banner 728x90
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Bupati Karimun memberikan ucapan selamat kepada pengurus FKUB Karimun usai pelantikan, Rabu (15/2/2023). F- diskominfo kepri

Pengukuhan FKUB Karimun, Ansar Ahmad: Provinsi Kepri Miniatur Indonesia

Komentar
X
Bagikan

Karimun, suaraserumpun.com – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Ansar Ahmad menyatakan, Provinsi Kepri miniatur Indonesia. Kepri memiliki keberagaman agama, suku dan budaya di Nusantara.

Hal itu disampaikan Ansar Ahmad Gubernur Kepri pada saat menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Karimun periode 2022-2027di Aula Kantor Bupati Karimun, Gedung Nilam Sari, Rabu (15/2/2023).

Menurut Ansar Ahmad, Provinsi kepulauan Riau (Kepri) miniaturnya Indonesia, karena memiliki penduduk dengan keberagaman agama, suku dan budaya. Hal ini merujuk pada data komposisi agama penduduk yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Yaitu agama Islam 78,3 persen, Kristen 11,91 persen, Katolik 2,48 persen, Hindu 0,04 persen, Buddha 7,1 persen, Konghucu 0,16 persen, dan Aliran Kepercayaan 0,01 persen.

Selain itu, keberagaman tersebut juga merujuk pada suku penduduk yang ada di Provinsi Kepulauan Riau yaitu Suku Melayu sebanyak 29,97 persen, disusul oleh suku Jawa sebanyak 22,2 persen, Suku Batak sebanyak 12,43 persen, suku Minang sebanyak 19,71 persen, etnis Tionghoa sebanyak 7,70 persen. Dan selebihnya dari gabungan beberapa suku di Nusantara, yang saat ini mendiami Provinsi Kepulauan Riau.

Baca Juga :  HUT Ke-72 Humas Polri, Polres Bintan Menanam Mangrove dan Buah-buahan

“Patut kita syukuri bersama, bahwa hingga saat ini, kita dapat tetap menjaga kerukunan di dalam keberagaman tersebut. Kemajemukan dan keberagaman yang unik ini merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan menjadi modal utama dalam mendongkrak pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau,” ucapnya.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, tentulah tidak mudah untuk menghadirkan capaian pembangunan tersebut. Diperlukan kebersamaan antara umat beragama untuk bersatu padu menyokong pembangunan melalui berbagai langkah strategis yang dilakukan oleh pemerintah.

“Alhamdulillah dengan semangat kebersamaan yang telah dibangun setiap saat, Pemerintah Provinsi semakin menunjukkan capaian pembangunan yang semakin baik. Ditandai dengan pertumbuhan ekonomi Kepulauan Riau yang terus tumbuh 1,66 persen, pada tahun 2021 di angka 3,43 persen dan melejit menjadi 5,09 persen pada tahun 2022. Angka ini merupakan yang tertinggi di Pulau Sumatera serta Tingkat Kemiskinan di Provinsi Kepulauan Riau per-September Tahun 2022 dapat di tekan dari angka 6,24 persen ke angka 6,03 persen,” sebut gubernur.

Baca Juga :  Binda Kepri Memvaksinasi 700 Pelajar dan Warga, Cek di Mana Saja Tempatnya

Gubernur Kepri mengucapkan terima kasih kepada FKUB. Baik FKUB provinsi maupun kabupaten dan kota. Karena berperan besar dalam menjaga kerukunan di Provinsi Kepri. Sehingga Indeks Kerukunan Umat Beragama Provinsi Kepulauan Riau tahun 2021 masuk 10 besar nasional dari 34 provinsi di Indonesia dengan skor 75,5 dan masih di atas Skor Nasional yaitu 72,73.

“Semoga FKUB khususnya FKUB Karimun terus berkiprah dan berperan dalam menjaga kerukunan umat di tengah masyarakat dan kami Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengucapkan Selamat kepada kepngurusan yang baru dilantik pada hari ini. Semoga kedepannya senantiasa bersinergi menciptakan moderasi beragama melalui kerukunan dalam mendongkrak pembangunan diberbagai lini,” tutupnya.

Baca Juga :  Peringatan bagi Pengendara di Tanjungpinang, Operasi Zebra Seligi 2023 Dimulai

Berdasarkan surat Keputusan Bupati Karimun Nomor 949 Tahun 2022, tertanggal 09 November 2022 tentang Pembentukan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Karimun ditetapkan Rasyid Nur sebagai ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Karimun Masa Bakti 2022-2027

Turut hadir Bupati Karimun Aunur Rafiq, Ketua DPRD Karimun Yusuf Sirait, Sekda Karimun Firmansyah, Tim Percepatan Pembangunan Suyono, Widya Iswara Utama Lamidi, Kepala Badan Kesbangpol Heri Mokhrizal, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Heri, Kepala Biro Adpim Dody serta FKPD dan OPD Kabupaten Karimun. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *