banner 728x90
Kapolda dan Wakapolda Kepulauan Riau memotong tumpeng pada peringatan Hari Jadi ke-18 Polda Kepri, Jumat (3/3/2023). F- humas polda kepri

Sejarah Berdirinya Polda Kepulauan Riau, Usia Ke-18 Tahun Dipimpin Irjen Pol Drs Tabana Bangun MSi

Komentar
X
Bagikan

Batam, suaraserumpun.com – Polda Kepulauan Riau sudah berdiri selama 18 tahun. Berikut sepintas sejarah berdirinya Polda Kepulauan Riau (Kepri), yang saat ini dipimpin oleh Irjen Pol Drs Tabana Bangun MSi sebagai Kapolda Kepri.

Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau Irjen Pol Drs Tabana Bangun MSi memimpin kegiatan syukuran Hari Jadi ke-18 Polda Kepri tahun 2023, Jumat (3/3/2023). Turut hadir pada kegiatan tersebut Gubernur Provinsi Kepri yang diwakili Sekda Provinsi Kepri Adi Prihantara, Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri, Forkopimda Provinsi Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Kepri, Bhayangkari Daerah Kepri dan personel Polda Kepri.

Syukuran peringatan Hari Jadi ke-18 Polda Kepri ini dilaksanakan di Gedung Graha Lancang Kuning Polda Kepri. Pada kesempatan tersebut, Kapolda Kepri pun menceritakan sepintas sejarah berdirinya Polda Kepri.

Baca Juga :  Cen Sui Lan Meresmikan Sarana Sanitasi LPK STTII Batam, Nilainya Rp200 Juta

Dalam amanatnya Kapolda Irjen Pol Drs Tabana Bangun MSi mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT.

“Pada hari ini, kita dapat melaksanakan kegiatan syukuran dalam rangka memperingati HUT ke-18 Polda Kepri. Saya mengajak Bapak dan Ibu yang berada di sini, agar kita dapat bersinergi dan dapat bekerja sama dengan baik ke depannya. Hari ini, tanggal 3 Maret 2023 merupakan hari yang bersejarah bagi Polda Kepri, setelah berpisah selama 18 tahun dengan Polda Riau,” jelas Irjen Pol Drs Tabana Bangun MSi.

Kapolda mencerikan, pembentukan Polda Kepri ini tepatnya di tahun 2005, dengan regulasi dari Kapolri. Awalnya Polda Kepri ini adalah Polda Persiapan. yang dipimpin seorang Komisaris Besar Polisi. Keberadaan Polda Kepri ini juga mengikuti dan menyesuaikan dengan pembentukan Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga :  Beri Kemudahan Masyarakat untuk Berobat, Aunur Rafiq: SKTM Berlaku Setahun

Awal mulanya Polda Kepri ini hanya terdapat 2 Polres. Hingga saat ini, berkembang menjadi 7 Polres yang terletak di pulau-pulau yang ada di Kepulauan Riau ini. Polda Kepri, terdapat banyak dinamika dan mungkin belum bisa memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

“Namun kami selalu berusaha membenahi diri untuk menjadi lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kami harus ikut dalam pembangunan Provinsi Kepri sebagai suatu refleksi, bahwa hari ini adalah tonggak usaha kita menggapai masa depan bagi masyarakat. Saya juga harap personel Polda Kepri agar ikut menyongsong pembangunan untuk tahun-tahun ke depan,” harap Kapolda Kepri.

Kemudian, lanjutnya, makna Hari Jadi ke-18 Polda Kepri pada, Jumat (3/3/2023) ini, untuk seluruh jajaran Polda Kepri, Kapolda berharap untuk selalu mengikuti, berkomitmen sesuai apa yang telah ditetapkan oleh pimpinan. Terutama berkaitan dengan tugas-tugas di wilayah dan tugas masing-masing di manapun berada. Di satuan manapun dan di pulau manapun.

Baca Juga :  Ini Jadwal dan Empat Klub Peserta Semifinal Liga 3 Zona Kepri

“Keluarga besar Polda Kepri untuk tetap berkomitmen sangat dalam menjalankan tugas serta arahan pimpinan kita,” tuturnya.

“Dirgahayu Polda Kepri yang ke-18, selamat bertugas dan teruslah memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa mempermudah kita dalam menjalankan amanah ini,” tutup Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau Irjen Pol Drs Tabana Bangun MSi.

Kegiatan syukuran Hari Jadi ke-18 Polda Kepri dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada anggota Polda Kepri yang berprestasi. Serta pemberian santunan kepada anak yatim, Warakawuri dan putra dan putri anggota Polri yang terpapar Covid-19. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *