Beranda All News Uniba Batam Menghadirkan Sekjen Kemendagri dan Gubernur Kepri di Seminar Nasional Manajemen...

Uniba Batam Menghadirkan Sekjen Kemendagri dan Gubernur Kepri di Seminar Nasional Manajemen SDM

0
Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad di sela seminar nasional manajemen SDM yang digelar Uniba Batam, Sabtu (4/3/2023). F- diskominfo kepri

Batam, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau H Ansar Ahmad menghadiri sekaligus membuka seminar nasional Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilaksanakan di Rumengan Hall Kampus Universitas Batam (Uniba), Kota Batam, Sabtu (4/3/2023). Selain gubernur, Uniba Batam menghadirkan Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro di seminar nasional Manajemen SDM ini.

Seminar sehari tersebut mengangkat tema “Peningkatan Kapasitas Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Instansi Pemerintah Dan Swasta Bagi Lintas Generasi”. Selain Sekjen Kemendagri dan Gubernur Kepri tampil sebagai narasumber seminar nasional ini, Humas Capital Direktor PT Link Net Tbk Yosafat Hutagalug. Hadir juga Ketua DPRD Provinsi Kepri dan Ketua DPRD Kabuapten/Kota serta Bupati/Walikota se-Kepri.

Bergabung juga Pimpinan Yayasan Griya Husada Rusli Bintang, Pembina Kegiatan Seminar Soerya Respationo, Rektor, Dekan, Dosen, mahasiswa pasca sarjana, civitas akademika Uniba dan tamu undangan peserta seminar lainnya.

Baca Juga :  Dewan Karimun Mempertanyakan Penyelesaian Bandara RHA

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dalam pemaparannya mengatakan, manajemen SDM memegang peranan sangat penting, guna menentukan faktor produksi membangun dan mengembangkan perusahaan atau organisasi itu sendiri.

Menurut Gubernur Kepri, faktor manusia juga memegang peranan sangat penting bagi kemajuan sebuah organisasi, perusahaan hingga pemerintahan itu sendiri. Faktor penting tersebut ada pada kualitas seseorang itu sendiri, sebagai sumber daya manusia.

“Jumlah sumber daya manusia yang besar itu sendiri tidak akan cukup untuk melakukan perubahan besar guna mencapai kemajuan. Yang kita butuhkan justru manusia unggul dengan visi besar, untuk merubah dan memajukan perusahaan, organisasi, pemerintahan bahkan dunia,” ujarnya.

Ansar Ahmad, setiap individu mesti terus mengasah kemampuan, menambah ilmu pengetahuan dan juga terus meng update kemampuan dan potensi, sebagai sebuah keniscayaan untuk mendorong dan melakukan perubahan besar dan cepat demi menggolkan tujuan.

Baca Juga :  Praveen/Melati Disingkirkan Ganda Campuran Juara 1 Dunia

Secara umum, Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga menyampaikan lima point bahasan terkait strategi pengembangan sumber daya manusia. Mulai dari gambaran umum tentang Provinsi Kepri itu sendiri. Gambaran umum tergambar melalui berbagai program pembangunan yang terus dilakukan.

Berikutnya, indikator kinerja makro Provinsi Kepri. Secara umum, geliat pertumbuhan ekonomi pasca pandemi covid 19, terus mengalami trend positif, dengan capaian capaian tumbuh kembangnya sangat menyakinkan.

“Selanjutnya ada peningkatan investasi Provinsi Kepri. Ada juga strategi peningkatan SDM. Pointnya ada pada penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik, termasuk mengembangkan sistem pengelolaan sumber daya manusia yang meritokratis dan berintegritas. Termasuk pengembangan karir bagi ASN berprestasi,” tambah Gubenur Kepri.

Baca Juga :  Upacara HUT Kemerdekaan Ke-77 RI, Ansar Ahmad Menyebut Nama Ir Soekarno

Terakhir, sambungnya, yakni capaian peningkatan SDM. Dimana point terpenting ada pada kebijakan untuk terus melahirkan kualitas pendidikan yang mampu bersaing, kompeten, memiliki skill.

“Juga kita terus memperbanyak sertifikasi profesi, yang menjamin setiap SDM memang telah sesuai permintaan dan kebutuhan pasar,” tutupnya.

Sedangkan Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro dalam pemaparannnya menekankan pada strategi peningkatan SDM pada ASN. Ada empat point penting yang disampaikan. Yakni kompetensi manajerial, kompetensi teknis, kompetensi sosio kultural dan kompetensi pemerintahan.

Seminar nasional Manajemen SDM sendiri terlaksana atas inisiatif dan gagasan Mahasiswa Pasca Sarjana Uniba Batam Angkatan 21. Acara diakhiri dengan penyerahan cendera mata kepada Gubernur Kepri Ansar Ahmad sebagai pemateri, bersama dengan pemateri lainnya. (yen)

Editor: Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here