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepri sekaligus Anggota MPR RI menyosialisasikan 4 pilar MPR RI kepada masyarakat Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Minggu (5/3/2023). F- dok/suaraserumpun.com

Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Belian, Cen Sui Lan: Waspadai Ancaman Asing demi Menjaga NKRI

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri) sekaligus sebagai Anggota MPR RI, menyosialisasikan 4 pilar MPR RI kepada masyarakat Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Kota Batam, Minggu (5/3/2023). Dalam sosialisasi empat pilar MPR RI ini, Cen Sui Lan mengajak masyarakat untuk menjaga keutuhan NKRI dari pengaruh asing, menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Sosialisasi 4 pilar MPR RI tersebut dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan perangkat RT/RW setempat. Selain Cen Sui Lan, turut hadir narasumber Agustar dan Victor sebagai Tenaga Ahli DPR RI. Secara umum, pada saat menyampaikan sambutan, Cen Sui Lan mengajak agar masyarakat terus meningkatkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa, yang terkandung dalam Pancasila. Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi Negara Indonesia tersebut, mesti diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, dalam berbangsa dan bernegara.

Baca Juga :  Pesan Ansar Ahmad buat IKA Unri Tanjungpinang dan Bintan

Selain itu, narasumber dari tenaga ahli DPR RI juga menerangkan tentang Bhinneka Tunggal Ika, nilai nasionalisme atau meningkatkan kecintaan terhadap NKRI. Serta menyosialisasikan tentang UUD 1945.

Di awal sambutannya, Cen Sui Lan menerangkan tentang keberagaman agama, suku dan budaya di Provinsi Kepulauan Riau. Seperti yang disampaikan pemerintah, toleransi dan moderasi beragama di Kepri sudah tertanam kuat, hingga saat ini. Bahkan, Provinsi Kepri menjadi provinsi dengan moderasi atau toleransi beragama tertinggi di Sumatera. Dan, Kepri berada di peringkat 9 secara nasional.

Baca Juga :  Capt Wisnu Wijayanto Direktur Utama Batik Air yang Baru

“Nah, keberagaman dan kekuatan toleransi di Kepri ini, menjadi kekuatan kita, dalam menjaga keutuhan NKRI dan membangun negeri. Kita ini berada di daerah perbatasan antarnegara. Justru itu, nasionalisme dari keberagaman kita, menjadi kekuatan untuk menjaga keutuhan NKRI. Apalagi menghadapi Pemilu 2024, mari kita waspadai ancaman asing demi menjaga NKRI,” harap Cen Sui Lan.

“Dengan keberagaman suku, agama dan budaya kita ini, mari kita tingkatkan nasionalisme kita kepada NKRI,” sambungnya.

Cen Sui Lan melanjutkan, untuk membangun keberagaman dan nilai persatuan dalam menjaga NKRI itu, juga perlu penguatan keadilan sosial.

Baca Juga :  Puluhan Perempuan Rentan di Tanjungpinang Diberi Pelatihan Batik Shibori, Lihat Hasilnya

“Artinya, kita juga harus peka terhadap sesama. Sehingga, rasa persatuan dan nasionalisme kita kepada NKRI, juga terjaga,” pesan Cen Sui Lan.

Hal itu, tambah Cen Sui Lan, juga termaktub dalam UUD 1945, bahwa fakir miskin dan anak terlantar dipelihara negara. Namun setiap warga negara harus juga berpartisipasi dalam melaksanakan peran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Mari kita jalin persatuan demi mengantisipasi paham asing yang masuk ke NKRI, menjelang Pemilu 2024 ini. Kita di Kepri ini, adalah garda terdepan untuk menjaga keamanan dan keutuhan NKRI,” demikian dipaparkan Cen Sui Lan. (yen)

Editor: Sigik RS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *