banner 728x90
Ketua KPU Bintan Ervina Sari menyampaikan tahapan dan kinerja KPU Bintan pada saat nonton bareng peluncuran Kirab Pemilu 2024, Selasa (14/2/2023). F- yen/suaraserumpun.com

KPU Bintan dan Pimpinan 18 Parpol Nonton Bareng Peluncuran Kirab Pemilu 2024

Komentar
X
Bagikan

Bintan, suaraserumpun.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan dan pimpinan atau perwakilan 18 partai politik (Parpol) peserta Pemilu serentak 2024 nonton bareng peluncuran Kirab Pemilu 2024, setahun menuju hari pemungutan suara. Kegiatan mengikuti peluncuran Kirab Pemilu 2024 ini dilaksanakan di Hotel Bhadra & Conventions, Toapaya, Selasa (14/2/2023) siang.

Dalam kegiatan ini, Ketua dan komisioner KPU Bintan serta perwakilan parpol, nonton bareng peluncuran Kirab Pemilu 2024 setahun menuju hari pemungutan suara, secara live streaming. Kirab pemilu 2024 merupakan rangkaian kegiatan KPU RI untuk menyosialiasikan kepada masyarakat Indonesia terkait pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Selain Ketua dan Komisioner KPU Bintan serta pimpinan 18 parpol, kegiatan peluncuran Kirab Pemilu tahun 2024 setahun menuju hari pemungutan suara ini, dihadiri pimpinan DPRD Kabupaten Bintan, Bawaslu Kabupaten Bintan dan pimpinan Forkopimda Kabupaten Bintan.

Kirab Pemilu 2024 digelar secara estafet dari delapan provinsi, termasuk DKI Jakarta. Bendera 18 parpol ditambah 6 lokal (Aceh) akan dibawa secara estafet (kirab). Tujuh provinsi sebagai titik awal peluncuran Kirab Pemilu 2024 ini antara lain Kantor KIP Provinsi Aceh, Kantor KPU Kota Batam Provinsi Kepri.

Kemudian, Kantor KPU Provinsi Kalimantan Barat, KPU Provinsi Kalimantan Utara, Kantor KPU Kabupaten Pulau Morotai, Kantor KPU Provinsi NTT, dan Kantor KPU Provinsi Papua.

Baca Juga :  Helmi Hata Terpilih sebagai Ketua Pengprov Pertina Kepri

Dari masing-masing titik tersebut, dihadiri komisioner dan Sekjen KPU pusat. Mochammad Afifuddin berada di KIP Aceh, Parsadaan Harahap di KPU Kota Batam Provinsi Kepri, August Mellaz di KPU Provinsi Kalimantan Barat, Idham Kholik di KPU Kalimantan Utara, Bernad Dermawan di KPU Kabupaten Morotai Provinsi Maluku Utara, Betty Epsilon Idroos di KPU Provinsi NTT, dan Yulianto Sudrajat di KPU Provinsi Papua.

Sedangkan Ketua KPU Hasyim Asyari memimpin pembukaan kirab di kantor KPU RI, Jakarta. Hadir Anggota Bawaslu Lolly Suhenty, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Waketum Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah, hingga politikus PKS Aboe Bakar Al-Habsyi.

Hasyim mengatakan acara kirab ini dilakukan sebagai bentuk semangat dalam proses menuju Pemilu 2024. Hasyim menyebut acara juga dilakukan di daerah sebab suara Pemilu dimulai dari daerah.

“Untuk menyegarkan semangat kita dalam rangka satu tahun menuju hari pemungutan suara Pemilu 2024, yang ditandai peluncuran kirab. Pemilu tidak hanya terjadi di tingkat pusat tapi dimulai dari daerah, semua anggota DPR, calon-calon yang akan berkompetisi pemilih konstituen berasal dari daerah,” ujar Hasyim dalam sambutanya.

Peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024 setahun menuju hari pemungutan suara. F- sumber: kpu

Ketua KPU Bintan Ervina Sari menyampaikan, 18 bendera parpol peserta Pemilu 2024 akan dibawa dari Kantor KPU Batam ke Bintan, Sabtu (18/2/2023). Kemudian, bendera parpol itu diarak di wilayah Kabupaten Bintan, sampai dengan Rabu (22/2/2023).

Baca Juga :  Kepri Tuan Rumah, Suharso Monoarfa Membuka Indonesia Development Forum (IDF) 2023 di Batam

“Tanggal 22 Februari 2023 nanti, bendera akan kita bawa ke KPU Tanjungpinang. Selanjutnya, bendera parpol itu akan dibawa ke Bangka Belitung. Nanti, November 2022, bendera 18 parpol sudah sampai di Jakarta,” jelas Ervina.

Ervinas mengatakan, pemungutan suara Pemilu 2024 akan digelar pada hari Rabu 14 Februari 2024 mendatang, atau satu tahun dari sekarang. KPU Bintan terus menyosialisasikan Pemilu 2024 kepada masyarakat. Berbagai tahapan terus dilaksanakan, mulai dari penetapan partai politik peserta Pemilu, hingga proses pemutakhiran data Pemilu.

“Kita juga minta kepada seluruh pemangku kepentingan, agar menyosialisasikan partai, dan tanggal pemungutan suara Pileg dan Pilpres, tanggal 14 Februari 2024 tahun depan,” harap Ervina.

Di lain hal, Ervina menambahkan, saat ini proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih sedang dilakukan oleh petugas khusus (pantarlih) yang direkrut KPU Bintan sebanyak 492 petugas.

“Nanti bapak ibu warga Bintan mohon diterima bila ada petugas kami yang datang melakukan pencoklitan ke rumah-rumah. Petugas kami lengkap memakai seragam dan atribut khusus,” terangnya.

Ketua dan Komisioner KPU Bintan, pimpinan parpol, Bawaslu, FKPD menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada rangkaian peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024, Selasa (14/2/2023). F- yen/suaraserumpun.com

Dalam kegiatan peluncuran Kirab Pemilu 2024 ini, juga dilakukan pembacaan ikrar Pemilu. Ikrar ini dipimpin oleh Hasyim dan diikuti oleh seluruh peserta perwakilan partai.

Baca Juga :  Ngabuburit Ilmu Cuma Ada di Polsek Bintan Timur, Simak Bentuk Kegiatannya

Isi ikrar Pemilu 2024 itu adalah, Kami penyelenggara Pemilu dan seluruh pemangku kepentingan Pemilu, menyatakan dan berkomitmen untuk:

1, Mewujudkan Pemilu tahun 2024 sebagai sarana integritas bangsa
2. Melaksanakan Pemilu tahun 2024 secara langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil
3. Melaksanakan Pemilu 2024 yang berintegritas dan bertanggung jawab terhadap proses dan hasil.
4. Mewujudkan Pemilu tahun 2024 untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sedangkan 18 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 (di luar Aceh) itu antara lain:

1. PKB
2. Gerindra
3. PDI Perjuangan
4. Partai Golkar
5. Partai NasDem
6. Partai Buruh
7. Gelora Indonesia
8. PKS
9. Partai Kebangkitan Nusantara
10. Hanura
11. Partai Garuda
12. PAN
13. PBB
14. Partai Demokrat
15. PSI
16. Perindo
17. PPP

Dan yang terakhir yaitu Partai Ummat, dengan nomor urut 24. (yen)

Editor: Wahyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *